Home Gadgets 7 Hal Paling Menjengkelkan yang Sering Kamu Temui Saat Internetan

7 Hal Paling Menjengkelkan yang Sering Kamu Temui Saat Internetan

kegiatan aktivitas paling peristiwa kejadian menjengkelkan mengesalkan mengecewakan internetan saat ketika browsing surfing masalah problem kendala
unsplash.com

Highlight.ID – Wabah internet semakin menyebar tak terkendali. Setiap orang merasa harus terhubung ke internet dan jika tidak online maka rasanya seperti kembali ke zaman batu. Di sisi lain, provider internet dengan jeli melihat peluang bisnis yang sangat menguntungkan. Mereka pun mulai berlomba-lomba menawarkan beragam paket data yang menarik. Mau beli paket harian, mingguan atau bulanan semuanya ada!

Sejurus kemudian, internetan menjadi aktivitas yang sering ditemui mulai di kamar rumah, warung kopi, mall-mall, kafe hingga emperan toko. Namun, keasyikan bermain internet seringkali terganggu karena kamu mengalami kejadian atau permasalahan yang tidak dikehendaki. Tentu saja, masalah ini bisa membuat kesal kamu yang sedang asyik-asyiknya online.




Hal-hal yang Membuat Kamu Kesal Ketika Main Internet

1. Koneksi lemot

Tak bisa dipungkiri, koneksi internet yang lemot pasti membuat siapapun merasa jengkelnya minta ampun. Jika sedang berada di daerah pedesaan atau pegunungan, maka kamu masih bisa memakluminya. Karena biasanya, di tempat-tempat tersebut emang susah mendapatkan sinyal internet. Alih-alih memperoleh sinyal 4G, kamu gak dapat sinyal sama sekali.

Yang paling menyebalkan, koneksi internet yang lemot juga sering terjadi di daerah perkotaan. Khususnya ketika kamu berada di dalam gedung-gedung bertingkat dan lebih parah lagi, saat ada di lantai basement. Alhasil, kamu sedang di tengah kota namun serasa berada di pedalaman. Meski pihak provider internet gencar mempromosikan dirinya memiliki kecepatan internet yang tinggi namun kejadian lemotnya koneksi internet masih saja sering terjadi.

Baca juga:

2. Kuota habis

Pernahkah kamu merasa baru saja membeli kuota tapi langsung habis? Hmm, peristiwa ini sering dialami karena kamu terlalu keasyikan bermain internet. Saking asyiknya, kamu gak sadar sudah menonton video YouTube, men-download film, lagu mp3, aplikasi mobile, software bajakan, maen game online atau mengunggah file ke internet. Padahal, melakukan aktivitas seperti nonton video, download atau upload lewat internet memakan kuota yang lumayan banyak.

Apalagi, kamu hanya membeli paket kuota internet di bawah 2 GB yang sepertinya cepat habis dalam sekejap mata. Membeli paket data dengan kuota kecil yang murah memang lebih terasa cepat habis. Lain halnya, jika kamu beli paket data yang lebih tinggi kuotanya. Namun itu semua, kembali lagi pada kebutuhan dan penggunaan masing-masing pribadi.

3. Baterai ngedrop

Tentu kamu pernah mengalami kejadian ketika sedang asyik-asyiknya maen internet lalu indikator baterai mulai menunjukkan warna merah. Itu tandanya, baterai hape sedang sekarat dan perlu di-charge secepatnya agar tidak mati. Nah, ini merupakan problem yang sering dihadapi oleh pengguna hape yang sering internetan.


Baterai habis bisa disebabkan oleh berbagai faktor seperti penggunaan yang berlebihan terutama untuk bermain game online. Selain itu, faktor usia dan spesifikasi smartphone juga ikut mempengaruhi. Untuk mengatasi problem baterai hape yang boros, seringkali orang menyiasatinya dengan menggunakan power bank. Power bank ini merupakan gadget penting yang bagi sebagian orang selalu dibawa dan bisa menjadi juru selamat apalagi ketika sedang mobile dan susah mencari colokan untuk men-charge hape.

