Home Arts Terinspirasi Pesona Ken Dedes, Riris Ghofir Tampil di New York Fashion Week

Terinspirasi Pesona Ken Dedes, Riris Ghofir Tampil di New York Fashion Week

Riris Ghofir bersama model | Foto: Ist.

Highlight.ID – Ken Dedes merupakan seorang ratu terkenal karena kecantikan dan kepribadiannya yang anggun. Konon, Sang permaisuri Ken Arok, pendiri Kerajaan Singosari, tersebut dipercaya menjadi ibu para raja yang berkembang di pulau Jawa.

Kisah Ken Dedes yang tercatat dalam sejarah Jawa menjadi inspirasi desainer muslimah Riris Ghofir. Karyanya anggota Indonesia Modest Fashion Designer (IMFD) itu akan dipamerkan di ajang ASC New York Fashion Week tanggal 8 September 2019.

Riris berujar, “Inspirasi datang setelah saya nonton film. Kecantikan seorang Ken Dedes membuat saya terpukau.” Karyanya sebanyak 12 look yang menampilkan batik sutra bermotifkan batik pesisir seperti motif rumput laut, kerang, dan lainnya. Ia memadukan warna merah, hijau, hitam, dan gold dengan nuansa klasik, anggun namun tegas.

“Untuk bahan saya memakai batik sutra tulis dengan tile, brokat, dan lace, yang mampu menggambarkan sosok ratu Jawa yang berkarisma. Kesan klasik ala Ken Dedes yang istimewa dan elok dimunculkan dengan berbagai detail bordir, yang terinspirasi dari gambar ukiran arca,” jelas desainer asal Gresik, Jawa Timur ini.

Sebagai aksesoris, Riris menambahkan swarovski dan payet yang berkesan elegan. Kali ini, Riris memakai siluet H dan A line yang berpadu layer atau selendang yang menggambarkan ratu pada zaman itu. Riris juga memunculkan detail bordir dengan motif teratai dan ukian yang diambil dari arca Ken Dedes yang berada di bekas kerajaan Tumapel.

Selain Riris Ghofir, tampil pula 10 desainer IMFD lainnya di panggung ASC Fashion New York untuk koleksi musim panas 2020. Mereka adalah Jeny Tjahyawati, Rya Baraba, Lia Afif, Lia Soraya, Tuty Adib, Riris Ghofir, Nieta Hidayani, Leny Rafael, Nina Nugroho, Novita Sari, dan Gita Orlin.