Home Beauty Jenis-jenis Masker Wajah dan Manfaatnya untuk Kecantikan Kulitmu

Jenis-jenis Masker Wajah dan Manfaatnya untuk Kecantikan Kulitmu

jenis macam tipe masker wajah kecantikan kulit mulus merek branded produk kosmetik makeup manfaat kegunaan fungsi kesehatan alami bahan cara pemakaian menggunakan bagaimana apa itu
womenfitness.net

Highlight.ID – Kesehatan kulit wajah sangat penting untuk meningkatkan penampilan seseorang. Namun sayangnya, banyaknya polusi udara yang berasal dari asap kendaraan ataupun asap rokok saat beraktivitas serta paparan sinar matahari seringkali tidak dapat dihindari. Hal tersebut dapat menyebabkan berbagai masalah kulit seperti jerawat, komedo, noda hitam dan lainnya. Selain itu, gaya hidup yang tidak sehat juga menjadi faktor utama. Oleh karena itu, perawatan wajah sangatlah penting khususnya di kalangan wanita.

Salah satu perawatan wajah yang paling populer saat ini adalah masker wajah. Sudah bukan rahasia lagi, jika masker wajah adalah salah satu jenis perawatan wajah yang paling digemari khususnya oleh para perempuan. Selain dinilai lebih praktis dan effisien, masker wajah juga dipercaya dapat menenangkan kulit wajah daripada jenis perawatan wajah lainnya. Berikut adalah manfaat yang didapat jika kalian rajin menggunakan masker wajah untuk perawatan kulit.




Fungsi Masker Wajah yang Harus Kamu Pahami

1. Membersihkan kulit secara menyeluruh

Apakah kalian suka menggunakan make up yang tebal? Jika jawaban kalian adalah iya, maka bisa dipastikan pori-pori kulit wajah kalian tertutup oleh sisa-sisa make up. Kalian bisa menggunakan masker wajah untuk membantu menjaga kesehatan kulit.

Masker wajah sangat bermanfaat untuk menyerap produksi minyak yang berlebih pada wajah serta membersihkannya secara menyeluruh dengan cara mengangkat sel-sel kulit mati dan kotoran yang mungkin masih saja menempel. Dengan demikian, kulit wajah kalian bisa dikatakan dapat terhindar dari masalah kulit seperti jerawat, komedo, dan lainnya.

Baca juga:

2. Menutrisi kulit wajah

Produk masker yang dijual di pasaran saat ini, banyak yang mengandung vitamin, essential oil, dan bahan anti aging yang dapat menutrisi dan memperbaiki masalah kulit. Bahan-bahan alami yang terkandung dalam masker wajah seperti, tomat, madu, timun, kiwi, acai berry, dll, mengandung vitamin yang baik untuk kesehatan kulit.

3. Mengencangkan kulit wajah

Menggunakan masker wajah secara rutin dan teratur dapat mengencangkan kulit wajah dan menambah elastisitas kulit. Dengan begitu, kulit akan terasa lebih kenyal dan terlihat awet muda. Selain itu, kandungan yang dimiliki oleh masker wajah juga dapat membuat wajah lebih cerah dan merona.

4. Mendetoksifikasi racun dalam kulit

Kulit kalian sering terpapar sinar matahari, asap kendaraan atau asap rokok yang bisa menimbulkan masalah kulit? Tidak hanya dapat membantu menghilangkan sel kulit mati, kandungan vitamin yang terkandung dalam masker wajah, mampu membersihkan kulit dari racun radikal bebas, sehingga dapat mengembalikan keremajaan kulit kalian.

5. Melembabkan kulit wajah

Bagi kalian yang memiliki masalah kulit kering, masker wajah adalah pilihan yang tepat untuk menghidrasi dan mengembalikan kelembaban kulit wajah. Masker wajah yang memiliki bahan alami seperti, alpukat, minyak zaitun, dan madu, dipercaya dapat menambah kelembaban wajah serta dapat membantu menghilangkan sel-sel kulit mati.


