Home Business Ideafest X TheNextDev 2018 Wadahi Anak Muda untuk Berkarya Demi Negeri

Ideafest X TheNextDev 2018 Wadahi Anak Muda untuk Berkarya Demi Negeri

liputan event media partnership ideafest 2018 the nextdev telkomsel kolaborasi ajang anak muda prestasi berkarya kreativitas press conference release narasumber speakers beli tiket berapa di mana tempat venue
Konferensi Pers Ideafest 2018 x The NextDev di kawasan SCBD, Jakarta (9/10/2018) | Foto: Istimewa

Highlight.ID – Industri kreatif di Indonesia mengalami perkembangan yang menggembirakan dari tahun ke tahun seperti yang dirasakan dan disaksikan sendiri oleh Ben Soebiakto, Co-Chairman Ideafest. Ben melihat banyak tokoh-tokoh kreatif baru yang bermunculan pada saat penyelenggaraan Ideafest. Pertama kali diselenggarakan sejak tahun 2011, Ideafest selalu menghadirkan tokoh-tokoh kreatif yang mampu menginspirasi anak muda.

Tahun ini, Ideafest yang ke-6 dilangsungkan pada tanggal 26 – 27 Oktober 2018 di Jakarta Convention Center (JCC), Senayan, Jakarta. Menariknya, Ideafest 2018 berkolaborasi dengan The NextDev dari Telkomsel yang mengangkat tema “C”.




Ben menuturkan, “Dengan satu huruf tapi interpretasinya sangat luas”. Menurut Ben Soebiakto, huruf kapital “C” itu sendiri memiliki banyak hal yang dibutuhkan oleh pelaku industri kreatif, yakni “Creative“, “Connect, “ Creation“, “Confident”, “Collaborate“, “Challenge“, “Content“, “Change“, “Commmunity“, “Crowd“, dan lainnya. Ben juga menekankan pentingnya kolaborasi dan pengetahuan tentang market bagi komunitas kreatif.

Hadirkan Orang-orang Kreatif

Ben mengatakan bahwa Ideafest merupakan bagian dari masyarakat kreatif Indonesia yang bisa berkembang dengan menghadirkan orang-orang kreatif untuk men-sharing ide-idenya. “Dengan adanya Ideafest, kami ingin membawa talenttalent baru atau succes stories, bukan cuman succes stories tapi juga challenges, beberapa failure stories pun bisa kita pelajari bersama,” Ben menambahkan.

Baca juga:

“Karena Indonesia itu negara yang luas, negara yang besar dan banyak sekali aset kreatifnya. Tinggal bagaimana kita menjual, bagaimana kita meng-optimize apa yang kita miliki.” ujar Ben.

Beberapa speakers yang siap membagikan ilmu-ilmu kreatifnya di antaranya yaitu Jaeson Ma (Founder of East West Artists dan Co-Founder of 88Rising), Luc Maynard (Creative Executive of Walt Disney), Christian Sugiono (Founder of MBDC Media), Najwa Shihab (Presenter), Anggie Raslie (Founder of Brow Studio), Ayla Dimitri (Content Creator), Carline Darjanto (Founder Cottonink), dan masih banyak lagi.

Ben menjelaskan bahwa di Ideafest 2018 ada Jaeson Ma dengan talent agency-nya 88 Rising yang berada balik kesuksesan musisi lokal yang mendunia seperti Rich Brian. Selain itu, ada Axton Salim yang akan membagikan strategi kreatifnya dalam membangun brand-brand milik Indofood.

Selanjutnya, kehadiran Najwa Shihab dalam Ideafest 2018 tak hanya berperan sebagai TV Host tapi bagaimana ia bisa memadukan kegiatan online dan offline dengan mengembangkan channel Narasi TV di YouTube. Selain itu, Ideafest 2018 juga mengharapkan kehadiran Rudiantara (Menteri Komunikasi dan Informatika) dan Presiden RI Jokowi untuk memberikan pandangannya tentang generasi milenials yang akan memimpin negeri ini di masa datang.

Kolaborasi dengan The NextDev

liputan event media partnership ideafest 2018 the nextdev telkomsel kolaborasi ajang anak muda prestasi berkarya kreativitas press conference release narasumber speakers beli tiket berapa di mana tempat venue
Konferensi Pers Ideafest 2018 x The NextDev di kawasan SCBD, Jakarta (9/10/2018) | Foto: Istimewa

Telkomsel sebagai penyelenggara The NextDev melihat Ideafest mampu bertahan dan berkembang selama bertahun-tahun. Selain itu, setiap penyelenggaraan Ideafest selalu sukses dan mampu menarik generasi muda untuk datang. Hal itu membuat Telkomsel lewat The NextDev tertarik untuk melakukan kolaborasi dengan Ideafest kali ini. Hal itu diungkapkan oleh Steve Saerang, Lead Project Manager The NextDev.

