Home Lifestyle Culture Inilah 7 Hal yang Bikin Penggila Bola Sangat Penasaran

Inilah 7 Hal yang Bikin Penggila Bola Sangat Penasaran

Hal-hal yang membuat penggemar sepak bola sangat penasaran
Ilustrasi | Foto: Unsplash.com/Emilio Garcia

Highlight.ID – Jenis olah raga yang satu ini memiliki jumlah penggemar yang sangat banyak tak hanya di Indonesia namun juga di seluruh dunia. Sepak bola bukan hanya sebatas pertandingan di atas lapangan hijau, namun telah menumbuhkan fanatisme yang hinggap di dada para penggila bola. Mereka yang menyukai sepak bola pastinya memiliki tim kesayangannya masing-masing baik klub sepak bola maupun tim nasional.

Pertandingan sepak bola baik yang level nasional maupun internasional merupakan daya tarik yang mampu menyedot perhatian dan antusiasme penonton. Fanatisme penggemar bola dalam mendukung tim favoritnya tak diragukan lagi. Selain menonton siaran sepak bola di layar televisi, mereka juga mendukung tim kesayangannya dengan menyaksikan secara langsung di stadion.




Kesetiaan penggemar bola ditunjukkan dengan membentuk fans klub yang tersebar di berbagai penjuru dunia. Mereka mengoleksi kaos bola atau jersey dan pernak pernik bola yang dipakai baik saat menonton bola maupun dalam kegiatan sehari-hari. Informasi atau berita yang berkaitan dengan sepak bola menjadi hal yang menarik dan menjadi topik khusus yang disediakan oleh media massa.

Hal-hal yang Membuat Penasaran Para Penggila Bola

1. Jadwal pertandingan sepak bola

Satu hal yang paling dicari oleh penggemar bola adalah jadwal pertandingan sepak bola yang ditayangkan di stasiun televisi. Pertandingan sepak bola yang paling populer yaitu liga-liga Eropa seperti Liga Champion, Liga Italia, Liga Inggris, Liga Spanyol, Liga Jerman maupun Liga Indonesia.

Baca juga:

Selain pertandingan liga, ada event-event sepak bola tahunan yang menyedot perhatian banyak orang seperti Piala Dunia, Piala Eropa atau Piala Amerika Selatan. Apalagi jika jadwal pertandingan tersebut disiarkan secara langsung yang tentunya menambah keseruan saat menyaksikan di layar kaca.

Info-info jadwal pertandingan terbaru biasanya disebarluaskan melalui media massa seperti koran, internet, tabloid maupun televisi. Para penggemar bola pastinya tahu bahwa jadwal pertandingan liga Eropa sering ditayangkan pada malam hari hingga dini hari. Meski pertandingan sepak bola ditayangkan dini hari, para penikmat bola rela begadang hingga larut malam dan mengorbankan waktu istirahat hanya untuk menyaksikan tim kesayangannya bermain.

2. Daftar pemain sepak bola

Sebelum pertandingan, media massa umumnya memberikan ulasan atau prediksi pertandingan di atas kertas lengkap dengan deretan pemain yang diperkirakan akan turun ke lapangan. Apalagi jika pertandingan itu mempertemukan dua tim favorit atau big match yang sedang memperebutkan posisi terbaik di klasemen. Hal itu dilakukan untuk memberikan informasi yang menarik bagi pembaca.

Dengan melihat daftar pemain yang akan turun ke lapangan, penonton bola bisa memprediksi jalannya pertandingan. Jika tim kesayangannya turun dengan pemain yang lengkap atau full team tentu menambah greget pertandingan tersebut.

3. Formasi tim sepak bola

Formasi pemain dalam pertandingan sepak bola hanya bisa dimengerti oleh mereka yang benar-benar gila bola. Ada beberapa formasi baik menyerang maupun bertahan yang sering dipakai sebagai strategi tim untuk mengalahkan lawan dan memenangi pertandingan. Misalnya, formasi 4-4-2; 5-3-2; 4-3-3; 3-5-2; 3-4-3; dan lainnya.

