Home Business Kursus Keterampilan Ini Bisa Bikin Kamu Dapat Duit, Tertarik?

Kursus Keterampilan Ini Bisa Bikin Kamu Dapat Duit, Tertarik?

jenis macam kursus tempat pelatihan training belajar lpk lembaga kampus politeknik akademi universitas skill keterampilan pengetahuan cari pekerjaan profesi
unsplash.com

Highlight.ID – Dunia kerja membutuhkan orang-orang yang memiliki keterampilan khusus. Oleh karena itu, memiliki gelar ijazah baik itu sarjana atau diploma saja tidaklah cukup. Berbagai macam keterampilan bisa dipilih sesuai minat dan kebutuhan, misalnya bahasa asing, komputer, desain, kecantikan, dan lainnya. Selain untuk mencari pekerjaan, keterampilan yang dimiliki juga bisa dimanfaatkan untuk merintis dan menjalankan bisnis.

Untuk mendapatkan keterampilan, salah satu cara yang bisa dilakukan yaitu dengan mengikuti kursus. Tempat-tempat kursus menawakan program-program yang memiliki tingkatan keahlian tertentu, mulai dari pemula, menengah hingga lanjutan. Harga setiap program yang ditawarkan pun bervariasi tergantung reputasi tempat kursus tempat kamu belajar. So, check it out, guys.




Jenis-jenis Kursus yang Bisa Menghasilkan Uang

Kursus Komputer

Komputer adalah perangkat multifungsi yang sering dipakai untuk berbagai tujuan, baik itu menyelesaikan pekerjaan di kantor atau mengerjakan tugas kuliah/sekolah. Di bangku sekolah, umumnya siswa sudah diajarkan bagaimana menggunakan komputer dengan benar. Untuk orang awam, yang dipelajari adalah software yang banyak digunakan seperti Microsoft Office seperti Microsoft Word untuk membuat dokumen.

Selain itu, ada pula Microsoft Excel untuk menyusun tabulasi dan Microsoft Power Point untuk merancang presentasi. Bagi kamu yang gemar mendesain, program aplikasi desain grafis seperti Adobe Photoshop, Corel Draw, Adobe Illustrator tentu menarik untuk dipelajri. Pilihan program kursus komputer lain yaitu web design, programming, database, dan banyak lagi.

Baca juga:

Kursus Bahasa Asing

Kemampuan bahasa asing di era globalisasi adalah suatu keharusan, apalagi buat kamu yang menempuh pendidikan tinggi. Bahasa Inggris adalah bahasa internasional utama yang mesti dikuasai. Manfaat penguasaan bahasa asing yaitu sebagai bekal untuk mencari pekerjaan atau menunjang proses kuliah agar bisa mengerti berbagai macam literatur.

Selain bahasa Inggris, ada bahasa Korea, bahasa Jepang, bahasa Perancis, dan lainnya yang bisa dipilih sesuai kebutuhan. Materi yang kamu pelajari di tempat kursus bahasa asing yaitu mulai dari kosakata, grammar, menulis, listening hingga conversation. Pemilihan materi bisa juga dipilih berdasarkan tujuan misalnya untuk mencari pekerjaan, kuliah/sekolah atau bisnis.

Kursus Masak

Kuliner adalah bidang yang tak pernah ada matinya. Oleh karena itu, bidang ini memiliki prospek yang sangat cerah dan bisa mendatangkan keuntungan besar. Namun demikian, bidang kuliner juga memiliki pesaing yang amat banyak. Oleh karena itu, kamu harus bisa menawarkan konsep kuliner yang unik dan menarik bagi orang.


Materi yang didapatkan di tempat kursus koki (chef) profesional yaitu mendalami teknik memasak jenis makanan tertentu, misalnya masakan Jepang. Selain itu, ada teknik memasak pastry dan bakery, barista hingga dekorasi cake.

Kursus Kecantikan

Dunia kecantikan biasanya disukai oleh para wanita, namun ada juga pria yang tertarik menekuninya. Bidang kecantikan sangat luas yang meliputi kecantikan rambut dan tata rias wajah. Saat ini, banyak profesi di dunia kecantikan yang semakin diminati seperti hairstylist, hairdresser, dan makeup artist (MUA).

Materi kursus tata rias rambut misalnya teknik pemotongan rambut, penguasaan alat-alat salon, menerapkan berbagai macam model/gaya rambut, teknik blow, shampoo, perming, straightening hingga pengetahuan tentang jenis-jenis rambut. Sedangkan materi tata rias wajah meliputi pengenalan jenis-jenis alat makeup termasuk cara penggunaannya dan mempraktikkan berbagai macam model makeup. Selain itu, pengetahuan tentang berbagai jenis kulit juga sangat diperlukan.

Kursus Desain

Suka menggambar? Desain adalah bidang yang cocok ditekuni oleh orang-orang yang menyukai kreativitas. Kreativitas itu sendiri adalah sesuatu yang belum tentu dimiliki oleh setiap seseorang. Oleh karena itulah, orang yang memiliki skill dalam bidang desain banyak dibutuhkan tenaganya. Macam-macam desain misalnya desain grafis, desain fashion, desain interior, desain kerajinan, dan lainnya.

