Home Arts Diikuti Ratusan Desainer, JFW 2020 Siap Gelar 70 Fashion Show

Diikuti Ratusan Desainer, JFW 2020 Siap Gelar 70 Fashion Show

Jakarta Fashion Week (JFW) 2020 siap digelar
Fashion Show Wardah bertema "The Unstoppable You" di Jakarta Fashion Week (JFW) 2019 | Foto: Highlight.ID

Highlight.ID – Dengan logo baru yang lebih sleek, bold, dan energetic, Jakarta Fashion Week (JFW) 2020 siap digelar tanggal 19 – 25 Oktober 2019. Tak hanya itu, JFW ingin menyuguhkan sesuatu yang istimewa dengan tampilnya 200 desainer dari dalam negeri dan luar negeri.

Para fashion designer tersebut akan tampil membawakan koleksi terbarunya di runway JFW. Ada 70 fashion show di mana pemerhati mode Tanah Air dapat menyaksikan karya-karya desainer kenamaan. Selain fashion show, JFW juga akan merayakan 40 tahun Lomba Perancang Mode (LMP).

Baca juga:

Beberapa desainer Indonesia yang akan tampil di antaranya yakni Barli Asmara, Jenahara, Jeffry Tan, Kami, dan Restu Anggraini. Sedangkan desainer dari mancanegara berasal dari sponsor dan mitra internasional yaitu Bristish Council (Inggris), Japan Fashion Week Organization (Jepang), Korea Model Association, Korea Creative Content Agency dan Tunis Fashion Week (Tunisia).

Lenni Tedja, Direktur Jakarta Fashion Week menuturkan, “Tahun ini, kami mempersiapkan beberapa kejutan untuk para stakeholders dan pencinta fashion Indonesia. Dari segi konten, tahun ini kami ingin memicu ketertarikan untuk kembali menggali identitas Indonesia, tidak hanya dari segi kriya, tapi juga perilaku, preferensi tampilan, dan lain sebagainya, melibatkan beberapa expert speakers di bidang masing-masing.”

Jakarta Fashion Week (JFW) 2020 siap digelar
Koleksi Pop.U di Jakarta Fashion Week (JFW) 2019 | Foto: Highlight.ID

“Kita juga selalu mengaitkan dengan sustainability. Kita belum berani bilang bahwa desainer kita sudah mengaplikasikan kaidah sustainable fashion, tapi at least kita sudah mulai sadar ke arah situ, apakah dari sisi minimal waste, menggunakan pewarna alam,” tambah dia.

Bekerja sama dengan platform e-commerce Lazada, JFW berupaya untuk menyediakan layanan digital selama berlangsungnya acara. Monika Rudijono, Chief Marketing Officer Lazada Indonesia, memaparkan, “Lazada Indonesia menyediakan kanal di dalam platform kami bagi para desainer dan kurasi produk mode, yaitu Style Space, berkolaborasi dengan Jakarta Fashion Week. Dengan Style Space, Lazada membantu mempercepat kemajuan industri mode Indonesia dengan memberdayakan para desainer untuk menjangkau konsumen yang lebih luas melalui peluang offline-to-online.”

Jakarta Fashion Week (JFW) 2020 siap digelar
Koleksi Rani Hatta di Jakarta Fashion Week (JFW) 2019 | Foto: Highlight.ID

JFW kembali didukung oleh Make Over sebagai Official Makeup Partner dan L’Oréal Professionnel sebagai Official Hairdo Partner. Tidak seperti tahun sebelumnya, L’Oréal Professionnel tidak mengadakan Hairdresser Hunt untuk menyaring backstage hairstylist.

Namun demikian, L’Oréal Professionnel akan mengadakan L’Oréal Colour Trophy untuk memilih colourist terbaik tahun ini. Sedandkan Make Over masih tetap melaksanakan Make Over MUA Hunt yang dinilai oleh juri berpengalaman. Ketiga juri tersebut yakni Dhirman Putra, Marlene Hariman, dan Philipe Karunia.

Jakarta Fashion Week (JFW) 2020 siap digelar
Fashion show “Pesona Sisterhood Runway” di Jakarta Fashion Week (JFW) 2019 | Foto: Highlight.ID

Beberapa mitra yang ikut mendukung terlaksananya JFW yakni Senayan City, Wardah, UBS Gold, Tinkerlust, Matahari Department Store, Daliatex, Danone Aqua, Strongbow, Epson, dan Aqua Japan. Dukungan juga datang dari RSGM YARSI, CBN Fiber, Century Park Hotel, Santika Hotel Indonesia, Sunpride, Gouw Heritage, Wondernuts, dan Studio 47.

Dari pihak pemerintah, terdapat Kementerian Pariwisata, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan DKI Jakarta, Enjoy Jakarta, Kedutaan Besar Republik Indonesia Tunisia, dan Kedutaan Besar Republik Indonesia Vienna.

Jakarta Fashion Week yang telah memasuki usianya yang ke-13 dilaksanakan di empat area Senayan City, yakni Fashion Tent, Fashion Atrium, FashionlinkX#Blckvnue, dan Fashionlink Showroom and Market.