Home Business Gandeng Puluhan Atlet, Gushcloud International Investasi Lebih Dalam di Esports

Gandeng Puluhan Atlet, Gushcloud International Investasi Lebih Dalam di Esports

Gushcloud menjadi shareholder mayoritas dari perusahaan talent DIVINITY
Gushcloud investasi lebih dalam di esports | Foto: Dok. Gushcloud Indonesia

Highlight.ID – Menyusul investasi strategis dengan esports management agency yang berbasis di Jepang, RELATION X, Gushcloud International membuat langkah yang lebih dalam ke industri esports dengan melakukan akuisisi kontrak DIVINITY. Berdasarkan kesepakatan, Gushcloud akan menjadi shareholder mayoritas dari perusahaan esports talent ini, yang selanjutnya akan berganti nama menjadi ALMGHTY.

ALMGHTY akan terdiri dari 22 atlet yang berfokus pada mobile gaming – yang bermain Call of Duty Mobile, Mobile Legends Bang Bang, PUBG Mobile, dan Free Fire– serta lebih dari 20 content creator, seperti YouTuber Zxuan, Facebook streamer Cheriwaza, dan shoutcaster Reirachu.

Laporan data terbaru oleh Mordor Intelligence menyatakan bahwa pasar gaming Asia Tenggara diperkirakan akan mencatat CAGR sebesar 8,5% selama periode 2021 hingga 2026. Meningkatnya popularitas pemain di berbagai olahraga dan pertumbuhan investasi adalah faktor utama yang akan menawarkan peluang pertumbuhan yang besar kepada pasar.

Baca Juga:
MSI Keluarkan Laptop Terbaru Buat Content Creator dan Gamer

Berkaitan dengan statistik mobile gaming, laporan tersebut menyatakan bahwa pada tahun 2021, total pengguna mobile gaming akan meningkat menjadi 250 juta. Selain itu, pada tahun 2019, Asia Tenggara menghasilkan pendapatan game sebesar $4,4 miliar, dengan pertumbuhan dari tahun ke tahun yang mengesankan sebesar +16%. Mobile juga menyumbang $3,1 miliar dari pendapatan tahun 2019 — atau lebih dari 70% dari pangsa pasar. Jumlah ini diperkirakan akan terus bertambah.

“Mobile gaming mendorong pertumbuhan esports di Asia Tenggara dan sekarang adalah waktunya untuk melihat bagaimana kami dapat membentuk masa depan untuk generasi gamer saat ini dan yang akan datang. Meskipun kami adalah salah satu dari sedikit tim mobile gaming teratas di kawasan ini, visi kami di ALMGHTY melampaui game yang kompetitif,” kata Billy Soo, salah satu co-Founder ALMGHTY.

“Dengan penggabungan ini, kami berharap dapat melakukan hal-hal yang telah dilakukan di Barat dengan 100 Thieves, FaZe Clan, dan lainnya – terutama dalam pembuatan konten dan untuk menciptakan brand yang akan disukai penggemar. Kami sangat senang dengan akuisisi ini karena sekarang kami dapat memanfaatkan infrastruktur global dan jaringan distribusi Gushcloud, agar bakat kami tumbuh menjadi superstar baru dalam mobile gaming,” tambahnya.

Gushcloud akan bekerja sama dengan Billy, “Sky Wee” Wee Yao Liang, dan Jeffrey “JEFF TV” Tan untuk membangun ALMGHTY menjadi regional lifestyle brand dan gaming organization. Gushcloud mengantisipasi potensi pendapatan yang besar tidak hanya dari esports, tetapi juga dari sisi komersial serta sosial dalam game dan konten.

Baca Juga:
HP Rilis Laptop Gaming Seri Omen Terbaru, Inilah Spesifikasinya

Perusahaan akan menambahkan semua atlet dan talent ke dalam daftar exclusive representation, dan akan meningkatkan area HQ yang didedikasikan untuk pelatihan esports dan pembuatan konten game. Hal ini sejalan dengan rencana peluncuran channel YouTube yang berpusat pada game di paruh kedua tahun ini, dan untuk memasuki pasar utama seperti Indones ia dan Filipina.

Dengan akuisisi baru ini, gamer, talent, dan YouTuber esports di Indonesia – contohnya gamer Afif Yulistian yang memiliki lebih dari 3,6 juta YouTube subscribers, hingga selebriti Salshabilla Adriani yang gemar bermain mobile gaming dan memiliki lebih dari 2,3 juta YouTube subscribers – tak hanya berpeluang untuk mendapatkan eksposur yang lebih luas, tetapi juga dapat memperkuat posisi di industri esports berskala internasional.

“Masuknya Gushcloud ke dunia esports dan gaming adalah suatu hal yang telah kami rencanakan sejak lama. Sekarang menjadi waktu yang tepat karena kami akhirnya menemukan partner yang tepat bersama Billy, Sky Wee, dan JEFF di ALMGHTY. Di masa depan, Gushcloud akan fokus membangun roster talent gaming yang tidak hanya fokus di competitive gaming, tapi juga di bidang streaming dan shoutcasting,” kata Oddie Randa, Country Director Gushcloud Indonesia.

“Mobile gaming akan semakin mudah diakses dan dalam waktu dekat seorang anak mungkin akan lebih mengagumi mobile gamer daripada pemain sepak bola. Di Gushcloud, kami percaya bahwa dengan munculnya esports dan game dalam industri influencer dan pembuatan konten, penting bagi kami untuk menginvestasikan waktu dan sumber daya kami untuk membangun karier yang berkelanjutan dalam kategori esports,” kata Joanne Liew, VP of Operations and Head of Studios Gushcloud.

“ALMGHTY terdiri dari atlet muda yang sangat berbakat dan pembuat konten yang memiliki hampir 7 juta penggemar di Asia Tenggara. Kami senang memiliki Billy, Yao Liang, dan Jeffrey dalam tim dan kami bekerja sama menuju masa depan yang positif bagi para gamer,” imbuh dia.

Tim ALMGHTY Call of Duty Mobile akan debut pada 25 Maret di Garena Invitational 2021, sedangkan tim Mobile Legends Bang Bang akan debut seminggu kemudian di MPL SG Season 1.