Home Lifestyle Entertainment 9 Jenis Aksesoris yang Harus Dimiliki Pengguna Laptop

9 Jenis Aksesoris yang Harus Dimiliki Pengguna Laptop

Jenis-jenis aksesoris laptop dan kegunaannya yang harus kamu miliki
Jenis-jenis aksesori laptop

Higlight.ID – Meskipun perangkat seperti smartphone dan tablet yang sifatnya mobile merajai pasaran, namun laptop tetap memiliki penggunanya tersendiri. Bagi sebagian orang, menggunakan laptop untuk mengerjakan pekerjaan dirasa lebih memuaskan. Karena selain layarnya lebih lebar, performa laptop tentu jauh lebih baik dibandingkan smartphone. Sehingga bukan hal yang aneh jika Anda sering menemukan orang yang lebih memilih menggunakan laptop bahkan ketika mereka bepergian.

Laptop banyak digunakan oleh pekerja kantoran untuk menyelesaikan berbagai macam pekerjaan. Selain itu, mahasiswa dan pelajar juga sering memakai laptop untuk keperluan tugas-tugas yang diberikan oleh dosen/guru. Mereka memakai laptop di rumah, kantor atau tempat-tempat publik seperti kafe atau kedai kopi. Di kafe atau kedai kopi, orang tak hanya dapat menyelesaikan pekerjaan dengan laptop tapi juga sekaligus menikmati suasana yang lain.



Laptop telah dilengkapi dengan berbagai fitur maupun teknologi yang canggih namun kita masih tetap memerlukan beberapa aksesoris pendukung. Aksesoris pendukung laptop dapat berfungsi untuk agar pekerjaan dan aktivitas menjadi lebih mudah.

Macam-macam Aksesoris Laptop untuk Mendukung Aktivitasmu

1. Mouse

Jenis-jenis aksesoris laptop dan kegunaannya yang harus kamu miliki
Jenis-jenis aksesori laptop

Laptop telah dilengkapi dengan touchpad untuk menggerakkan kursor, menyeleksi objek/teks atau memilih dokumen atau folders. Namun demikian, seringkali mouse komputer masih tetap diperlukan agar pekerjaan bisa dilakukan lebih cepat. Mouse komputer itu sendiri merupakan alat penunjuk genggam yang diguanakan untuk menempatkan kursor pada layar komputer.

Baca juga:

Untuk komputer desktop, mouse diletakkan pada permukaan yang rata seperti alas mouse atau meja. Mouse komputer memiliki berbagai fungsi seperti menggeser pointer mouse di layar, membuka dan menjalankan program setelah Anda memindahkan pointer ke ikon, folder atau mengklik objek lain. Selain itu, mouse juga meungkinkan Anda untuk memilih teks atau file. Mouse juga dapat menjalankan metode drag-and-drop, hover untuk memeriksa informasi tambahan, dan scroll untuk melihat halaman web yang panjang.

2. USB Flash Drive

Jenis-jenis aksesoris laptop dan kegunaannya yang harus kamu miliki
Jenis-jenis aksesori laptop

Setiap laptop memiliki hard drives dengan kapasitas penyimpanan tertentu. Namun pada waktu-waktu tertentu, Anda membutuhkan USB flash drives untuk mentransfer data dari satu perangkat ke perangkat lainnya.USB flash drives yang disebut juga dengan pen drives, thumb drive atau jump driver merupakan perangkat penyimpanan yang kecil dan sangat portabel. Tidak seperti sebuah optical drive atau traditional har drive, USB flash drive tidak memiliki bagian yang bergerak.

Flash drive terhubung ke komputer dan perangkat lain lewat sebuah buil-tin USB Type-A plug menjadikan flash drive semacam kombinasi perangkat USB dan kabel. Untk menggunakan flash drive, cukup masukkan drive ke port USB di komputer. Ketika flash drive telah dihubungkan ke komputer, maka akan konten drive akan muncul di layar. Flash drive dapat ditulis dan ditulis ulang hingga jumlah yang hampir tidak terbatas, seperti halnya hard drive.

3. Headphones

Jenis-jenis aksesoris laptop dan kegunaannya yang harus kamu miliki
Jenis-jenis aksesori laptop

Mendengarkan musik,film atau video adalah hak Anda sepenuhnya. Meski demikian, hal itu tidak berarti orang lain juga ingin mendengarkan suara seperti musik atau film yang Anda putar. Untuk itulah, Anda perlu memiliki headphones atau earphones yang memungkinkan kamu mendengarkan musik/film yang Anda sukai secara pribadi tanpa harus mengganggu orang lain.


Alat plug-and-play ini tidak memerlukan instalasi sebelum penggunaan. Secara umum, headphones terdiri dari satu speaker untuk setiap kuping yang dihubungkan dengan sebuah band di atas kepala. Headphones modern juga tersedia dalam format yang lebih kecil yang dimasukkan ke dalam kuping dan biasa disebut earbuds/earphones. Headphones zaman sekarang dapat berupa nirkabel atau kabel.

4. Pengisi Daya Portabel

Jenis-jenis aksesoris laptop dan kegunaannya yang harus kamu miliki
Jenis-jenis aksesori laptop

Salah satu alasan Anda memakai laptop yakni agar bisa memakainya ketika bepergian. Namun, kendala utama yang sering dihadapi pengguna laptop yaitu daya baterai yang berkurang seiring pemakaian. Anda bisa membawa kabel pengisi daya agar laptop terus menyala. Namun kendala ketika Anda ingin memakai kabel yaitu colokan yang tidak selalu tersedia.