6. Mencerahkan kulit wajah

Wanita mana yang tidak mau memiliki kulit wajah yang cerah dan berseri? Tahukah kalian, jika sel-sel kulit mati yang menumpuk di pori-pori wajah, merupakan penyebab utama wajah terlihat kusam. Kandungan vitamin dalam masker dapat membantu mengangkat kulit mati serta membantu meningkatkan kinerja toner dalam membantu mengencangkan pori-pori wajah. Selain itu, masker wajah juga dapat mengurangi bintik-bintik hitam.

7. Memperbaiki masalah kulit wajah

Wajah tanpa masalah kulit tentu saja menjadi idaman semua orang, khususnya para wanita. Aktivitas dan gaya hidup yang tidak sehat menjadi penyebab utama timbulnya masalah kulit wajah. Untuk memperbaiki atau bahkan menghilangkan masalah kulit wajah, kalian bisa menggunakan masker wajah untuk proses detoksifikasi secara maksimal. Selain itu, masker wajah juga dapat menenangkan kulit yang sensitif, lho.

Budaya Korea yang telah menjamur, khususnya di Indonesia, tentu sedikit banyak mempengaruhi kehidupan para wanita. Tak terkecuali dalam hal perawatan wajah. Meskipun masker wajah sudah ada sejak dulu, masyarakat meyakini bahwa masker wajah merupakan salah satu kebudayaan yang ditularkan melalui drama Korea. Banyaknya jenis masker yang telah menjamur, bisa saja membuat kalian bingung untuk memilih jenis masker mana yang baik dan tepat untuk wajah kalian, bukan? Oleh karena itu, ada baiknya kalian mengetahui beberapa jenis masker yang beredar di pasaran.


Macam-macam Masker dan Kegunaannya

1. Peel Off Mask

Peel off mask biasanya memiliki kandungan paraffin wax yang dapat dengan mudah diaplikasikan dan dikelupas dengan mudah. Masker ini sangat cocok untuk kalian yang memiliki tipe kulit berminyak, karena sangat baik untuk mengangkat komedo. Tidak hanya itu, masker ini juga sangat baik untuk mengangkat kotoran, mengencangkan kulit, dan memperlancar peredaran darah dengan mengaplikasikan dan membiarkan masker kering selama kurang lebih 20 menit.

2. Sheet Mask

Siapa yang tak tahu jenis masker yang satu ini? Sheet mask merupakan jenis masker yang populer di kalangan masyarakat. Tidak hanya populer di Korea, tapi juga di Indonesia. Bentuknya yang mudah dibawa kemana-mana membuatnya sangat digemari oleh para pecinta produk skincare.

Sama seperti namanya, sheet mask berbentuk kertas tissue tipis. Meskipun berbentuk tissue tipis, sheet mask telah direndam oleh berbagai macam vitamin dan essence yang sangat efektif untuk melembabkan kulit dan mencerahkan wajah dalam waktu yang singkat. Masker ini sangat cocok digunakan untuk segala jenis kulit. Sayangnya, sheet mask hanya dapat digunakan sekali buang, sehingga sheet mask sering dianggap tidak ramah lingkungan.

jenis macam tipe masker wajah kecantikan kulit mulus merek branded produk kosmetik makeup manfaat kegunaan fungsi kesehatan alami bahan cara pemakaian menggunakan bagaimana apa itu
sk-ii.com

Kalian bisa menggunakan sheet mask dalam kondisi apapun. Ada baiknya, kalian menyimpannya di dalam kulkas dan memakainya saat udara panas yang dapat memberikan efek menyegarkan. Atau, kalian bisa memakainya dalam keadaan hangat, dengan cara merendam sheet mask beserta kemasannya di dalam air panas untuk mendapatkan kesan hangat pada saat cuaca dingin. Tidak hanya itu, kandungan yang terdapat pada sheet mask yang hangat juga dipercaya dapat menyerap lebih sempurna ke dalam kulit.