Steve mengatakan bahwa Ideafest tidak hanya festival kreativitas yang diikuti oleh generasi milenial tapi juga menjadi barometer untuk mencari informasi dan pengetahuan yang credible. The NextDev merupakan platform yang dilaksanakan oleh Telkomsel untuk mencari startup-startup baru dari seluruh Indonesia hingga ke kota-kota kecil, tak hanya terbatas di Jakarta saja. Misi utamanya yaitu memberikan dampak sosial lewat teknologi dengan prinsip youth empowerment.

Lewat ajang The NextDev, para pelaku industri startup diharuskan mampu menemukan solusi dan memecahkan permasalahan yang ada di sekelilingnya lewat pengembangan teknologi yang inovatif. Kemudian, The NextDev memperkenalkan karya-karya teknologi mereka kepada masyarakat luas. “Kita tidak hanya berkolaborasi sebagai mitra dengan Ideafest, tapi kita juga memberikan satu platform untuk diperlihatkan ke masyarakat,” Steve menambahkan.

SATU Indonesia Awards 2018


Kali ini, Ideafest juga berkolaborasi dengan PT Astra International Tbk yang menghadirkan Semangat Astra Terpadu untuk (SATU) Indonesia Awards 2018. Boy Kelana Soebroto, Head of Corporate Communication PT Astra International Tbk, mengatakan, “Astra berkolaborasi dengan Ideafest dalam rangka untuk menyuarakan suara generasi muda Indonesia. Astra percaya generasi muda Indonesia ini adalah pemimpin masa depan bangsa. Oleh karena itu, Astra berkolaborasi dengan Ideafest di dalam program SATU Indonesia Awards”.

Menurut Boy, SATU Indonesia Awards yang dilaksanakan untuk yang ke-9 kalinya tahun ini merupakan ajang untuk mencari anak-anak muda yang memiliki kontribusi positif kepada lingkungannya dalam 5 bidang yaitu Kesehatan, Lingkungan, Pendidikan, Kewirausahaan, dan Teknologi. Boy mengatakan, “Anak-anak muda Indonesia ini harus kita tampilkan ke panggung dunia. Ternyata ada anak-anak muda Indonesia yang punya semangat luar biasa (untuk) membantu masyarakat sekelilingnya”.

Boy menjelaskan bahwa peminat SATU Indonesia Awards dari tahun ke tahun semakin meningkat dan terbilang luar biasa. Tahun ini, tercatat sebanyak 5.961 pendaftar SATU Indonesia Awards yang menunjukkan kepeduliannya terhadap lingkungan sekitar. Dalam sesi IdeaTalks akan dihadirkan para penerima penghargaan SATU Indonesia Awards dari kelima kategori yang diharapkan menjadi inspirasi bagi anak-anak muda Tanah Air.

Tiket dan Program Acara

Kamu yang pengin datang ke Ideafest 2018 dan bertemu dengan tokoh-tokoh kreatif bisa membeli tiket seharga Rp. 1.100.000 untuk IdeaTalks atau Conference dan Rp. 1.600.000 untuk tiket selama 2 hari (2 Day Pass). Tiket ini bisa dibeli di Blibli.com yang merupakan Official E-commerce Partner Ideafest 2018. Selain menjual tiket Ideafest 2018, Blibli.com juga membawa produk-produk lokal yang telah dikurasi lewat ajang The Big Start Indonesia.

Lani Rahayu, Senior Marketing Communication & Public Relations Manager Blibli.com, mengatakan, “Blibli.com udah tahun ke-3, The Big Start Indonesia keliling daerah untuk mencari produk-produk lokal asli Indonesia untuk bisa masuk ke digital”. Lewat ajang The Big Start Indonesia, Blibli.com ingin mengajak pelaku industri kreatif lokal untuk memiliki daya saing dan terus berinovasi agar tidak kalah dengan produk-produk luar negeri yang telah beredar di pasar.

“Kita ingin menginspirasi teman-teman yang jadi partner Blibli.com untuk lebih kreatif, lebih mendengarkan suara dan keinginan Generasi C tadi, ya. Jadi kalo misalnya orang jualan tidak bisa berinovasi, tidak bisa berkolaborasi, gimana bisa buka toko 24 jam 7 hari,” tambah Lani.

Kamu juga bisa merasakan pengalaman baru selama berada di area IdeaExperience seperti O2O Bazaar, Lyfe!Fest, Experience Zone, Awarding Night, dan Art Space, dan acara menarik lainnya. Informasi lebih lengkap, kunjungi website resmi Ideafest 2018 www.ideafest.id dan mengikuti media sosial @ideafestid di Instagram maupun Twitter.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here