Pemilihan formasi masing-masing tim tentu berbeda-beda dan menyesuaikan dengan lawan yang mereka hadapi. Misalnya ketika tim underdog berhadapan dengan tim yang lebih kuat, mereka lebih cenderung bertahan dengan mengandalkan serangan balik untuk mendapatkan hasil seri dan mencuri poin.

4. Pencetak gol pada pertandingan sepak bola

Satu hal yang paling dinanti saat pertandingan sepak bola berlangsung adalah gol yang bersarang di salah satu tim. Apa jadinya jika pertandingan sepak bola berakhir seri tanpa gol? Pastinya pertandingan itu kurang seru apalagi jika kedua tim tidak menciptakan banyak peluang di depan gawang lawan.

Hal-hal yang membuat penggemar sepak bola sangat penasaran
Ilustrasi | Foto: soccer.com

Nah, dalam sebuah tim sepak bola, yang paling diharapkan mampu mencetak gol ke gawang lawan adalah penyerang depan atau stiker. Meski demikian, tak ada yang bisa memprediksi siapa yang bisa mencetak gol. Setiap pemain bola, terlepas di posisi mana ia bermain, mempunyai peluang yang besar untuk bisa mencetak gol bahkan kiper sekalipun.

5. Skor pertandingan sepak bola

Pada akhirnya, wasit akan meniup peluit panjang yang menjadi pertanda bahwa pertandingan sepak bola telah usai dalam dua babak. Waktu normal pertandingan sepak bola adalah selama 90 menit atau 2×45 menit. Meski demikian, biasanya ada tambahan waktu di luar waktu normal yang disebut dengan injury time.

Waktu tambahan tersebut diberikan oleh wasit kepada kedua tim yang bertanding karena dalam pertandingan ada waktu yang tersita terutama jika ada pemain yang cedera. Injury time menjadi momen dramatis yang mendebarkan bagi penonton bola karena sangat menentukan hasil akhir pertandingan dan seringkali ada kejadian yang di luar dugaan.

Dalam event turnamen atau pertandingan yang menerapkan sistem gugur misalnya pada semifinal atau final Piala Dunia, ada tambahan waktu selama 2×15 menit jika kedua tim bermain sama kuat pada waktu normal. Tentunya, tambahan waktu itu menjadi lebih seru dan menegangkan karena sangat menentukan kelanjutan tim dalam sebuah turnamen. Jika pertandingan benar-benar selesai, selain skor pertandingan, penonton bola juga bisa melihat statistik pertandingan misalnya berapa jumlah tembakan bola ke gawang, penguasaan bola (ball possesion), dan lainnya.

Baca juga:

6. Klasemen sepak bola

Tim-tim sepak bola yang bertanding dalam sebuah liga harus melewati banyak pertandingan baik di kandang sendiri (home) atau di stadion lawan (away) selama satu musim kompetisi. Setiap minggu, tim-tim sepak bola bertanding menghadapi lawan untuk memperebutkan poin.

Tim sepak bola yang mampu menjaga penampilannya dalam bertanding selama satu musim memiliki peluang yang besar untuk meraih juara liga. Sedangkan tim yang menduduki peringkat bawah klasemen terancam degradasi ke level di bawahnya. Penonton bola pastinya sangat mengharapkan tim favoritnya menempati peringkat yang bagus dalam klasemen.

7. Top scorers sepak bola

Dalam kompetisi liga maupun turnamen, pastinya ada pemain bintang yang seringkali melesakkan gol ke gawang lawan. Pemain yang sering mencetak gol berpotensi besar menjadi top scorer yang bisa meningkatkan reputasinya di mata pecinta bola.

Menonton bola memang hal yang sangat mengasyikkan terutama bagi mereka yang menggemari olahraga di lapangan hijau ini. Fanatisme sepak bola menciptakan atmosfer yang mampu menggairahkan semangat olahraga di lapangan. Satu hal yang pasti, sportivitas dalam sepak bola perlu dijunjung tinggi agar permainan bola dapat dinikmati.