Home Arts 9 Macam Bedak dan Kegunaannya yang Bisa Kamu Pilih Sesuai Jenis Kulit

9 Macam Bedak dan Kegunaannya yang Bisa Kamu Pilih Sesuai Jenis Kulit

Jenis macam bedak powder produk makeup kosmetik kecantikan beserta fungsi manfaat kegunaan
Jenis-jenis bedak | Foto: luxurylifestylemag.co.uk

Highlight.ID – Bagi kalian pecinta dunia kecantikan, pasti memiliki yang namanya bedak di meja rias kalian tentunya bukan? Selama ini, banyak yang mengira bedak hanya memiliki dua jenis saja. Bedak tabur (loose powder) dan bedak padat (compact powder). Namun nyatanya ternyata tidak sesederhana itu.

Di seluruh dunia, ada berbagai macam jenis bedak dengan fungsi yang berbeda-beda. Sebelum kalian memutuskan untuk membeli bedak yang cocok dengan kebutuhan, ada baiknya kalian kenali dulu beberapa jenis bedak beserta fungsinya masing-masing. Yuk, tanpa harus basa-basi lebih lama lagi, berikut adalah jenis bedak yang wajib kalian ketahui.



Jenis-jenis Bedak dan Fungsinya untuk Riasan Wajah yang Maksimal

1. Compact Powder (Bedak Padat)

Jenis macam bedak powder produk makeup kosmetik kecantikan beserta fungsi manfaat kegunaan
Jenis-jenis bedak | Foto: ilotte.com

Jenis bedak yang paling digemari saat ini adalah compact powder atau bedak padat. Seperti namanya, bentuknya padat dan mudah dibawa kemana-mana. Berbeda dengan loose powder, bedak padat sangat praktis digunakan oleh orang-orang yang memiliki jam terbang tinggi tanpa harus takut jika tumpah atau berceceran. Sifatnya yang lebih tahan lama dibanding loose powder juga menjadi salah satu bahan pertimbangan untuk dibeli.

Bedak padat meski sangat praktis digunakan dan merupakan bedak yang cukup populer di kalangan wanita terutama. Namun demikian, tidak semua jenis kulit dapat menggunakan bedak padat. Jika kalian memiliki jenis kulit berminyak, ada baiknya tidak menggunakan bedak padat, ya ladies. Karena, penggunaan bedak padat bisa menjadikan wajah tampak seperti menggunakan topeng. Untuk kamu ketahui, bedak padat sangat baik digunakan untuk kulit yang kering.

Baca juga:

2. Loose Powder (Bedak Tabur)

Jenis macam bedak powder produk makeup kosmetik kecantikan beserta fungsi manfaat kegunaan
Jenis-jenis bedak | Foto: bareminerals.com

Selain bedak padat, ada bedak tabur yang menjadi salah satu favorit yang banyak digunakan cewek. Formulasinya yang lebih ringan dibanding bedak padat menjadi salah satu alasan wanita sangat menyukai bedak tabur. Sayangnya, sifat bedak tabur yang lebih mudah tumpah, dianggap tidak praktis oleh para wanita.

Untuk penggunaan bedak tabur, ada baiknya kalian menggunakan sponge basah atau kuas, ya ladies. Sama dengan bedak padat, penggunaan yang berlebih bisa membuat wajah kalian terlihat seperti menggunakan topeng. Oh ya, bedak tabur bisa digunakan untuk segala jenis kulit, lho. Kalau kalian bingung memilih jenis bedak yang cocok, bedak tabur bisa menjadi andalan.

3. Bedak Two Way Cake

Jenis macam bedak powder produk makeup kosmetik kecantikan beserta fungsi manfaat kegunaan
Jenis-jenis bedak | Foto: sociolla.com

Nah untuk para pecinta kepraktisan, kalian bisa mencoba bedak two way cake atau beberapa orang sering memanggilnya foundation powder. Seperti namanya, bedak two way cake sudah memiliki kandungan foundation dan bedak sekaligus. Jadi, kalian tidak perlu lagi membawa foundation atau alas bedak lainnya saat berpergian atau sebelum menggunakan bedak. Kalau kalian mempunyai keterampilan lebih dalam hal merias wajah, dan suka berpergian, maka akan sangat praktis apabila membawa bedak ini. Sehingga, kamu nggak perlu lagi repot-repot membawa alas bedak lainnya lagi.


Bedak two way cake memiliki formulasi yang lebih berat dibanding dengan jenis bedak lainnya. Karena itu, jika kalian memiliki kulit yang berminyak atau bahkan kalian memiliki kulit yang sensitif, alangkah baiknya tidak menggunakan bedak jenis ini. Bedak ini sangat cocok digunakan untuk kalian yang memiliki kulit kering. Dan satu lagi, ada baiknya kalian tidak menggunakan bedak jenis ini untuk sehari-hari karena akan menyumbat pori-pori wajah dan dapat mengakibatkan kulit berjerawat.

4. Translucent Powder

Jenis macam bedak powder produk makeup kosmetik kecantikan beserta fungsi manfaat kegunaan
Jenis-jenis bedak | Foto: makeupalley.com

Bagi kalian pecinta dunia kecantikan khususnya untuk makeup, pasti tahu bedak jenis ini. Sekilas bentuknya sama dengan bedak tabur. Tapi jika dilihat lebih dekat dan lebih detail, translucent powder memiliki perbedaan dengan bedak tabur. Kegunaannya juga berbeda. Translucent powder lebih sering digunakan untuk setting powder atau untuk mengunci foundation dan concealer tetap pada tempatnya agar lebih tahan lama.

