Home Arts IdeaFest 2019 Ajak Kaum Muda untuk Bangga Jadi Orang Indonesia

IdeaFest 2019 Ajak Kaum Muda untuk Bangga Jadi Orang Indonesia

Ideafest 2019
Konferensi pers IdeaFest 2019 di Menara Astra, Jakarta (21/8/2019) | Foto: Highlight.ID

Highlight.ID – Mengapa kita harus bangga menjadi bangsa Indonesia? Pertanyaan itulah yang mendasari tema IdeaFest 2019 kali ini. Menurut Ben Soebiakto, Co-Chairman IdeaFest, kebanggaan itu perlu dirasakan oleh seluruh lapisan masyarakat Indonesia. “Setelah kita bangga menjadi bagian dari masyarakat Indonesia, bangga sebagai orang Indonesia, kita bisa mulai makin confident,” kata Ben kepada wartawan di acara konferensi pers IdeaFest 2019, Rabu (21/8/2019) di WeWork, Menara Astra, Jakarta.

“Pertumbuhan industri kian positif mendorong munculnya sumber daya manusia unggul yang sukses mengharumkan nama Indonesia seperti Rich Brian, Nadiem Makarim, Iko Uwais, Joey Alexander, Joe Taslim hingga Ria Papermoon, membuat kami melihat sekarang adalah era kita bangga menjadi bagian dari bangsa Indonesia,” kata dia.

Baca juga:

“Rasa bangga inilah yang menginspirasi lahirnya ‘Age of Pride’, sebagai tema besar IdeaFest tahun ini. Melalui IdeaFest, kami ingin mengajak masyarakat untuk berkolaborasi mencari dan mengangkat cerita-cerita kebanggaan anak bangsa melalui gerakan #KebangganIndonesia. Dengan dimulainya gerakan ini, kami yakin akan lebih banyak lagi nama baru yang akan membawa Indonesia ke puncak tertinggi di seluruh belahan dunia,” tambahnya.

Dengan adanya insan-insan kreatif Indonesia yang mampu menunjukkan potensi dirinya kepada khalayak luas, tak hanya di dalam negeri tapi juga luar negeri, maka hal itu dapat menumbuhkan kepercayaan diri. Menurut Ben, orang yang merasa bangga menjadi anak Indonesia akan memiliki kepercayaan diri lebih untuk dapat bergerak melakukan sesuatu hal yang positif.

Rangkaian Acara Menarik

IdeaFest 2019 yang merupakan salah satu festival kreatif terbesar di Indonesia digelar selama 4 hari, mulai dari tanggal 3 hingga 6 Oktober 2019 di Jakarta Convention Center (JCC) Senayan, Jakarta. Dengan mengusung tema “Age of Pride”, IdeaFest merupakan persembahan Samara Live yang meliputi rangkaian kegiatan seperti Conference, IdeaTalks, IdeaXperience: Art Spaces,O2O Market, 10th SATU Indonesia Awards 2019 serta 2 program baru yakni IdeaFest FoodX dan IdeaFest Comedy.

Ideafest 2019
Konferensi pers IdeaFest 2019 di Menara Astra, Jakarta (21/8/2019) | Foto: Highlight.ID

Desy Bachir selaku Chief Marketing Officer Samara Media & Entertainment menjelaskan, “IdeaFest dari tahun ke tahun semakin menjadi referensi untuk industri kreatif Indonesia, dan bahkan sudah mulai mencapai skala internasional, terlihat dari mulai adanya peserta dari negara-negara tetangga.”

“Setelah sukses membangun IdeaFest dan melihat pentingnya ‘experience’ yang sudah menjadi suatu kebutuhan untuk generasi muda – para penggerak IdeaFest pun menggagas ide untuk membentuk Samara Live, promotor event yang merupakan bagian dari Samara Media & Entertainment Group untuk menghadirkan pengalaman festival yang berbeda di berbagai bidang. Selain IdeaFest, Samara Live juga telah sukses menyelenggarakan Wonderfest di bulan Juni lalu, dan akan hadir dengan Jakarta Halal Things di akhir tahun ini,” jelas Desy.

Sementara itu, Andi Sadha, Co-Chairman IdeaFest 2019 mengatakan, “Antusiasme para insan kreatif yang hadir pada gelaran IdeaFest di tahun-tahun sebelumnya menjadi motivasi bagi kami untuk menghadirkan konsep dan nama-nama inspiratif lainnya. Bersama dengan Braintrust, kelmpok kurator konten kreatif, kami menyeleksi sederet nama yang akan tampil pada gelaran IdeaFest tahun ini baik dari dalam dan luar negeri seperti Gina S. Noer, Joko Anwar, Dian Sastro, Daniel Mananta hingga Kevin Soemantri.”

Dukungan Para Mitra

Berbeda dengan tahun sebelumnya, IdeaFest tahun ini berlangsung selama 4 hari untuk mengakomodasi jumlah pengunjung yang semakin meningkat.  IdeaFest 2019 terselenggara berkat dukungan dari partner yakni Astra, BliBli.com, Samsung, dan Indofood.

Prijo Sugiarto, Presiden Direktur Astra menuturkan, “Tema IdeaFest 2019 sejalan dengan tujuan Astra untuk menjadi ‘Pride of The Nation’. Kami pun juga merasa bangga bahwa banyak sekali pemuda yang memperjuangkan hal bagi sekitarnya tanpa memikirkan diri mereka sendiri. Program SATU Indonesia Awards hadir di IdeaFest untuk memberikan penghargaan bagi mereka yang bekerja tanpa lelah di dalam gelap. Kami berharap, melalui program ini akan semakin banyak anak muda Indonesia yang muncul dengan gebrakan-gebrakan positifnya, membuat perubahan bagi Indonesia.”

Sementara Yolanda Nainggolan, Head of Public Relations Blibli.com mengatakan, “IdeaFest adalah ajang besar bagi insan-insan kreatif Indonesia untuk saling berbagi inspirasi dan pengetahuan. Sebagai e-commerce lokal yang mempunyai komitmen tinggi untuk mendukung pertumbuhan usaha creativepreneur dan produk lokal, penting bagi Blibli.com hadir di IdeaFest untuk mendorong pelaku ekonomi kreatif semakin dikenal melalui inisiatif yang akan diperkenalkan melalui ajang ini.”

Firman Authar, Head of Consumer Engagement, Corporate Marketing PT Indofood CBP Sukses Makmu berujar, “Indofood melalui Indomie, Pop Mie, Indomilk, dan Chitato ikut mendukung IdeaFest 2019. Sejalan dengan tema IdeaFest tahun ini, yaitu ‘Age of Pride’, Indofood bangga telah menemani keluarga Indonesia dari generasi ke generasi. Indofood akan menghadirkan area khusus di IdeaXperience di mana pengunjung bisa mendapat pengalaman menarik dalam berinteraksi dengan produk Indofood.”