Home Lifestyle Jangan Lupa! Gadget yang Wajib Dibawa Saat Kamu Traveling

Jangan Lupa! Gadget yang Wajib Dibawa Saat Kamu Traveling

jenis alat perlengkapan gadget saat untuk traveling bepergian wisata traveler backpacker wajib harus dibawa fungsi manfaat
Gambar: unsplash.com

Highlight.id – Traveling tanpa bawa gadget? Mimpi buruk! Zaman sekarang, belum sah rasanya kalau tidak mengabadikan setiap momen dengan gadget, kalau bisa sih yang paling canggih. Belum lagi koneksi internet juga penting untuk berbagi momen dengan orang-orang yang terhubung di platform media sosial.

Namun saat akan traveling, biasanya hal yang satu ini kerap luput diperhitungkan: gadget apa saja yang wajib dibawa saat traveling. Yah wajar saja, mungkin saking antusias dengan itinerary sekaligus lelah setelah packing, justru alat-alat yang bisa mengabadikan momen justru terlewatkan!




So, ada baiknya kamu simak dulu artikel dari kami yang berisi gadget apa saja yang termasuk perlengkapan traveling paling penting dan jangan sampai ketinggalan! Pastikan semua sudah ter-checklist sebelum kamu berangkat berlibur ya!

Jenis-jenis Gadget Untuk Traveling

Ponsel

Gadget yang satu ini, tanpa harus berlibur pun, memang wajib dibawa! Apalagi di era digital seperti saat ini, semua keperluan bisa tersimpan di ponsel dan diakses dengan mudah. Bahkan keluar rumah sejenak pun rasanya hampa jika tidak bawa ponsel! Atau bahkan, saat “bertapa” di kamar mandi pun terbiasa membawa ponsel. Siapa yang begini, hayo ngaku?

Apalagi ketika traveling meninggalkan rumah selama beberapa hari. Tidak membawa ponsel bisa berarti banyak hal, bukan hanya mati gaya. Kamu tidak bisa menghubungi orang lain untuk memberi kabar, mengakses maps, browsing hal penting terkait traveling, bisa-bisa bikin tersesat!

Jadi merunut dari gadget paling penting untuk dibawa saat traveling, ponsel ada di urutan pertama. Apalagi dengan ponsel, menyimpan e-ticket pun jadi lebih simple, kan? Itu sebabnya kadang ada orang yang membawa lebih dari satu ponsel untuk cadangan jika salah satu rusak atau mati.

Baca juga:

Charger

Apa artinya ponsel tanpa daya? Maka charger ponsel ada di urutan kedua perlengkapan traveling yang paling penting! Charger hape wajib ada dalam tas kamu saat traveling, untuk mengisi daya saat sewaktu-waktu ponsel kamu mati. Apalagi saat berada di perjalanan dengan sinyal tak menentu, ponsel akan lebih cepat kehabisan daya.

Belum lagi kalau ponsel kamu sibuk mengambil foto dan mengakses internet, pasti indikator baterai yang semula hijau bisa tanpa terasa menjadi merah! Ingat juga ya, jika melancong ke luar negeri, port untuk mengisi daya biasanya berbeda dengan di Indonesia. Untuk itu kamu perlu bawa universal adaptor agar tetap bisa menggunakan charger hape.

Power Bank

Belum tentu saat berlibur kamu bisa dengan leluasa mencari port untuk mengisi daya? Yup, kami setuju. Dengan mobilitas tinggi saat memenuhi target itinerary setiap harinya, rasanya mencari waktu untuk duduk diam mengisi daya ponsel bukan pilihan yang menarik.


Itu sebabnya tak kalah penting untuk membawa power bank andalan kamu saat melancong. Tapi jangan sembrono ya, pastikan power bank kamu terisi penuh sehingga siap menjadi amunisi pengisi daya! Apa gunanya power bank yang cukup bulky jika tidak ada daya di dalamnya?

Kini sudah banyak power bank yang dijual dengan kapasitas berbeda-beda. Pilihlah power bank dengan kapasitas setidaknya tiga kali lipat dari baterai ponsel kamu. Contoh saja nih, jika hape kamu punya kapasitas baterai 3000 mAh, maka setidaknya kamu perlu bawa power bank berkapasitas 10000 mAh.

Kamera

Nah, gadget yang satu ini tidak kalah penting jadi salah satu perlengkapan traveling wajib dibawa! Kamera, senjata andalan untuk mengabadikan momen saat sedang berkunjung ke tempat baru. Apalagi jika tempat yang kamu kunjungi menyimpan memori spesial atau baru pertama kali kamu datangi, tentu tak ingin menyia-nyiakan kesempatan untuk mengabadikan momen, dong?