Karena kegunaannya untuk membuat makeup lebih tahan lama, translucent powder tidak memiliki warna alias transparent. Hasil yang didapat juga lebih matte. Formulasinya yang ringan dapat digunakan untuk segala jenis tipe kulit. Kalian juga bisa menggunakan translucent powder lagi lho, jika kalian merasa makeup kalian mulai tidak karuan.

5. Mineral Powder (Bedak Mineral)

Jenis macam bedak powder produk makeup kosmetik kecantikan beserta fungsi manfaat kegunaan
Jenis-jenis bedak | Foto: tokopedia.com

Mungkin kalian sering menjumpai mineral powder dalam bentuk padat dan tabur. Tapi kandungan yang ada di dalam mineral powder agak berbeda dengan bedak padat dan bedak tabur. Seperti namanya, mineral powder memiliki kandungan mineral seperti zinc oksida atau titanium oksida yang cukup tinggi dibandingkan dengan jenis powder lainnya. Bedak ini memiliki formulasi yang lebih ringan pula.


Zinc oksida atau titanium oksida, adalah jenis mineral yang sangat ringan, jika digunakan sangat baik untum\k menyamarkan pori-pori wajah tanpa harus membuatnya kesulitan untuk bernapas. Oleh karena itu, bedak jenis ini sangat baik digunakan untuk segala jenis kulit. Termasuk kulit yang sensitif juga lho, ladies. Berniat mencobanya?

6. Liquid Powder (Bedak Cair)

Jenis macam bedak powder produk makeup kosmetik kecantikan beserta fungsi manfaat kegunaan
Jenis-jenis bedak | Foto: makeupalley.com

Kalau dilihat secara sekilas tanpa membaca, mungkin kalian akan mengira ini adalah foundation, BB/CC cream atau jenis alas dasar makeup lainnya karena bentuknya yang cair. Tapi jika dilihat dengan seksama, kalian pasti akan melihat perbedaannya. Sama dengan bedak two way cake, bedak cair bisa dikatakan sangat praktis dibawa kemana-mana tanpa harus membawa alat makeup yang banyak.

Bedak cair memiliki formulasi lebih ringan dibanding bedak two way cake. Dan, sangat bagus digunakan bagi kalian yang memiliki kulit yang kering. Tidak disarankan untuk menggunakan bedak jenis ini jika kalian memiliki kulit yang berminyak. Pengaplikasikannya cukup mudah. Kalian cukup mengaplikasikan liquid powder dengan jari kalian tipis-tipis untuk mendapatkan hasil yang sempurna tanpa harus takut untuk terlihat belang.

7. Finishing Powder

Jenis macam bedak powder produk makeup kosmetik kecantikan beserta fungsi manfaat kegunaan
Jenis-jenis bedak | Foto: target.com

Sepeti namanya, finishing powder digunakan setelah selesai menggunakan makeup. Bisa dikatakan, kegunaannya sama dengan translucent powder, yakni digunakan untuk setting powder. Penggunaan finishing powder digunakan agar mendapatkan hasil makeup yang lebih rata dan wajah tampak lebih halus.

Baca juga:

Biasanya, finishing powder digunakan dengan menggunakan kuas besar dan disapukan secara merata pada bagian wajah dan leher. Alangkah baiknya kalian tidak menggunakan finisihing powder setiap hari, ya ladies. Karena formulasinya yang cukup berat bisa menutup pori-pori dan menimbulkan jerawat atau permasalahan kulit lainnya.

8. Shimmering Powder

Jenis macam bedak powder produk makeup kosmetik kecantikan beserta fungsi manfaat kegunaan
Jenis-jenis bedak | Foto: blibli.com

Yup! Shimmering powder tentunya mengandung glitter untuk mendapatkan hasil riasan wajah yang agak bercahaya. Bedak jenis ini sangat cocok untuk digunakan jika kalian mendaptkan undangan untuk acara-acara glamour yang mengharuskan kalian untuk tampil berkilau. Ada baiknya, kalian tidak menggunakan shimmering powder setiap hari jika kalian tidak mau dianggap berias secara berlebihan.

Kebanyakan, yang memakai shimmering powder adalah artis-artis yang memang megharuskan dirinya untuk tampil maksimal di atas panggung. Orang tidak hanya mengaplikasikan shimmering powder di seluruh wajah dan leher, melainkan juga di seluruh badan untuk efek yang lebih maksimal.

9. Meteorite Powder

Jenis macam bedak powder produk makeup kosmetik kecantikan beserta fungsi manfaat kegunaan
Jenis-jenis bedak | Foto: temtalia.com

Jenis bedak ini mungkin tidak terlalu populer di kalangan para wanita. Bentuknya lucu, bulat seperti meteor. Sayangnya, bisa dikatakan, meteorite powder tidak terlalu praktis untuk digunakan dan dibawa kemana-mana.

Biasanya, meteorite powder tidak memiliki warna atau transparent, hanya saja mengandung sedikit glitter. Beberapa meteorite powder saat ini juga memiliki warna peach atau pink untuk menambah kesan wajah lebih hidup dan berseri-seri. Kebanyakan yang menggunakan bedak jenis ini adalah para makeup artist sebagai setting powder.

Nah itulah beberapa jenis bedak yang harus kalian ketahui. Kira-kira kalian butuh jenis bedak yang mana nih?