Home Arts Grand Opening Sleman City Hall, dari Video Mapping Hingga Parade Busana

Grand Opening Sleman City Hall, dari Video Mapping Hingga Parade Busana

grand opening peresmian pembukaan sleman city hall sch kota yogyakarta mall pusat perbelanjaan terbaru tenant restoran bioskop hiburan
Jember Fashion Carnaval memeriahkan Grand Opening Sleman City Hall | Foto: Highlight.ID
ISEEFEST 2019

Highlight.ID – Kabupaten Sleman yang berada di wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) menunjukkan pertumbuhan perekonomian yang pesat. Hal itu ditandai dengan munculnya pusat perbelanjaan baru Sleman City Hall yang terletak di sebelah timur Lapangan Denggung. Keberadaan mall baru dengan luas tanah 43.461 meter persegi ini menarik perhatian masyarakat sekitar maupun orang yang lewat karena letaknya yang tidak berada di tengah kota.

Mall yang didirikan oleh PT Garuda Mitra Sejati ini sangat mudah dikenali karena adanya tulisan “Sleman City Hall” yang berada di bagian depan, berhadapan dengan jalan raya Yogyakarta – Magelang. Kehadiran Sleman City Hall tentunya diharapkan dapat semakin menggairahkan perekonomian daerah dan membuka lapangan pekerjaan baru bagi masyarakat Sleman atau Yogyakarta dan sekitarnya.

Sleman City Hall menggelar Grand Opening bertajuk “Sleman Dari Mata Turun ke Hati” pada Jumat (22/6/2019) yang dihadiri oleh para public figure dan dimeriahkan oleh fashion designer Anne Avantie, penyanyi, dan para artis ternama. Beberapa selebriti Tanah Air yang hadir yakni Sandy Sandoro, Lea Smanjuntak, Indra Bekti, Indra Herlambang, Indy Barens, Chika Jessika, Patricia Gouw, Caisar YKS, Endah Laras, Libero, dan Caren Delano.

Acara ini semakin meriah dengan hadirnya Puteri Indonesia 2019 Frederika Alexis Cull beserta 2 runner up yakni Jolene Maria Cholock dan Jesica Fitriana Martasari. Ketiga wanita cantik tersebut dikenal juga dengan sebutan “Trio Lombok”. Mereka mengenakan pakaian rancangan Anne Avantie di atas catwalk bersama dengan para artis lainnya.

Baca juga:

Sejumlah penari dari Pemerintah Kabupaten Sleman membuka rangkaian acara dan dilanjutkan dengan penampilan Jember Fashion Carnaval. Kemudian, KGPH Hadi Winoto selaku Komisaris Sleman City Hall, Sri Poernomo sebagai Bupati Sleman yang diwakili oleh Sri Muslimatun, dan Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X memberikan sambutannya. Peresmian Sleman City Hall ditandai dengan pemukulan gong dan penandatanganan prasasti oleh Gubernur DIY, dilanjutkan dengan pengguntingan untaian melati.

Hadi Winoto dalam sambutannya mengatakan bahwa banyak investor yang tertarik untuk menanamkan investasinya di wilayah Yogyakarta. Selain itu, beroperasinya bandara Yogyakarta International Airport dapat semakin menumbuhkan denyut nadi perekonomian daerah. Oleh karena itu, Hadi Winoto mengajak para pengusaha untuk dapat terus mengembangkan bisnisnya di Yogyakarta dan saling melakukan kolaborasi.

Karya Anne Avantie di Grand Opening Sleman City Hall | Foto: Highlight.ID

“Kita tidak boleh jadi penonton di daerah kita sendiri. Kita harus berperan aktif untuk mengisi wilayah Yogyakarta ini oleh teman-teman pengusaha yang berdomisili di Yogyakarta,” kata dia.

Sementara itu, Sri Muslimatun yang mewakili Sri Poernomo menegaskan pentingnya pengembangan UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah) untuk memajukan perekonomian di wilayah Sleman. Pihaknya mengupayakan agar UMKM mendapatkan tempat khusus di Sleman City Hall secara gratis untuk dapat memasarkan produk-produknya.

grand opening peresmian pembukaan sleman city hall sch kota yogyakarta mall pusat perbelanjaan terbaru tenant restoran bioskop hiburan
Karya Anne Avantie di Grand Opening Sleman City Hall | Foto: Highlight.ID

“Mengingat pelaku UMKM di Kabupaten Sleman cukup banyak, mencapai lebih dari 37 ribu. Besarnya potensi UMKM tersebut tentunya akan memberikan manfaat yang optimal pada pertumbuhan perekonomian di Kabupaten Sleman apabila dikelola, dibina, dan dikembangkan,” ujarnya.

Sri Sultan HB X memaparkan bahwa banyaknya pusat-pusat perbelanjaan yang bermunculan di kota-kota besar di Yogyakarta tak dapat dihindari sebagai akibat liberasi ekonomi. “Perkembangan ini memberikan pilihan berbelanja yang menguntungkan bagi konsumen,” ujarnya. Ia menjelaskan bahwa meski ekonomi mengalami perlambatan namun angka pertumbuhan barang sehari-hari atau consumer goods menunjukkan kenaikan belanja konsumen.

Lebih lanjut Sri Sultan HB X mengatakan bahwa keberadaan retail modern mampu memikat konsumen karena memberikan banyak fasilitas seperti tempat belanja yang nyaman, udara yang sejuk, maupun tempat parkir yang luas. Apalagi jika retail-retail modern menawarkan banyak diskon yang akan menyedot minat masyarakat untuk berbelanja. Namun demikian, ia mengingatkan agar hal tersebut tidak menimbulkan praktik dumping di mana retail menjual barang di bawah harga pokok.

Setelah sambutan-sambutan, warga Sleman dan sekitarnya dihibur dengan pertunjukan video mapping dengan latar belakang Sleman City Hall dan kembang api serta tata lampu yang spektakuler. Sebagai puncak acara, para tamu undangan menyaksikan fashion show yang dipersembahkan oleh Anne Avantie.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here