Home Business Upcycling Fashion Tinkerlust.com Bertajuk “A Story of Second Chances”

Upcycling Fashion Tinkerlust.com Bertajuk “A Story of Second Chances”

Tinkerlust.com menampilkan upcycling fashion di Jakarta Fashion Week (JFW) 2020
Fashion show Tinkerlust.com di Jakarta Fashion Week (JFW) 2020 | Foto: Highlight.id

Highlight.ID – Tinkerlust.com didirikan pada tahun 2015 untuk melayani kebutuhan wanita Indonesia dalam berjual beli barang-barang preloved fashion dengan kualitas dan originalitas yang terjamin. Selain sebagai marketplace, Tinkerlust juga merupakan komunitas bagi public figure dan influencer yang aktif di dunia fashion, beauty dan lifestyle. Sehingga Tinkerlust.com seringkali berkolaborasi bersama dalam bentuk event maupun tempat bagi komunitas tersebut untuk berjualan preloved fashion mereka.

Kali ini, Tinkerlust.com ikut mendukung jalannya pagelaran Jakarta Fashion Week (JFW) 2020 sebagai salah satu sponsor. Tidak hanya itu, Tinkerlust.com juga berkolaborasi dengan tiga label lokal yaitu Alexalexa, JENAHARA by Jenahara Nasution, serta brand anyar fotografer Hakim Satriyo dan designer Riyam Dayani, SEBE11AS (Sebelas Sebelas).

Baca juga:

Bersama desainer, Tinkerlust.com mengadakan fashion show bertajuk “A Story of Second Chances” yang terinspirasi dari upcycling fashion produk pre-loved. Pagelaran “A Story of Second Chances” layaknya memberikan kesempatan kedua kepada setiap produk fashion tersebut.

Tiga label fashion ini dipilih karena memiliki visi dan misi yang sejalan dengan Tinkerlust.com dalam mendukung gerakan sustainable fashion. Masing-masing lini tersebut memiliki karakteristik desain yang khas, sehingga mampu memunculkan koleksi yang unik dan berbeda-beda.

Tinkerlust.com menampilkan upcycling fashion di Jakarta Fashion Week (JFW) 2020
Koleksi Alexalexa di Jakarta Fashion Week (JFW) 2020 | Foto: Highlight.ID

“Tidak dipungkiri bahwa bumi kita sekarang sedang mengalami beberapa masalah lingkungan seperti climate change dan banyaknya sampah, termasuk sampah fashion yang merupakan terbesar kedua setelah industri minyak dan gas. Koleksi ini kemudian terinspirasi dari keinginan kita untuk mengurangi sampah fashion tersebut dengan melakukan upcycling,” kata Aliya Amitra, COO dan Co-Founder dari Tinkerlust.com.

Upcycling merupakan salah satu langkah dalam fashion circular economy, di mana barang-barang fashion yang sudah ada akan dimodifikasi dan didesain ulang sehingga menjadi baru dan menarik lagi. Dalam kesempatan ini, ketiga designer lokal tersebut mengolah beberapa items preloved dari website dan featured seller.

Tinkerlust.com menampilkan upcycling fashion di Jakarta Fashion Week (JFW) 2020
Koleksi JENAHARA di Jakarta Fashion Week (JFW) 2020 | Foto: Highlight.ID

“Barang-barang ini kemudian akan didesain ulang sesuai ciri khas masing-masing designer dan diinkorporasikan ke dalam koleksi. Sehingga barang-barang tadi tidak akan menjadi tumpukan sampah, namun dapat menjadi warna baru dalam koleksi wardrobe kita layaknya memberi kesempatan kedua bagi barang fashion tersebut,” Samira Shihab, CEO dan Co-Founder dari Tinkerlust.com, menambahkan.

Jenahara Nasution, designer dari brand JENAHARA, berpendapat bahwa menciptakan koleksi dari bahan sisa produksi atau preloved items penting untuk dilakukan sekarang, melihat pasar fashion Indonesia yang berkembang pesat, “Tingginya minat konsumen mendorong desainer dan brand fashion untuk terus mengeluarkan koleksi baru. Namun sayangnya, banyak orang yang lupa akan sampah yang dihasilkan dari produksi fashion pieces tersebut.”

Tinkerlust.com menampilkan upcycling fashion di Jakarta Fashion Week (JFW) 2020
Koleksi SEBE11AS di Jakarta Fashion Week (JFW) 2020 | Foto: Highlight.ID

Selain melakukan upcycling items dari Tinkerlust.com, JENAHARA juga menggunakan kain sisa dari koleksi-koleksi sebelumnya serta upcycling baju milik influencers seperti Lizzie Parra, Andra Alodita, Ucita Pohan, Anissa Aziza, Kalula, dan Agla Artalidia.

Selain JENAHARA, SEBE11AS by Hakim Satriyo & Riyam Dayani juga mengajak beberapa public figure seperti Dian Sastrowardoyo, Kelly Tandiono, Mike Lewis, Adinia Wirasti, Ayushita, Hannah Al Rasjid, Daniel Adnan, Nicoline Patricia Malina, dan lain-lain untuk ikut serta sebagai muse yang berjalan di runway.

Alexalexa pun juga tak ketinggalan untuk mengajak nama-nama seperti Aubrey Beer, Audrey Tapiheru dan Dewisya Peony sebagai muse. Muse ini juga dipilih untuk ikut membantu menyebarkan pesan positif yang dibawa dalam oleh pagelaran “A Story of Second Chances”.

Koleksi pagelaran ini dirilis pertama kalinya secara eksklusif di panggung runway Jakarta Fashion Week 2020 pada hari Rabu, 23 Oktober 2019, tepatnya di Fashion Tent Senayan City. Sebagian besar koleksi “A Story of Second Chance” juga tersedia untuk dibeli melalui website Tinkerlust.com setelah perhelatan acara Jakarta Fashion Week 2020 selesai, di mana sebagian dari hasil penjualan ini akan disumbangkan melalui yayasan amal, Sekolah Kami.