Untungnya, ada portable laptop battery charger yang telah tersedia di pasar. Keandalan portable laptop battery charger dapat dilihat dari seberapa besar kapasitasnya. Ada beberapa faktor yang harus Anda pertimbangkan ketika hendak membeli portable laptop battery charger. Kapasitas portable laptop battery charger adalah hal pertama yang dipertimbangkan dengan melihat satuan mAh. Lalu pastikan bahwa baterai yang Anda beli memiliki output yang sama atau lebih tinggi dari watt pengisi daya laptop biasa. Terakhir perhatikan jenis input yang didukung pengisi daya seperti stopkontak standar, port USB-C atau lainnya.

5. Cooling Pad

Jenis-jenis aksesoris laptop dan kegunaannya yang harus kamu miliki
Jenis-jenis aksesori laptop

Kipas pendingin laptop mampu mengurangi suhu pengoperasian yang membatasi paparan panas ke hardware. Dengan demikian, perangkat tersebut menjadi lebih nyaman untuk digunakan. Paparan panas yang terlalu lama dan komponen yang terlalu panas dapat merusak komponen komputer dari waktu ke waktu. Sementara, panas yang berlebihan dapat merusak sistem.

External cooling pads yang dilengkapi dengan kipas dapat membantu menjaga suhu laptop turun. Alat ini menggunakan kipas untuk meniupkan udara yang lebih dingin ke laptop atau menjauhkan udara yang hangat dari laptop untuk menurunkan suhu sekitar.

6. External Hard Drive

Jenis-jenis aksesoris laptop dan kegunaannya yang harus kamu miliki
Jenis-jenis aksesori laptop

External hard drive erupakan perangkat penyimpanan yang terletak di luar komputer yang terhubung melalui kabel USB atau koneksi nirkabel. Biasanya, external hard drive berguna untuk menyimpan media, untuk cadangan, dan ketika drive internal komputer sudah pada kapasitas memori penuh. Perangkat ini mempunyai kapasitas penyimpanan yang lebih tinggi dibandingkan flash drive. Kebanyakan, external hard drive dipakai untuk membuat cadangan banyak file komputer dan sebagai drive jaringan untuk menyimpan konten bersama.


Sebagian besar pengguna memakai perangkat ini untuk mengolah data yang memerlukan disk space yang tinggi seperti video atau audio editing. Salah satu keuntungan external drive ini yaitu kemampuannya untuk dihubungkan dan diakses secara bersamaan. Karena sifatnya yang portabel dan ringan, external drive dapat disimpan dan dibawa dengan mudah. External drive ada juga yang telah dilengkapi dengan fitur keamanan seperti pengenalan sidik jari untuk mencegah orang lain mengakses data yang disimpan. External drive dengan kapasitas terbesar di dunia yakni sebesar 16TB yang diproduksi oleh Samsung.

7. Dudukan Laptop

Jenis-jenis aksesoris laptop dan kegunaannya yang harus kamu miliki
Jenis-jenis aksesori laptop

Dudukan laptop berfungsi untuk menempatkan laptop yang bisa diangkat dari atas meja atau permukaan lainnya. Ini memperudah penggunaan laptop karena layarnya lebih dekat dengan ketinggian mata. Selain itu, keyboard berada pada sudut, bukan mendatar, yang lebih ergonomis dan mengurangi tekanan pada pergelangan tangan Anda.

Manfaat lain yang Anda dapat dengan dudukan laptop yakni adanya peningkatan aliran udara. Ketika laptop berada pada dudukan laptop, aliran udara meningkat karea laptop posisinya berada di atas menja. Dudukan laptop yang bisa disesuaikan ada pula yang dilengkapi dengan kipas pendingin dan perangkat USB port serta mouse pad.

8. Cleaning Kit

Jenis-jenis aksesoris laptop dan kegunaannya yang harus kamu miliki
Jenis-jenis aksesori laptop

Membersihkan laptop dapat membantu memperpanjang umurnya. Keyboard adalah tempat berkembangbiaknya kuman jadi penting bagi Anda untuk membersihkannya secara rutin. Selain keyobad, bersihkan juga layar laptop sehingga lebih nyaman untuk dipakai. Ketika membersihkan laptop, pastikan bahwa laptop dalam kondisi mati. Setelah itu, buka laptop dan balikkan serta ketuk dengan lembut untuk menghilangkan remah-remah.

Baca juga:

Kemudian, semprotkan udara kalengan pada keyboard dan bersihkan dengan sikat kecil. Basahi kapas dengan alkohol gosok dan usap berulang-ulang di antara tombol keyboard. Sementara untuk membersihkan layar LCD laptop, semprotkan udara kalengan untuk menghilangkan debu permukaan. Lalu buat larutan cuka putih dan air suling. Semprotkan larutan tersebut pada lap lembut dan usap layar dengan perlahan.

9. Tas Laptop

Jenis-jenis aksesoris laptop dan kegunaannya yang harus kamu miliki
Jenis-jenis aksesori laptop

Mudah dibawa, laptop sering dibawa bepergian dari satu tempat ke tempat lain. Misalnya, laptop dibawa dari rumah ke kantor atau sekolah. Selain itu, Anda mungkin juga banyak menghabiskan waktu di kedai kopi untuk mengerjakan sesuatu dengan laptop. Untuk itu, Anda memerlukan tas laptop sebagai tempat penyimpanan yang mudah dibawa ke mana saja. Saat ini, model-model tas terbaru seperti tas ransel sudah menyertakan kompartemen khusus untuk meletakkan laptop.

Dengan demikian, tas ransel juga dapat berfungsi pula sebagai tas laptop yang terlihat fashionable. Selain itu, ada pula tas khusus yang memang didesain untuk laptop. Umumnya, tas model sekarang dilengkapi dengan banyak kompartemen untuk menyimpan berbagai macam gadget atau aksesori. Dengan tas laptop, laptop Anda akan lebih aman dari goncangan maupun gesekan.