Highlight.ID – Berlangsung untuk yang ke-16 kalinya, Jakarta Fashion & Food Festival (JFFF) digelar mulai tanggal 7 Agustus – 8 September 2019. Festival tahunan hasil kerja sama Summarecon dengan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi DKI Jakarta resmi dibuka tanggal 7 Agustus 2019 di Summarecon Mall Kelapa Gading, Jakarta Utara.
Adrianto P. Andhi selaku President Director Summarecon mengatakan, “JFFF adalah sebuah program yang tak hanya bertujuan untuk melestarikan budaya Nusantara, namun juga untuk semakin meningkatkan kekuatan perekonomian melalui para UKM dan industri lokal anak bangsa. Diharapkan pada penyelenggaraan ke-16 kali ini, JFFF senantiasa memberikan kontribusi bagi industri kreatif lokal kita yang berbasis budaya Nusantara, khususnya di sektor mode dan kuliner guna memperkuat daya tarik Jakarta sebagai destinasi wisata.”
Baca juga:
- Eloknya Kain Tenun di Panggung Jakarta Fashion & Food Festival 2019
- Diikuti Ratusan Desainer, JFW 2020 Siap Gelar 70 Fashion Show
- Plaza Indonesia Men’s Fashion Week 2019 Kenalkan Konsep Eco Age
Meskipun JFFF 2019 adalah penyelenggaraan yang ke-16, bukan berarti JFFF tidak bisa menghadirkan sesuatu yang baru. Dalam program Fashion Festival hadir menjadi warna baru adanya kampanye Sustainable Fashion dan Less Waste, sebagai bentuk kepedulian JFFF memberikan edukasi kepada masyarakat gaya hidup yang ramah lingkungan. Sementara dari Food Festival, setiap minggunya selama JFFF berlangsung, akan hadir secara bergantian beragam kuliner legendaris yang selalu diburu masyarakat.
Sebuah program baru pada tahun ini pada tahun ini adalah Jakarta Brand Festival (JBF) yang berkolaborasi dengan Gambaran Brand. Program terbaru JFFF ini sebagai usaha konkret untuk mendorong perkembangan brand lokal Indonesia dengan mengakselerasi performa bisnis mereka melalui kegiatan mentorship dan bazar.
Sejumlah UKM di bidang mode dan kuliner yang telah mengikuti program mentorship, mendapat kesempatan untuk memperoleh stand berjualan di area Fashion Village & Kampoeng Tempo Doeloe (KTD). Acara puncak JBF akan diadakan pada 22 Agustus 2019 di Ballroom Harris Hotel & Conventions Kelapa Gading, sekaligus sebagai perayaan untuk para UKM yang telah berhasil mengikuti program mentorship selama 4 bulan.
Sementara itu, para partner dan mitra kerja yang mendukung penyelenggaraan JFFF setiap tahunnya, secara konsisten terus memberikan kontribusinya agar JFFF menjadi wadah serta memfasilitasi industri kreatif untuk terus berkreasi dan berinovasi, sekaligus menjadi daya tarik wisatawan sehingga memperkuat perekonomian Indonesia khususnya dalam sektor pariwisata.
Kemeriahan festival mulai terasa ketika acara seremoni berlangsung sebagai tanda dibukanya JFFF, yang dilanjutkan dengan parade barisan penari dan akrobatik yang muncul di atas panggung, diiringi alunan merdu penyanyi Lea Simanjuntak. Perkusi dengan alat-alat dapur dan para penari kemudian muncul untuk menggambarkan kemeriahan Food Festival yang ada di JFFF, yaitu Kampoeng Tempo Doeloe di La Piazza mulai 7 Agustus – 8 September 2019 dan Wonderful Culinary Expo di MPH La Piazza mulai 7 Agustus – 1 September 2019, dilengkapi JF3RUN pada 25 Agustus 2019.
Usai atraksi ragam kuliner, untuk menggambarkan Fashion Festival, para model kemudian bermunculan di atas panggung mengenakan koleksi beberapa desainer yang tampil dalam rangkaian fashion show di JFFF 2019. Koleksi yang tampil pertama adalah karya desainer Didi Budiardjo, Eridani, dan Yogie Pratama yang tampil dalam Opening Fashion Show JFFF “Jalinan Lungsi Pakan” dari Cita Tenun Indonesia di Hotel Harris pada 15 Agustus.
Kemudian dilanjutkan koleksi karya desainer yang tampil dalam show tunggal di rangkaian JFFF 2019, yaitu Tities Sapoetra, Danjyo Hiyoji yang merupakan brand hasil kolaborasi Dana Maulana dan Liza Masitha, Hengki Kawilarang, dan MajorMinor, yaitu brand dari Ari Seputra yang secara rutin setiap tahunnya diekspor ke beberapa negara Asia dan Eropa.
Pada tahun ini, JFFF juga menghadirkan 3 desainer muda Indonesia, yaitu Amot Syamsuri Muda, Jenahara, dan Cynthia Tan, yang menampilkan kolaborasi apik dengan karakter Hello Kitty pada 17 Agustus nanti.
Chloe Clau yang terpilih sebagai Face Icon JFFF 2019 tampil sebagai puncak dan penutup rangkaian Opening Ceremony JFFF, dengan mengenakan karya Rinaldy A. Yunardi, seorang desainer aksesoris Indonesia yang karyanya telah mendunia. Sejumlah 34 koleksi Rinaldy yang terinspirasi dari perhiasan klasik tradisional dari berbagai provinsi di Indonesia, pada tanggal 21 Agustus di acara JFFF Awards tampil sebagai puncak acara Fashion Festival, dengan tema “Aku, Untukmu Indonesia”.
JFFF yang berlangsung setiap tahunnya di Summarecon Kelapa Gading, kini semakin mudah dicapai oleh masyarakat dengan telah tersedianya transportasi LRT (Lintas Rel Terpadu). Salah satunya terdapat Stasiun Bulevard Utara, yang berada tepat di depan Mal Kelapa Gading 1.
Fasilitas terbaru ini dihadirkan oleh Pemprov DKI untuk kemudahan dan kenyamanan masyarakat dalam menggunakan transportasi umum. Transportasi yang dibangun sejak tahun 2016 ini, memiliki jalur yang membentang dari Velodrome, Jakarta Timur hingga Pegangsaan Dua, Jakarta Utara, dengan melalui sepanjang jalan Boulevard Kelapa Gading.