Home Beauty Bagus untuk Kecantikan Kulit, Ini 6 Lulur Alami dan Cara Pembuatannya

Bagus untuk Kecantikan Kulit, Ini 6 Lulur Alami dan Cara Pembuatannya

Jenis macam lulur alami treatment body scrub salon spa kecantikan cara pembuatan
Ilustrasi | Gambar: lorealparisusa.com

Highlight.ID – Memiliki kulit cerah dan awet muda tentu menjadi dambaan semua wanita, tetapi untuk bisa mendapatkan itu dibutuhkan usaha dan ketekunan. Bisa dengan dengan melakukan perawatan di klinik kecantikan, maupun sekadar menggunakan skin care, termasuk lulur. Ternyata ada 6 jenis lulur alami yang bisa mewujudkan mimpi wanita ini loh. Yuk, simak ulasannya.

Jenis-jenis Lulur Alami dan Manfaatnya untuk Kulit

1. Lulur Kopi

Kopi memiliki wangi khas yang menenangkan, rasanya saat diseduh juga sungguh nikmat. Tetapi tak hanya bisa diminum, kopi juga bisa digunakan sebagai lulur. Kandungan kafein dalam kopi bisa meningkatkan stimulasi, dengan menggosokkan kopi ke kulit tubuh bisa meningkatkan sirkulasi darah, mengencangkan kulit, dan menyamarkan selulit.




Kopi juga memiliki kandungan antioksidan yang bisa meningkatkan produksi kolagen. Beberapa manfaat dari lulur kopi seperti mengangkat sel kulit mati, melancarkan aliran darah, dan mencegah penuaan dini.

Cara membuat lulur kopi:

Campurkan 1 sdm bubuk kopi dengan 1 sdm minyak zaitun sedikit garam, dan air hangat secukupnya, aduk hingga rata. Lalu, balurkan ke bagian tubung yang terjangkau.

Lulur ini baiknya digunakan saat mandi, gosok secara perlahan dan sedikit ditekan. Setelahnya, kamu bisa aplikasikan 2 sdm yoghurt dengan cara diusap seperti menggunakan body lotion. Kemudian bilas dengan air bersih sembari mandi.

Baca Juga:
Treatment Rambut di Salon Kecantikan yang Biasa Dilakukan Cewek




Cobalah untuk gunakan lulur kopi ini seminggu sekali, dan rasakan kulit lembut dan wangi kopi yang khas bisa memberikan ketenangan. Selain untuk lulur, kopi juga biasa digunakan orang sebagai masker wajah.

2. Lulur Cokelat

Masih dari bahan minuman nih, cokelat juga bisa diandalkan sebagai lulur untuk memanjakan kulit tubuhmu. Meskipun rasanya lebih tergiur untuk memakannya, tapi percayalah cokelat bisa sangat membantu melembabkan kulit, mencerahkan, dan juga melindungi kulit kamu dari paparan sinar matahari.

Cokelat memiliki kandungan vitamin A, dan E yang bisa memperbaiki sel kulit serta meremajakan kulit. Sama seperti kopi, cokelat juga punya kandungan antioksidan sehingga bisa mencegah kerusakan kulit akibat radikal bebas.

Khususnya dark chocolate dengan kandungan flavonoid di dalamnya yang berguna meningkatkan elastisitas kulit serta menghambat dari tanda tanda penuaan dini.

Cara membuat lulur cokelat:

Kamu bisa dengan mudah membuat lulur cokelat di rumah, caranya cukup siapkan bubuk cokelat, essential oil, atau madu. Lebih bagus lagi kamu menggunakan bubuk dark chocolate ya.
Campurkan semua bahan tadi aduk hingga rata, lalu aplikasikan ke kulit tubuh yang kering.

Baca Juga:
Manfaat Perawatan Luluran dan Kerugian yang Perlu Diketahui

Biarkan selama kurang lebih 15 menit, lalu gosok dengan perlahan supaya racikan lulur ini bisa mengangkat sel kulit mati. Untuk hasil maksimal, gunakan lulur cokelat seminggu sekali ya.

3. Lulur Susu

Saat ini, tak sedikit wanita yang mencari lulur pemutih badan yang cepat demi mendapatkan impian kulit cantiknya. Nah, jenis minuman lain yang juga bisa dijadikan sebagai bahan lulur untuk memutihkan kulit adalah susu. Selain mampu menghilangkan kotoran yang larut dalam minyak, susu juga bisa menghilangkan kotoran yang mengandung protein dengan bantuan protease serta dapat mengangkat sel kulit mati dengan bantuan asam laktat.

