Home News Events Jakarta Modest Fashion Week, Hadirkan Puluhan Desainer Busana dari 5 Benua

Jakarta Modest Fashion Week, Hadirkan Puluhan Desainer Busana dari 5 Benua

event terbaru jakarta modest fashion week indonesia liputan media partnership kerja sama sponsorship reportase fotografi foto gambar asia pakaian desainer baju muslimah internasional
JMFW Press Conference | Dok. Highlight.id
Muslim LifeFest 2019

Highlight.ID – Mengikuti jejak kesuksesan di Istanbul, London, dan Dubai, Modest Fashion Week akhirnya digelar di Jakarta, Indonesia. Event modest fashion week bertaraf internasional ini diselenggarakan di Gandaria City, Jakarta Selatan, tanggal 26 – 29 Juli 2018.

Pertama kali dilaksanakan di Istanbul, Turki pada tahun 2016, Modest Fashion Week saat itu diikuti oleh 30 negara. Menurut Franka Soeria, Founder Modest Fashion Week Global, pada waktu itu, belum ada platform yang mempertemukan antara pelaku bisnis pakaian modest dalam satu tempat. Untuk itulah, Modest Fashion Week berdiri dengan tujuan untuk memperkenalkan produk-produk fashion modest dalam skala global.




Pertama Kali di Asia dan Indonesia

Pada tahun 2018 kali ini, Jakarta terpilih sebagai penyelenggara Modest Fahion Week untuk pertama kalinya. Tak hanya di Indonesia, Jakarta Modest Fashion Week (JMFW) 2018 yang terselenggara atas prakarsa Think Fashion bekerja sama dengan Markamarie Creative juga pertama kali dilaksanakan di benua Asia.

Menurut Franka Soeria, Modest Fashion Week menjadi momen yang sangat penting terutama bagi Jakarta ketika perhatian dunia internasional tertuju padanya. Event ini juga menjadi jalan bagi Jakarta untuk menjadi salah satu pusat mode internasional tanpa perlu menunggu hingga tahun 2020.

Baca juga:

Sedangkan Ozlem Sahin, Co-Founder Official Modest Fashion Week International dan Think Fashion menjelaskan alasan kenapa memilih Jakarta sebagai penyelenggara Modest Fashion Week 2018. Ia berujar, “Jakarta adalah rumah bagi kami. Banyak dari partner kami dari Turki dan Indonesia, mereka telah mengenal desainer dan talents Indonesia yang bagus-bagus dengan style-nya masing-masing yang unik dan berbeda.”

“Pada penyelenggaraan Modest Fashion Week sebelumnya, di Istanbul, London, dan Dubai selalu ada desainer dari Indonesia. Jakarta menjadi semacam hub yang mempertemukan antara pelaku industri modest fashion. Dan kami berpikir ketika hendak menyelenggarakan Modest Fashion Week di Asia, kenapa tidak dilaksanakan di Jakarta saja.”, tambah Ozlem Sahin.

event terbaru jakarta modest fashion week indonesia liputan media partnership kerja sama sponsorship reportase fotografi foto gambar asia pakaian desainer baju muslimah internasional
Opening Fashion Parade | Dok. Highlight.id

Ismail Semin, Founder Markamarie Creative selaku partner lokal Think Fashion di Indonesia berujar bahwa modest fashion tak hanya diperuntukkan bagi umat muslim saja, tapi bagi siapapun yang menyukai pakaian yang tertutup. Menurutnya, modest fashion sedang mengalami pertumbuhan pasar yang besar terutama di Asia Tenggara. Ditambah lagi, banyaknya material seperti kain yang tersedia membuat segmen pasar di Asia Tenggara sangat prospektif.

Desainer Fesyen Nasional dan Internasional

Perhelatan ini menghadirkan 18 desainer fesyen mancanegara, yang berasal dari Rusia, Jepang, Kanada, Australia, Yordania, Oman, Singapura, Kyrgystan, Turki, Oman, Uni Emirat Arab, dan Austria. Sedangkan dari dalam negeri, ada 27 fashion designer yang ikut berpartisipasi dan menampilkan karya-karyanya dalam event Modest Fashion Week.

Beberapa desainer fesyen Indonesia yang ikut andil pada JMFW di antaranya yaitu: Medina Zein, Fenita Arie, Sofie, 2Madiso Avenue, Up2Date by Irna Mutiara, Gee Batik, Sayee, Button Scarves, Anggia Handmade, Dhienda Nasrul, dan lainnya. Selain itu, ada pula Desainer Wardah: Dian Pelangi, Khanaan, ETU, dan Kami Idea. JMFW juga menghadirkan project Dream and Design for Disabilities.


Mendukung Asian Para Games 2018

Menariknya, JMFW juga menaruh perhatian pada komunitas penyandang disabilitas lewat konten “Dream & Design for Disabilities” supported by Indonesia 2018 Asian Para Games X JMFW. Melalui konten tersebut, JMFW dan Indonesia 2018 Asian Para Games ingin mewujudkan kesamaan misi yang dimiliki, yaitu untuk menunjukkan bakat terbaiknya dalam skala internasional.

Komunitas bisu-tuli dan penyandang disabilitas lainnya dari Indonesia, Turki, dan Jerman ikut terlibat dalam project Dream & Design for Disabilities.

Beragam Acara Menarik

Sebagai event fashion internasional, JMFW menghadirkan fashion show yang diikuti oleh fashion designer ternama baik dari dalam negeri maupun mancanegara. Fashion show ini menjadi momen terbaik bagi para desainer untuk memamerkan koleksi-koleksi pakaian modest terbaiknya untuk mendapatkan buyer dan menarik pembeli.

Selain itu, pengunjung dapat langsung berbelanja di 50 fashion brand booth yang tersedia di JMFW. Pengunjung JMFW bisa langsung melihat beragam model terbaru pakaian modest dan aneka macam aksesoris lainnya.

Untuk menambah wawasan dan pengetahuan tentang perkembangan modest fashion terkini, pengunjung dapat mengikuti talkshow yang menghadirkan beberapa narasumber terpercaya. Tema-tema talkshow pada JMFW kali ini di antaranya seputar online buying, berbincang-bincang dengan influencers, Wardah beauty talkshow dan makeup demo, kewirausahaan, dan beragam acara menarik lainnya.



Artikel Menarik:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here