Home Business Indonesia Founders Conference (IFC) 2022 Edukasi Para Pebisnis UMKM

Indonesia Founders Conference (IFC) 2022 Edukasi Para Pebisnis UMKM

Indonesia Founders Conference (IFC) 2022 Edukasi Pebisnis UMKM GRATYO Pratical Business Coaching
Indonesia Founders Conference (IFC) 2022 | Foto: Dok. IFC

Highlight.ID – Presiden Joko Widodo dalam pidato penutupan B20 Indonesia Summit 2022 menyampaikan capaian kinerja ekonomi Indonesia yang positif di tengah melemahnya ekonomi global. Jokowi juga mengutip perkataan dari Direktur Pelaksana  International Monetary Fund (IMF), Kristalina Georgieva bahwa Indonesia menjadi titik  terang atas kersuraman ekonomi dunia. Hal ini terlihat dari, ekonomi Indonesia tumbuh  5,44% di kuartal II-2022 dan meningkat menjadi 5,72% di kuartal III-2022. Sedangkan,  prediksi Asian Development Bank (ADB) pertumbuhan ekonomi negara-negara di Asia  hanya 4,3% di tahun 2022.

Salah satu sektor yang berperan penting dalam pertumbuhan ekonomi adalah UMKM. Menurut data dari Kementerian Koperasi dan UKM pada tahun 2021 mengatakan bahwa 61% dari peningkatan ekonomi dan Produk Domestik Bruto (PDB) disumbang oleh bisnis UMKM. Karakteristik UMKM dapat dikatakan unik, karena jumlahnya mendominasi di dalam struktur perekonomian Indonesia dan terus bertambah setiap tahun sehingga dapat menyerap tenaga kerja. Namun, terdapat hambatan bagi pemilik bisnis UMKM di antaranya; manajemen waktu, tenaga, tidak memiliki sistem bisnis, belum beralih ke  digital dan minimnya kontribusi karyawan karena masih mengandalkan pemilik bisnis.

Sebagai salah satu bentuk kontribusi terhadap pertumbuhan pemilik bisnis UMKM di Indonesia, GRATYO Practical Business Coaching yang merupakan business coaching company kelas dunia bekerja sama dengan MD Co, telah menyelenggarakan kompetisi Indonesia Mencari Founders (IMF) pada September lalu. Kompetisi ini bertujuan untuk mencari pemilik bisnis UMKM dan calon entrepreneur agar dapat di-coaching gratis selama 1 tahun senilai lebih dari 1 miliar rupiah sehingga bisnisnya bisa naik kelas.

Indonesia Founders Conference (IFC) 2022 Edukasi Pebisnis UMKM GRATYO Pratical Business Coaching
Indonesia Founders Conference (IFC) 2022 | Foto: Dok. IFC

“Kami menyambut baik antusiasme para pelaku bisnis, karena dalam waktu kurang dari satu bulan, IMF sukses diikuti oleh 4.000 pemilik bisnis & calon entrepreneurs dari seluruh Indonesia. Setelah melalui berbagai tahapan, terpilih 14 finalis yang masuk ke babak final untuk memperebutkan penghargaan Indonesia Promising Entrepreneur of The Year 2022,” jelas Coach Yohanes G. Pauly, Global Awards Winning Business Coach sekaligus Founder GRATYO Pratical Business Coaching.

Sebagai agenda lanjutan dari IMF 2022, pemenang diumumkan di acara tahunan khusus para founders bisnis dan calon entrepreneurs pada Indonesia Founders Conference (IFC) 2022. Selain itu, IFC 2022 mengadakan workshop mengenai strategi scale up bisnis di tahun 2023 yang dibawakan langsung oleh Coach Yohanes G. Pauly sebagai lead speaker dan juga terdapat special guests dari Merry Riana, David Tjokrorahardjo, Founder Kopi Soe & Co Founder Menantea, Coach Ferry Dafira, hingga Global Marketing Director dari MAYORA Group yang membagikan strategi-strategi bisnis praktis.

“Acara ini merupakan apresiasi untuk para pelaku bisnis karena dengan adanya business coaching memudahkan bisnis untuk menerapkan strategi-strategi praktis hingga membuat bisnis semakin Profitable & AUTO-PILOT,” tutup Coach Yohanes G. Pauly.