Kandungan di dalam susu di antaranya air, lemak, serta protein yang berfungsi sebagai pelembab alami pada kulit kering. Kamu juga ingin memiliki kulit cerah kan? Nah, tepat sekali kalau kamu rutin menggunakan lulur susu ini. Tidak hanya bisa mencerahkan, susu juga mampu sebagai anti-aging, jadi no worry kulit keriput ya.

Cara membuat lulur susu:

Campurkan 3 sdm susu bubuk dengan air bersih secukupnya hingga membentuk pasta setengah kental. Kemudian oleskan ke seluruh tubuh. Supaya mendapat hasil maksimal, balurkan kembali pasta susu ini di bagian tertentu, seperti sikut, lutut, dan area leher yang cenderung lebih gelap.

Diamkan sampai 15 menit atau hingga lulur mengering, kemudian gosok perlahan supaya lulur susu rontok, baru deh kamu bisa membilasnya dengan air sampai bersih.

4. Lulur Bengkuang

Setelah membahas lulur dari minuman, sekarang kita cari tahu apa saja manfaat dari lulur bengkuang. Buah berwarna putih ini punya banyak vitamin dan mineral loh di dalamnya. Salah satunya vitamin C dan E yang terkenal mampu menjaga kesehatan kulit. Vitamin C juga merupakan antioksidan yang bisa memproduksi kolagen. Dengan begitu akan membuat kulit jadi lebih sehat, serta melawan tanda penuaan dini.



Baca Juga:
Manfaat Body Scrub untuk Kecantikan Kulit dan Cara Pemakaiannya

Jika kamu rutin menggunakan lulur bengkuang, siap-siap say goodbye kepada kulit kering. Bersiaplah beraktivitas di luar ruangan karena bengkuang mampu melindungi kulit kamu dari paparan sinar matahari.

Cara membuat lulur bengkuang:

Haluskan satu buah bengkuang, lalu oleskan ke seluruh tubuh. Tunggu hingga 10 – 15 menit, lalu gosok secara perlahan di permukaan kulit. Kemudian, bilas dengan air bersih.

Dengan melakukannya rutin 2 sampai 3 kali dalam seminggu, bisa membuat kulit menjadi putih bersih. Coba di rumah yuk, ladies!

5. Lulur Kuning Jawa

Lulur kuning Jawa dipercaya mampu menghilangkan sel kulit mati, melembapkan, menghaluskan dan mencerahkan kulit loh. Lulur ini merupakan campuran dari bahan alami khas Jawa yang terdiri dari kunyit, temu giring, daun pandan, dan tepung beras.

Bahan alami seperti tepung beras memiliki kandungan PABA (Para Amino Benzoic Acid) sebagai tabir surya sehingga mampu melindungi kulit dari paparan sinar matahari, serta meningkatkan kadar vitamin C di dalam tubuh. Sementara kunyit bermanfaat sebagai antibakteri dan anti-aging. Di dalamnya, ada banyak antioksidan sehingga membuat kulit jadi lebih awet muda dan segar.

Cara membuat lulur kuning Jawa:

Campurkan 2 sdm tepung beras, 2 sdm kunyit bubuk, temu giring, dan pandan secukupnya. Aduk hingga rata dan tekturnya lembut.

Baca Juga:
Ragam Perawatan Kecantikan Tradisional di Martha Tilaar Salon & Day Spa

Kemudian oleskan ke seluruh tubuh terutama di area yang menghitam, seperti siku dan lutut. Setelah didiamkan selama 20 menit, bilas dengan air sampai bersih.

6. Lulur Rempah Bali

Lulur rempah Bali atau biasa disebut boreh terkenal sebagai perawatan kulit sejak dulu. Bahan utama boreh adalah campuran rempah rempah seperti lada, jahe, sereh, dan cengkeh yang ditumbuk halus.

Kamu bisa tinggal mencampurnya dengan air, kemudian dioleskan ke seluruh tubuh. Manfaat dari boreh ini adalah menghaluskan kulit, mencerahkan kulit, mengangkat sel kulit mati, serta membersihkan kotoran hingga ke pori-pori.

Boreh juga bermanfaat menghangatkan tubuh serta mengurangi pegal pegal di badan. Kamu tidak perlu meraciknya sendiri di rumah, karena saat ini banyak kemasan boreh yang dijual di pasaran.

Cara menggunakannya, cukup mencampurkan 100 gram bubuk boreh dengan air, lalu dioleskan ke seluruh tubuh, diamkan hingga mengering. Kemudian bilas dengan air sampai bersih.

Demikian beberapa jenis lulur alami serta manfaatnya untuk kulit kamu. Penting untuk mengetahui manfaat lulur alami, dengan begitu kamu bisa memilih lulur mana yang cocok dengan masalah kulitmu, ladies!