Home Arts Ramaikan JFW 2021, Panasonic Gobel Kolaborasi Bersama Tities Sapoetra

Ramaikan JFW 2021, Panasonic Gobel Kolaborasi Bersama Tities Sapoetra

PT Panasonic Gobel Indonesia kolaborasi bersama Tities Sapoetra di Jakarta Fashion Week (JFW) 2021
Konferensi pers virtual JFW 2021 | Gambar: Tangkapan layar

Highlight.ID – PT Panasonic Gobel Indonesia ikut berpartisipasi dalam ajang Jakarta Fashion Week (JFW) 2021 dengan menggandeng desainer Tities Sapoetra. Keikutsertaan PT Panasonic Gobel Indonesia di pekan mode tahunan ini merupakan yang pertama kalinya. Kolaborasi tersebut diwujudkan dalam fashion show di JFW 2021 yang dilaksanakan tanggal 27 November 2020.

Viya Arsawireja, Head of Corporate Communications PT Panasonic Gobel Indonesia mengatakan kolaborasi antara perusahaan elektronik bersama desainer fesyen merupakan sesuatu yang beda. “Ini bertepatan dengan 60 tahun kerja sama Panasonic dan Gobel di Indonesia. Jadi, kita harus punya sesuatu yang berbeda. Rasanya kita juga perlu mendukung industri kreatif di Indonesia. Dalam komitmen tersebut, kami mencari talenta-talenta muda di di industri kreatif dan terpilihlah Tities Sapoetra.”

Baca Juga:
Bersama Desainer dan Tenant, Senayan City Tampilkan “De.co.rum” di JFW 2021

PT Panasonic Gobel Indonesia kolaborasi bersama Tities Sapoetra di Jakarta Fashion Week (JFW) 2021
Konferensi pers virtual JFW 2021 | Gambar: Tangkapan layar

Seperti yang dijelaskan Viya, antara Panasonic Gobel Indonesia dan Tities Sapoetra memiliki beberapa kesamaan. Pihaknya memberikan keleluasaan dan apresiasi kepada Tities Sapoetra untuk berkarya yang diwujudkan dalam bentuk aneka ragam koleksi busana dan merchandise. Di sisi lain, Tities Sapoetra juga berupaya untuk menyertakan nilai-nilai Panasonic dalam karya-karyanya.

“Kolaborasi ini juga merupakan bentuk ajakan kepada masyarakat Indonesia, kita bangga dengan produk lokal,” kata Viya pada konferensi pers virtual, Rabu (25/11). Viya mengatakan bahwa ke depannya, Panasonic Gobel Indonesia membuka diri untuk melakukan berbagai macam kolaborasi bersama desainer atau merek lokal lainnya sejalan dengan komitmen mereka untuk mendukung industri kreatif di Indonesia.

Desainer Tities Sapoetra menerangkan bahwa ia tidak memiliki hambatan berarti dalam menjalankan kolaborasi ini. Menurutnya, satu hal yang menjadi kendala yakni waktu. “Kita awalnya mau bikin event offline. Tapi memang kondisinya seperti kita tahu, lagi pendemi, jadi akhirnya kita harus mengubah strategi. Akhirnya, kita memilih JFW untuk menjadi event kita,” ujar dia.

Baca Juga:
Jakarta Fashion Week (JFW) 2021 Ajak Desainer untuk Terus Berkarya

Menurut Tities, kolaborasi ini sekaligus merupakan upaya untuk membangkitkan optimisme industri fesyen yang sempat terpuruk akibat pandemi Covid-19. “Banyak pasti, kan, teman-teman desainer yang agak-agak pesimis [industri] fashion ke depannya gimana. Dengan adanya aku sama Panasonic dan juga JFW 2021 tetap mengadakan secara virtual itu benar-benar menggugah, membangkitkan semangat lagi,” sambungnya.

“Panasonic memberikan keleluasaan, kebebasan aku untuk berkarya. Tapi, tetap dengan komunikasi tentunya,” Tities menambahkan. Dalam kolaborasi ini, Tities mengajak desainer sepatu yang berasal dari Bali dan desainer aksesoris dari Bandung. Tak hanya sekadar branding semata, Tities berusaha untuk membantu desainer-desainer lokal untuk bisa meningkatkan penjualannya.

Koleksi Tities Sapoetra di antaranya berupa dress, pakaian pria, jaket oversized, dan aneka macam merchandise seperti tote bag. Tities mengombinasikan antara signature-nya seperi motif-motif labirin dengan warna-warna Panasonic seperti biru, pink, dan fuchsia. “Baju-baju ini cocok untuk orang-orang yang dinamis,” kata Tities.