4. Nemu hoax

Saat ini, internet sudah terlalu penuh dengan informasi yang salah dan menyesatkan atau istilah populernya “hoax”. Hoax ini banyak dimanfaatkan oknum-oknum tertentu yang ingin mencari keuntungan dengan menyebarkan berita yang dipertanyakan kebenarannya. Seringkali, kamu susah membedakan mana hoax dan mana yang bukan karena terlalu banyaknya informasi yang beredar di internet.

kegiatan aktivitas paling peristiwa kejadian menjengkelkan mengesalkan mengecewakan internetan saat ketika browsing surfing masalah problem kendala
unsplash.com

Tak jarang pula, akibat kasus hoax, seseorang harus berhadapan dengan hukum dan dikejar-kejar polisi. Contohnya seperti yang terjadi pada aktivis senior yang mukanya lebam-lebam. Ia mengaku dipukuli oleh kawanan tidak dikenal padahal mukanya ‘bonyok’ karena habis operasi plastik. Selain itu, masih banyak hoax lainnya yang tak hanya merugikan tapi juga meresahkan masyarakat. So, kamu kudu perlu pinter-pinter memilih dan memilah informasi yang akurat, ya.

5. Clickbait!

Suatu saat, kamu sedang berselancar di dunia maya dan menemukan judul artikel atau video yang kelihatannya menarik. Tanpa pikir panjang, kamu segera mengklik link pada judul artikel/video tersebut. Tapi apa yang terjadi selanjutnya? Hadeeh, dalam hati, kamu merasakan kekecewaan yang sangat dalam karena ternyata antara judul dengan konten artikel/video tidak sesuai.


Kasus ini sering terjadi akibat sang pembuat konten sengaja memainkan emosi pembaca dan membuat judul yang menarik untuk diklik. Teknik ini disebut dengan “clickbait” yang banyak dipakai pembuat konten dengan tujuan agar artikelnya banyak dibaca. Contohnya adalah judul artikel pada media online ini: “Luna Maya Masuk Kamar Suzanna, Sejumlah Kru Alami Kejadian Mistis Lihat Penampakan Suzanna”.

6. Hape Error

Jenis dan tingkat kerusakan hape antara satu dengan yang lainnya bisa berbeda-beda yang dipengaruhi oleh berbagai macam faktor. Masalah pada hape baik Android maupun iPhone yang sering terjadi yaitu ngehang atau ngelag. Penyebab utama lag pada hape yaitu karena terlalu banyak aplikasi yang ter-install. Bisa juga karena terlalu banyak aplikasi yang berjalan, terserang virus atau kapasitas memori yang sudah penuh.

Untuk mengatasinya, kamu perlu me-restart hape lalu kemudian menghapus aplikasi yang jarang digunakan atau tidak perlu. Selain itu, hapuslah beberapa file seperti gambar-gambar atau video yang tidak berguna. Cara lain, jika kamu merasa perlu menyimpan gambar/video dalam hape, maka backup lah ke laptop atau hardisk eksternal. Masalah lain yang sering terjadi yaitu suhu smartphone yang terlalu panas karena ada permasalahan pada baterai.

7. Mati listrik

Mungkin kamu somewhat surprised dengan poin yang ke-7 ini. Kejadian mati listrik atau orang biasa menyebutnya “mati lampu” memang terbilang jarang terjadi di kota-kota besar. Namun sekalinya terjadi, mati listrik yang datang secara tiba-tiba bakalan mengganggu aktivitas internet kamu. Mungkin saat mati listrik, kamu masih punya cadangan daya baterai. Tapi, yang namanya mati listrik tak dapat diprediksi. Bisa jadi hanya beberapa menit bahkan hingga beberapa jam.

Ketika listrik tak kunjung menyala, kamu mulai merasa khawatir apalagi baterai sudah mulai menipis. Meskipun kamu punya power bank dan sumber penerangan yang minim seperti lilin, tapi tetep aja internetan menjadi tidak nyaman. Apalagi, melihat layar hape dalam pencahayaan yang minim dapat merusak penglihatan. Belum lagi rasa bete yang menyerang karena mati listrik membuat suasana seperti zaman purbakala.

Kegiatan main internet seringkali tidak semulus yang diharapkan karena selalu saja ada masalah. Meski demikian, stay calm and keep internetan.



Artikel Menarik:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here