Home Business Jenis-jenis Event Marketing Paling Tepat untuk Majukan Bisnismu

Jenis-jenis Event Marketing Paling Tepat untuk Majukan Bisnismu

Pameran The 22nd Jakarta International Handicraft Trade Fair INACRAFT 2022 jadwal event
INACRAFT 2022 di JCC | Foto: Highlight.ID

Highlight.ID – Setiap hari, konsumen saat ini menghadapi berbagai penawaran dan iklan yang tak terhitung jumlahnya. Jadi, ini waktu yang tepat bagimu untuk memikirkan strategi pemasaran yang lebih inovatif. Kamu harus mampu menarik perhatian konsumen agar mereka tetap loyal membeli produkmu.

Membuat pemasaran acara (event marketing) adalah salah satu cara untuk meningkatkan keterlibatan (engagement) konsumen. Event marketing yang digelar offline maupun online membuka peluang bagi merek untuk terhubung dengan konsumennya. Lebih dari itu, event marketing membuka kesempatan bagus untuk mendorong terjadinya penjualan dan meraih pelanggan baru.

Apa itu Event Marketing?

Perencanaan yang terkoordinasi untuk mempromosikan merek, produk dan layanan disebut dengan pemasaran acara. Perusahaan dapat bertindak selaku penyelenggara, hadir dalam acara atau berpartisipasi sebagai sponsor acara. Ini bisa berupa pameran, acara olahraga, peluncuran produk, seminar hingga workshop yang berlangsung sehari atau beberapa hari.

Pemasaran acara dengan berbagai format juga bertujuan menghubungkan antara brand dengan audiensnya. Ini memungkinkan merek dan konsumen berinteraksi secara unik, tidak sama dengan bentuk pemasaran lainnya. Interaksi tersebut membantu orang untuk memahami lebih dalam tak hanya produk dan layanan tapi juga kepribadian merek.

Semua sektor bisnis mulai dari pendidikan, properti, teknologi, fashion, kerajinan, otomotif hingga ritel dapat menyelenggarakan event marketing sebagai bagian dari strategi mereka. Tidak hanya bermanfaat bagi penyelenggara sebagai tuan rumah dan sponsor tapi juga memperkaya kehidupan peserta. Banyak hal yang pemasaran acara tawarkan yang bersifat mengedukasi, menginspirasi sekaligus menghibur dalam waktu bersamaan.

Penting kamu ketahui, pemasaran acara memungkinkanmu untuk mengumpulkan informasi pribadi berkaitan dengan pelanggan dan prospek. Informasi ini jelas sangat berguna untuk mengidentifikasi secara akurat siapa sebenarnya orang yang tertarik dengan produk dan layananmu.

Baca Juga:
SPG Event dan SPG Reguler, Kenali Perbedaannya

Sebagian besar perencana acara memprioritaskan pemasaran berbasis data dan dipersonalisasi untuk acara mereka. Berbagai metode mampu mendukung ini termasuk registrasi peserta atau pengisian formulir untuk dapat mengikuti acara dan survei pelanggan.

Macam-macam Event Marketing

Konferensi

Konferensi berperan mengumpulkan individu dengan minat sama dari berbagai daerah atau negara. Peserta adalah para ahli, profesional, birokrat atau akademisi yang membahas suatu topik tertentu. Lewat konferensi, mereka juga berupaya menemukan ide-ide baru yang inovatif, membangkitkan motivasi, dan memecahkan permasalahan.

Beragam berita industri mendalam yang relevan dengan sektor bisnismu bisa diperoleh di konferensi. Kamu juga akan bertemu dengan orang-orang berpengaruh yang memimpin pasar. Ini adalah kesempatan bagus buatmu untuk memperkuat networking.

Pameran Dagang

Jika kamu ingin meningkatkan penjualan sekaligus memperluas pasar maka pameran dagang (trade show) ialah pilihannya. Pameran menampilkan berbagai perusahaan dan merek dalam suatu industri yang sama atau terkait dengannya.

Pameran The 22nd Jakarta International Handicraft Trade Fair INACRAFT 2022 jadwal event
INACRAFT 2022 di JCC | Foto: Highlight.ID

Biasanya, pameran berlangsung selama beberapa hari, memberikan kesempatan bagi siapa saja untuk datang. Di pameran, kamu akan melihat peserta yang menawarkan produk dan jasanya secara langsung. Ini akan memberimu pengetahuan tentang perkembangan industri saat ini.

Seminar

Seminar yang berlangsung sehari atau beberapa hari menghadirkan sejumlah ahli yang berfokus pada disiplin ilmu tertentu. Para pebisnis sering bertemu di seminar untuk mengembangkan pengetahuan mereka dan memperluas jejaring. Setiap topik yang dibahas di seminar umumnya disesuaikan dengan tren bisnis yang sedang berkembang.