Kita ambil contoh misalnya fashion design. Untuk bisa mendesain baju atau pola, kamu juga harus mempelajari teori warna, pengetahuan bahan tekstil, teknik menjahit hingga teknik menggambar sketsa anatomi tubuh dan bagian-bagian busana. Selain itu, kamu juga mempelajari bagaimana menentukan harga yang sesuai dengan pasar.

jenis macam kursus tempat pelatihan training belajar lpk lembaga kampus politeknik akademi universitas skill keterampilan pengetahuan cari pekerjaan profesi
unsplash.com

Kursus Fotografi

Hobi jeprat jepret dengan kamera ternyata bisa menghasilkan duit jika ditekuni secara serius. Banyak hal yang bisa kamu pelajari dari fotografi, misalnya foto produk, foto portrait, foto model, foto wedding, hingga foto arsitektur. Semakin banyak kamu berlatih maka kemampuan kamu dalam mengambil gambar lewat kamera juga tambah bagus.

Materi dasar yang kamu dapatkan di tempat kursus fotografi di antaranya yaitu pengenalan kamera, lighting, exposure, lensa, dan lainnya. Praktik fotografi bisa dilakukan baik di dalam maupun luar ruangan. Selain itu, ada pula sesi hunting foto di spot-spot tertentu untuk melatih skill.

Kursus Teknisi

Perkembangan teknologi informasi seperti komputer, internet, serta handphone memunculkan peluang bisnis dan kerja baru. Bidang teknik ini sangat cocok buat kamu yang gemar mengutak atik, memperbaiki atau merakit sesuatu. Kamu pun bisa memilih bidang yang lebih spesifik, mempelajari software atau hardware. Atau bahkan keduanya.


Pelatihan kursus teknisi handphone atau komputer mengajarkan bagaimana proses kerja perangkat lunak atau keras, mempelajari berbagai jenis perangkat dan kegunaannya, menjalankan instalasi serta mengatasi permasalahan yang sering terjadi (troubleshooter). Selain praktik yang dibimbing oleh instruktur yang berpengalaman, kamu biasanya juga diberikan semacam buku manual untuk dipelajari sendiri.

Kursus Musik

Keterampilan dalam memainkan alat musik dapat mendatangkan keuntungan. Dengan bermain alat musik, kamu bisa menjadi musisi atau penyanyi yang mampu membuat lagu-lagu. Jika lagunya dilirik oleh produser, maka kamu bisa masuk dapur rekaman untuk memproduksi album.

Tempat-tempat kursus yang ada sekarang menawarkan beragam pilihan program untuk mempelahari alat-alat musik seperti piano, gitar, drum, biola, keyboard, dan lainnya. Siswa pun bisa memilih apakah mengambil kelas privat atau kelompok.

Kursus Modeling

Dunia modeling banyak diminati karena menawarkan peluang karier yang luas. Tak hanya memeragakan koleksi fashion terbaru di runway, model juga dibutuhkan untuk promosi produk lewat iklan komersial. Seorang model juga memiliki kesempatan tampil di majalah-majalah populer, video klip, televisi hingga layar lebar. Tak jarang, artis-artis terkenal pun memulai kariernya dari model.

Baca juga:

Selain di tempat-tempat kursus modeling, materi dan pelatihan modeling bisa juga didapatkan di agensi model. Tak hanya membekali model dengan keterampilan, agensi juga menyalurkan model agar mendapatkan job. Pelajaran yang diperoleh di tempat kursus modeling yaitu cara berpakaian yang modis dan fashionable, cara berjalan di catwalk, body language, cara berpose, berekspresi hingga koreografi. Dan tentu saja, model dilatih untuk meningkatkan kepercayaan dirinya baik di depan audiens maupun kamera.

Kursus Nyetir Mobil

Saat ini, banyak orang yang ingin memiliki kemampuan mengemudi mobil. Alasannya, karena memiliki memang mobil pribadi tapi belum bisa nyetir, mencari SIM A atau untuk mencari pekerjaan. Apalagi kehadiran taksi online yang membuka peluang baru untuk mendapatkan penghasilan. Profesi sebagai sopir online ini banyak juga dilakoni oleh karyawan kantoran yang ingin mencari penghasilan tambahan.

Di tempat kursus mengemudi, kamu akan mempraktikkan teknik-teknik dasar mengemudi. Misalnya mulai menghidupkan mobil, oper gigi, berhenti, belok kiri dan kanan serta memarkir kendaraan. Selain kemampuan teknis, kamu juga harus bisa mengendalikan emosi dan tidak mudah panik apalagi ketika menghadapi kemacetan dan lalu lintas yang padat.

Keterampilan selain mendatangkan uang juga bisa sebagai sarana untuk menyalurkan hobi, kreativitas, dan ekspresi. Tapi sebelum kamu memutuskan, pastikan bahwa tempat kursus yang kamu pilih menawarkan program dan materi yang berkualitas, instruktur yang berpengalaman, dan fasilitas yang lengkap.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here