Home Business Faktor-faktor yang Mempengaruhi Penilaian Saat Interview Kerja

Faktor-faktor yang Mempengaruhi Penilaian Saat Interview Kerja

ISEEFEST 2019

Highlight.ID – Menurut Direktur Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi tahun 2018, jumlah lulusan perguruan tinggi mencapai 1 juta tiap tahunnya. Ini berarti akan ada lebih dari 1 juta lamaran pekerjaan baru yang tersebar.

Sebagai pencari kerja, perasaan senang tentu akan kita dapatkan saat lamaran pekerjaan lolos ke tahap wawancara. Akan tetapi, banyak sekali proses perekrutan yang terhenti setelah wawancara dilakukan karena kandidat dinilai kurang memuaskan di mata para perekrut, umumnya para ​user perusahaan.



Sebenarnya, penilaian apa sajakah yang digunakan oleh para pewawancara dalam proses interview dengan kandidat? Kalibrr melakukan riset ke lebih dari 400 ​user atau pemimpin perusahaan dari industri perbankan dan teknologi di Indonesia untuk mengetahui aspek apa yang dianggap penting oleh mereka.

Berbagai macam faktor terbukti berpengaruh terhadap penilaian dalam sebuah proses interview di industri perbankan dan teknologi. Mulai dari pengetahuan yang dalam tentang industri, datang tepat waktu, hingga ​outfit ​yang digunakan kandidat saat data ​interview. Kalibrr membahas faktor-faktor ini satu persatu dengan melihat dari sisi dua industri yang berbeda.

Baca juga:

Jangan Terbata-bata Saat Menjawab dan Datang Tepat Waktu

Berikut adalah evaluasi para ​user yang dapat membuat penilaian kepada kandidat berkurang. Jika kamu melamar di perusahaan teknologi, pastikan kamu datang tepat waktu. 57% dari user yang berpartisipasi dalam survei​, ​setuju jika datang terlambat memberikan kesan negatif yang paling utama.

Berikutnya, ​perlihatkanlah cara menjawab yang lugas dan pastikan kamu memiliki cukup pengetahuan tentang topik atau tren yang sedang hangat saat ini. 63% dari responden setuju bahwa menjawab pertanyaan yang terbata-bata akan mengurangi penilaian saat evaluasi kandidat. Pada industri perbankan, 64% dari ​user ​berpendapat bahwa menjawab pertanyaan secara terbata-bata memberikan kesan negatif.

Selain itu, postur tubuh saat interview juga berpengaruh pada evaluasi penilaian menurut 56% ​user ​yang disurvei. Postur tubuh dapat menjadi bahan penilaian karena dalam industri perbankan, kandidat terpilih akan lebih banyak berinteraksi dengan nasabah, sehingga penting untuk menjaga ​body language yang percaya diri.

Hal ketiga yang dianggap penting untuk dihindari kandidat yang ingin diwawancarai adalah datang terlambat.

Cara Mendapatkan Penilaian Positif Dari Para ​User

Lalu apa saja yang harus dilakukan untuk memberikan kesan baik kepada para ​user ​saat interview? Menarik, pemimpin perusahaan dari industri perbankan dan teknologi, memiliki pandangan yang sama terhadap dua poin utama yang dapat membantu memberikan penilaian positif saat interview.

Pertama, kandidat diharapkan dapat menjawab pertanyaan yang diberikan secara terstruktur. Kedua, kandidat diharapkan dapat menunjukkan bila ia memiliki pengetahuan mengenai topik atau tren secara luas tentang industri yang dilamar.

Yang menarik, poin tertinggi ketiga untuk memberikan nilai positif saat wawancara dalam industri perbankan adalah pakaian yang rapi. Namun di industri teknologi, pakaian tidak berpengaruh signifikan terhadap penilaian evaluasi kandidat oleh pemimpin perusahaan. Tentu ini bukan berarti kamu memilih untuk tidak berpakaian rapi saat interview di perusahaan industri teknologi, ya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here