Di tengah persaingan bisnis yang ketat, mudah bagimu untuk merasa stagnan. Seminar memberikan motivasi dan inspirasi baru karena kamu mendengarkan kisah-kisah sukses dari pembicara. Ingat pula bahwa motivasi itu bisa menular sehingga penting bagimu untuk segera mempraktikkan apa yang sudah kamu ketahui.

Di era internet, penyelenggaraan seminar makin mudah dan efisien di mana peserta bisa hadir secara online. Seminar online atau dikenal pula dengan webinar menggunakan berbagai platform seperti Zoom, Webex, dan Google Meet. Peserta bisa menghadiri webinar hanya dengan mengklik tautan yang dibagikan penyelenggara.

Peluncuran Produk

Seringkali, perusahaan mengeluarkan produk baru atau yang diperbarui untuk menandakan adanya inovasi. Untuk mencapai hasil yang diinginkan, peluncuran perlu memanfaatkan percobaan produk, acara istimewa, online landing page, influencers, dan siaran pers.

Pop-Up Store

Pop-up store bisa jadi pilihan untuk kamu yang ingin menciptakan urgensi, membuat orang-orang membeli secara spontan. Biasanya, pop-up store sering ditemui di pusat perbelanjaan seperti mall. Dengan waktu yang terbatas, pop-up store tak hanya menampilkan produk tapi juga memberikan harga khusus.

Ini merupakan cara unik untuk berinteraksi dengan konsumen karena pop-up store yang bersifat temporer biasanya mempunyai tema tertentu. Pop-store juga bisa memberi semacam kejutan karena konsumen tak bisa mempediksi kehadirannya.

Workshop

Pengalaman berharga yang dimiliki oleh profesional ialah mengikuti lokakarya (workshop). Kamu akan mendapatkan umpan balik yang berguna untuk meningkatkan keterampilan dan pengetahuan. Workshop memberi kesempatan kepada peserta untuk menemukan cara pandang baru terhadap suatu topik atau permasalahan.

Melalui workshop, peserta belajar sesuatu yang baru dari rekan-rekan yang lebih mahir dan berpengalaman. Mengingat lingkungan bisnis yang sangat kompetitif dan dinamis, workshop diperlukan bagi siapa saja yang ingin menjadi terdepan dalam persaingan.

Acara Penghargaan

Mereka baik individu atau organisasi yang telah berjuang keras dan merengkuh prestasi layak mendapatkan penghargaan. Ini diberikan terutama kepada mereka yang mempunyai kontribusi besar terhadap perusahaan dan lingkungan sekitar. Acara penghargaan dapat diselenggarakan oleh berbagai lembaga termasuk sekolah, kampus, perusahaan atau organisasi nirlaba.

Baca Juga:
Event Sponsorship: Tujuan, Ketentuan, & Jenis-jenisnya

Metode acara penghargaan bermacam-macam mulai dari voting terbuka oleh audiens hingga pemilihan oleh juri. Ini akan memberikan manfaat bagi banyak pihak tak hanya mereka yang mendapatkan penghargaan tapi juga ekosistem yang melingkupinya.

Talk Show

Program berupa perbincangan yang sering disiarkan di televisi maupun radio kita kenal dengan talk show. Ini termasuk wawancara antara pembawa acara (host) dengan tamu sebagai narasumber yang membahas satu topik tertentu. Dalam perkembangannya, istilah talk show tak hanya dipakai untuk program televisi dan radio.

Umumnya, talk show sifatnya lebih ringan dan nonformal dibandingkan seminar atau konferensi. Namun demikian, itu tidak mengurangi keseriusan dan bobot acara. Talk show juga merujuk pada setiap acara diskusi yang dilaksanakan online maupun offline.

Daya tarik acara ini sangat bergantung pada tamu dan topik yang dibahas. Platform yang dapat anda gunakan kini makin bervariasi dengan adanya media sosial seperti Instagram Live, YouTube, Spotify, dan sebagainya.

Festival

Festival merupakan acara yang bersifat rekreasi biasanya untuk memperingati hari istimewa. Ini bisa dijadikan pula sebagai ajang perayaan ulang tahun (anniversary) perusahaanmu.

Banyak hal yang bisa diikutsertakan dalam festival termasuk konser musik, bazaar, games, penggalangan dana, donasi, dan lainnya. Untuk menambah semarak festival, kamu bisa memberikan berbagai program promosi menarik seperti voucher atau diskon.

Acara Berhadiah

Media sosial memudahkan siapapun termasuk pebisnis untuk mengadakan acara berhadiah. Ini sangat ampuh untuk meningkatkan engagement audiens secara online karena ada hadiah yang diperebutkan. Acara berhadiah juga dapat memperbesar exposure di mana kemungkinan banyak orang tertarik mengikutinya.

Pengikut media sosialmu akan bertambah dengan mengadakan acara berhadiah. Format acara yang dapat  dipilih termasuk kompetisi/lomba atau kuis dengan hadiah menarik atau giveaway di mana ini juga akan menambah basis data pemasaran.