Home Arts Jakarta Fashion Week (JFW) 2021 Ajak Desainer untuk Terus Berkarya

Jakarta Fashion Week (JFW) 2021 Ajak Desainer untuk Terus Berkarya

20 Finalis Lomba Perancang Aksesori 2020 dan Lomba Perancang Mode Menswear 2020
Maria Karina & Rizal Rama (JFW 2021 Icons) | Foto: Dok. JFW/Nicoline Patricia

Highlight.ID – Situasi pandemi yang tengah melanda dunia tak menyurutkan langkah para pelaku industri untuk terus berkarya. Bahkan, semangat untuk membuahkan karya masih tetap tinggi. Hal ini terlihat dari pelaksanaan Jakarta Fashion Week (JFW) 2021 yang rencananya akan digelar secara virtual pada bulan November nanti.

Direktur Jakarta Fashion Week, Lenni Tedja dalam konferensi pers virtual (22/10) mengatakan, “Ini adalah situasi yang sulit, nggak mudah, tapi dari Jakarta Fashion Week, kita akan tetap meng-encourage semua pelaku fashion, desainer-desainer untuk tetap berkreativitas, memberikan inspirasi bagi industri fashion.”

Mengusung kampanye “Inspiring Creativism”, JFW 2021 yang digelar tanggal 26 – 29 November 2020 dapat dinikmati oleh pemerhati fashion melalui platform digital seperti JFW.TV, kanal resi Jakarta Fashion Week. dan kannal partner resmi lainnya. Selain peragaan busana yang diisi sejumlah desainer, JFW 2021 juga dimeriahkan dengan talkshow dan konten menarik lainnya. JFW 2021 juga menghadirkan sekitar 60-an desainer yang akan memamerkan koleksi terbarunya.

Baca Juga: 20 Desainer Muda Indonesia yang Siap Bersinar di Industri Fashion

Beberapa desainer yang siap tampil di ajang Jakarta Fashion Week kali ini di antaranya yakni Rani Hatta, Restu Anggraini, Batik Chic, Tities Sapoetra, Wilsen Willim, Amot Syamsurimuda, Albert Yanuar, Kami, Yosafat Dwi Kurniawan, Lekat, Calla The Label, Cotton Ink, Jenahara, Bateeq, Rinaldy Yunardi, dan lainnya. Pada penyelenggaraan tahun ini, JFW 2021 bakal  menggelar sebuah acara spesial yang dipersembahkan untuk mengenang perjalanan karier dan bisnis Barli Asmara di industri fashion Tanah Air.

Sebagai perwujudan untuk ikut memajukan industri fashion di Indonesia, Jakarta Fashion Week menggelar berbagai macam kompetisi yakni Lomba Perancang Mode Menswear 2020 dan Lomba Perancang Aksesori 2020. Selain itu, ada pula Fashion Force  yang merupakan ajang penghargaan bagi desainer terpilih. “Di dalam Jakarta Fashion Week itu memang banyak sekali kompetisi untuk mencari desainer-desainer muda yang berbakat,” kata Lenni.

“Jakarta Fashion Week tahun ini, kita 100% digital, tidak ada physical event-nya. Tapi untuk konten digital ini dibuat tentunya semua mengikuti protokol kesehatan. Menurut saya itu penting sekali,” ujar Lenni. Lebih lanjut ia mengatakan bahwa situasi pandemi membuat pihaknya dipaksa untuk bisa beradaptasi dalam hal apapum, termasuk mengerjakan event dengan waktu yang sangat singkat.

Baca Juga: Digelar Virtual, Jakarta Fashion Week (JFW) 2021 Hadirkan Puluhan Desainer

“Yang biasanya, kita physical event harus berubah secara drastis menjadi digital event. Itu harus dipelajari dengan waktu yang  sangat singkat. Saya rasa semua, nggak hanya di Indonesia, di dunia fashion internasional pun kita semua lagi belajar karena ini sesuatu yang baru. Itu menjadi sebuah tantangan, tentunya kita ingin memberikan hasil yang terbaik,” jelas dia.

Berbeda dengan penyelenggaraan pada tahun-tahun sebelumnya, JFW tahu ini diselenggarakan secara digital. Menurut Lenni hal itu menjadi alasan kenapa persiapan JFW kali ini lebih sulit. “[Melakukan] Sesuatu yang baru tentunya akan lebih sulit daripada melakukan sesuatu yang biasa kita lakukan, yaitu physical event. Karena banyak hal-hal yang tidak ada di saat kita physical event, sementara di digital event itu ada. Dulu, saya pikir digital event itu lebih mudah karena tidak ada penonton, tapi ternyata enggak, lho. Banyak sekali ‘printilannya’ yang tidak terpikirkan, kita harus benar-benar belajar dalam waktu yang cepat untuk menghasilkan sesuatu yang terbarik.”

Jakarta Fashion Week juga memperkenalkan dua orang model yakni Maria Karina dan Rizal Rama yang terpilih sebagai Jakarta Fashion Week 2021 Icons. Saat mengikuti audisi, Maria Karina yang masih sekolah kelas 2 SMA mengaku tidak menyangka menjadi Jakarta Fashion Week 2021 Icons, menyisihkan ribuan pendaftar lainnya. “Pasti senang banget karena baru pertama dan baru banget di dunia modeling. Sebenarnya, dari awal aku nggak berharap yang banyak untuk bisa jadi icons. Ikut buat cari pengalaman karena menurut aku pengalaman itu lebih penting daripada apapun,” ungkapnya.

Sementara itu, Rizal Rama juga menceritakan kesannya selama mengikuti audisi hingga terpilih menjadi Jakarta Fashion Week 2021 Icons. “Seru sih, karena dari beberapa karantina JFW Icons itu, aku dapat experience baru dari model-model lainnya, terus dari  para juri  semua, orang-orang yang ada di situ,” katanya. Ia pun sudah mempersiapkan segalanya agar bisa tampil maksimal di JFW 2021 dengan melatih mental dan ekspresi.

“Saya mengucapkan banyak terima kasih kepada para partner yang sudah memberikan kepercayaan kepada Jakarta Fashion Week. Dan tentunya saya juga ingin semua partner di Jakarta Fashion Week ini untuk supaya mendukung secepat mungkin kita bisa pulih lagi dari situasi yang nggak mudah ini. Harapan kami, kita semua tetap semangat, tetap tidak berhenti berkreasi,” tambahnya.