3. Sleeping Pack / Sleeping Mask

Sesuai dengan namanya, sleeping pack atau yang sering disebut sleeping mask digunakan pada malam hari sebelum tidur dan bisa memberikan nutrisi selama waktu tidur. Sleeping mask dapat menjadi pengganti cream malam. Wajah pun terlihat lebih segar dan cerah keesokan harinya. Teksture yang ringan dan mudah menyerap, sangat bagus untuk semua jenis kulit.

4. Clay Mask

Apakah kalian memiliki jenis kulit yang berminyak dan berjewat? Jika iya, maka clay mask merupakan salah satu jenis masker yang patut kalian pertimbangkan. Clay mask dapat menyerap minyak berlebih yang dihasilkan oleh kulit wajah dan mengangkat kotoran dari pori-pori. Saat menggunakan clay mask, sangat tidak disarankan untuk mendiamkannya sampai kering, karena akan menghilangkan kelembaban wajah dan menyebabkan iritasi pada kulit. Terutama jika kalian memiliki kulit yang cukup sensitif.

5. Gel Mask

Gel mask sangat baik untuk segala jenis kulit, terutama jika kalian memiliki kulit sensitif berminyak. Gel mask sangat bagus untuk menenangkan dan menyegarkan kulit yang lelah akibat aktivitas seharian. Selain itu, gel mask sangat bagus untuk mengurangi iritasi ringan pada kulit. Jangan lupa untuk menyimpan gel mask di dalam kulkas untuk menambah kesan sejuk dan segar selama dan setelah digunakan.

6. Scrub Mask

Untuk dapat mengangkat kulit mati secara sempura, kalian bisa menggunakan scrub mask. Butiran halus ataupun kasar yang terdapat dalam scrub mask, berfungsi untuk mempercepat pengelupasan sel kulit mati. Scrub mask tidak disarankan digunakan untuk kulit yang sangat sensitif.

Baca juga:

7. Splash Mask

Ini salah satu jenis masker terbaru dan mungkin sebagian besar dari kalian belum pernah mendengarnya. Berbeda dengan jenis masker lainnya, splash mask sangat praktis dan memiliki texture seperti air dan tidak menempel pada kulit. Untuk menggunakan produk ini, kalian bisa menggunakan dengan rasio masker dan air bersih 1:100, lalu tepuk-tepukkan pada wajah kurang lebih selama 20 detik.

8. Wash Off Mask

Wash off mask biasanya memiliki texture seperti cream dan memiliki berbagai kandungan seperti clay ataupun charcoal. Banyak yang mengatakan wash off mask merupakan jenis masker yang paling ribet di antara jenis masker lainnya. Kalian harus membersihkannya dengan menggunakan air (biasanya disarankan untuk menggunakan air hangat) setelah menunggu beberapa menit, maka kalian akan mendapatkan kulit wajah yang lembut seketika.

Masker ini sangat cocok digunakan untuk segala jenis kulit. Jika kalian memiliki kulit yang kering, sangat disarankan untuk menggunakan wash off mask yang berteksture cream. Sementara jika kalian memiliki kulit yang berminyak, disarankan untuk menggunakan wash off mask yang memiliki teksture clay ataupun charcoal.

9. Natural Mask

Seperti namanya, masker ini menggunakan bahan-bahan alami yang dapat disesuaikan dan diperlukan oleh kulit. Walaupun hasil natural mask membutuhkan waktu yang lama dibanding dengan jenis masker lainnya, tapi natural mask lebih aman untuk digunakan.

Sekarang kalian sudah tahukan jenis dan manfaat dari masker itu sendiri. Kesehatan kulit wajah sangat penting untuk mendapatkan penampilan yang sempurna lho. Jadi, tunggu apalagi? Jangan lupa untuk menambahkan masker sebagai salah satu list perawatan wajah kalian ya. Selamat mencoba!



Artikel Menarik:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here