Home Arts Indonesia Industrial Design Awards (IIDA) 2019: Penghargaan Bagi IKM Inovatif

Indonesia Industrial Design Awards (IIDA) 2019: Penghargaan Bagi IKM Inovatif

Unsplash/Edho Pratama

Highlight.ID – Daya saing Industri Kecil dan Menengah (IKM) perlu terus ditingkatkan agar bisa mempertahankan bisnisnya. Salah satu caranya yakni dengan merancang desain kemasan dan merek produknya sehingga lebih menarik bagi konsumen. Untuk memacu IKM dalam meningkatkan kualitas desain produknya, Kementrian Perindustrian (Kemenperin) menyelenggarakan Indonesia Industrial Design Awards (IIDA) 2019.

IIDA 2019 merupakan ajang penghargaan bagi pelaku industri nasional yang mampu menghasilkan kualitas produk, sistem, pelayanan dan pengalaman yang lebih baik dengan berbasis pada pengembangan, inovasi dan kualitas desain produk industri. Dalam penyelenggaraannya, Kemenperin menggandeng beberapa pihak yakni Aliansi Desainer Produk Industri Indonesia (ADPII), Himpunan Desain Interior Indonesia (HDII), dan Asosiasi Profesional Desain Komunikasi Visual Indonesia (AIDIA).

Gati Wibawaningsih, Direktur Jenderal IKM Kemenperin, mengatakan, “Kementerian Perindustrian terus memacu IKM supaya menerapkan standar produk serta melakukan inovasi dan kreativitas penciptaan desain-desain terbaru sehingga mampu bersaing di pasar global.” Ia menjelaskan bahwa peserta IIDA 2019 adalah pelaku industri yang mempunyai inovasi dan kualitas desain sesuai industri (industrial design).

“Kunci pengembangan IKM kita agar semakin produktif dan kompetitif, perlu dipacu melalui pemberian pengetahuan tentang teknik produksi, pembaruan alat dan mesin, penguatan desain dan branding, serta mengajarkan proses finishing produk yang baik dan berkualitas,” tambahnya.

Adapun pesertanya berasal dari berbagai kelas industri mulai dari skala kecil, menengah hingga besar. “IID Awards akan mencakup produk-produk industri mulai dari lini startup, IKM hingga skala besar. Penghargaan juga diberikan untuk produk-produk yang telah ada di pasar Indonesia dan menjadi citra khas produk industri nasional,” ujarnya.

Proses pelaksaaan IIDA 2019 melewati beberapa tahap, dimulai dengan sosialisasi sampai Juli 2019. Selanjutnya, dilakukan seleksi tahap pertama di bulan Agustus 2019 dan seleksi kedua di bulan September 2019. Puncaknya, digelar awarding ceremony pada Oktober 2019 yang sekaligus menjadi tahap terakhir. Setelah itu, digelar road show hingga Desember 2019.

Terdapat tiga penganugerahan pada IIDA 2019 yang meliputi:

1. Penghargaan untuk produk baru yang diproduksi maksimum tiga tahun sebelumnya, terdiri dari IID Good Design, IID Best 20, IID Best 3 dan IID Grand Awards. Adapun kategori industri yang masuk dalam penghargaan ini yaitu: aplikasi dan permainan (game), produk elektronika dan peralatan rumah tangga (home appliances), transportasi dan aksesoris otomotif, materi promosi dan identitas visual produk (product visual identity), produk mainan kreatif dan alat peraga pendidikan, produk industri kerajinan, alas kaki dan apparel, perhiasan dan aksesoris fesyen, furnitur dan dekorasi rumah, perlengkapan kantor, serta produk yang terkait hobi dan rekreasi.

2. IID Mark, yakni penghargaan yang diberikan kepada produk yang mempunyai nilai-nilai heritage yang sudah beredar di pasaran.

3. IID Lifetime Achievement, diberikan kepada tokoh yang telah berperan dalam pengembangan dunia desain produk industri di Indonesia baik dalam bidang kebijakan, pengembangan produk, dan pendidikan.

“IID Awards ini diharapkan tidak hanya menjadi sebuah kegiatan, namun juga akan menjadi gerakan yang dapat meningkatkan citra positif bangsa, yakni Face of Nation, Face of Industry, Face of Lifestyle, Face of Creation, dan Face of Brand melalui produk-produk Indonesia yang inovatif dengan kualitas desain yang baik,” jelas Gati.