Dengan kamera pula kamu bisa puas memotret pemandangan dan suasana kehidupan di tempat kamu berlibur. Belum lagi hasrat untuk berfoto sepuasnya tentu ada, kan? Mulai dari OOTD, selfie, foto di depan landscape yang kamu capai dengan susah payah, dan banyak lagi!

jenis alat perlengkapan gadget saat untuk traveling bepergian wisata traveler backpacker wajib harus dibawa fungsi manfaat
Gambar: unsplash.com

Memang apa bedanya mengabadikan momen dengan ponsel, kenapa harus repot-repot membawa kamera? Kembali lagi ke fungsi ponsel yang bukan semata-mata untuk memotret gambar. Baterai ponsel kamu akan drained jika terus-terusan dipakai untuk berfoto ria. Sementara kamera, punya daya tahan baterai yang lebih lama tergantung dari bagaimana kamu menggunakannya.

Kamera juga bisa mendapatkan kualitas foto yang jauh lebih baik dibandingkan dengan ponsel. Pilih kamera yang sesuai dengan keperluan kamu. Jika kamu ingin membuat vlog, bisa pertimbangkan kamera DSLR. Namun jika dirasa terlalu bulky, kamera mirrorless dan pocket zaman sekarang juga tidak kalah canggih, kok!

Portable WiFi

Tidak semua destinasi liburan kamu menyediakan koneksi internet semudah saat kamu berada di rumah. Jangan sepelekan hal ini, karena tanpa sinyal internet, artinya kamu tidak bisa mengakses apapun! Mulai dari menghubungi teman, melihat peta, browsing, hingga eksis di media sosial. Oh no!

Tapi jangan khawatir, sekarang sudah banyak portable WiFi yang bisa disewa dengan durasi sesuai dengan berapa lama kamu berlibur. Biasanya harga yang ditetapkan adalah harga per hari. Beberapa provider jasa penyewaan portable WiFi pun menyediakan jasa layanan antar jemput secara cuma-cuma! Praktis sekali, ya?

Perlengkapan traveling yang satu ini akan sangat bermanfaat terutama bagi kamu yang berkunjung ke luar negeri. Tanpa harus repot-repot membeli kartu SIM lokal yang cukup mahal, kamu bisa mengandalkan portable WiFi untuk kembali terhubung dengan dunia. Istimewanya lagi, biasanya gadget yang satu ini bisa terkoneksi hingga 5 gadget sekaligus. Kamu dan rombongan traveling bisa sama-sama menggunakan dan membayar patungan.


Tablet atau Kindle

Jika kamu adalah seorang bookworm, maka gadget yang satu ini juga jangan sampai ketinggalan saat sedang traveling! Bukan hanya Julia Roberts saja dong yang ingin menghabiskan liburan damai dengan membaca buku? Tidak sedikit orang yang ingin menyendiri di tempat yang indah, sembari membaca tulisan penulis favorit mereka. Cukup bawa buku saja, dong? Kadang buku terlalu berat dan makan tempat. Belum lagi jika buku yang ingin ditamatkan ada lebih dari satu.

Maka tablet atau kindle adalah jawabannya. Dengan dua gadget ini, kamu bisa mengakses bacaan favorit kamu kapanpun dan di manapun. Bagi yang tidak ingin terdistraksi dengan notifikasi email dan semacamnya, maka kami rekomendasikan fokus pada kindle karena daya tahan baterainya juara dan telah lama jadi andalan para pecinta buku.

Charging Station

Bagaimana kamu biasa menyebutnya, stop kontak? Kabel roll? Power strip? Apapun itu, charging station adalah salah satu perlengkapan gadget yang tidak boleh ketinggalan saat berlibur. Dengan penuhnya itinerary yang ingin kamu checklist dalam sehari, kadang kamu harus pergi di pagi buta dan baru sampai ke penginapan di malam hari, bukan?

Di waktu yang sesingkat itu, tentu yang kamu inginkan adalah istirahat sebelum besok kembali menjelajah. Agar lebih praktis, isi daya gadget-gadget kamu sekaligus dengan charging station. Jika kamu berlibur bersama teman atau keluarga pun alat ini akan jauh lebih berguna.

Sudahkah perlengkapan di atas masuk dalam koper atau backpack kamu? Ayo cek kembali supaya perjalanan kamu tidak terganggu dengan hal-hal teknis. Atau jangan-jangan, masih ada gadget yang belum tercantum dari daftar di atas? Kasih tahu kami di kolom komentar, ya! Happy traveling!



Artikel Menarik:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here