Home Tips Career Lulusan Sastra? Coba 10 Pilihan Karier Bergaji Besar ini

Lulusan Sastra? Coba 10 Pilihan Karier Bergaji Besar ini

unsplash.com

Highlight.id – Siapa yang kuliah jurusan Sastra? Atau kamu tertarik untuk mengambil jurusan ini saat kuliah nanti? Konon, kuliah di jurusan Sastra kerap dipandang sebelah mata dan kurang bergengsi. Katanya, lulusan jurusan ini prospek kerjanya tidak jelas. Apalagi kalau dibandingkan dengan jurusan Kedokteran atau Hubungan Internasional yang sangat bergengsi dan lebih jelas prospek kariernya di masa depan.

Banyak orang yang salah kira bahwa lulusan Sastra hanya menjadi sastrawan. Padahal, prospek kerja lulusan jurusan yang identik dengan bahasa ini banyak, luas, dan menarik banget! Simak saja 10 peluang karier lulusan sastra yang bisa jadi pertimbangan kamu. Plus, kamu juga bisa kasih tahu ke orang tua atau temen kamu tentang prospek lulusan jurusan sastra itu luas, agar pikiran mereka menjadi terbuka dan tidak skeptis dengan jurusan ini.




Jenis-jenis Pekerjaan untuk Jurusan Sastra

Yuk kita kulik profesi lulusan sastra. Ini dia daftarnya:

1. Penulis

Lulusan sastra biasanya identik dengan profesi sebagai penulis buku, entah itu penulis novel fiksi, kumpulan puisi, atau memoir. Tak hanya novel, cerpen atau pun kumpulan puisi, kamu juga bisa bekerja sebagai penulis skenario lho! Apalagi kalau kamu punya passion dalam mengarang cerita dan berimajinasi.

Gak perlu takut dengan stigma menjadi penulis atau sastrawan bakal ‘melarat’. Asalkan tekun, fokus serta serius dengan pilihan kamu, bukan tidak mungkin kamu bisa mencapai kesuksesan dan mengikuti jejak Dewi Lestari, Andrea Hirata atau bahkan J.K. Rowling.

Baca juga:

2. Penerjemah

Kalau kamu lulusan sastra bahasa asing seperti Inggris, Perancis, Mandarin, Jepang, Korea dan lain sebagainya, profesi sebagai penerjemah atau translator adalah pilihan yang tepat. Kamu sebagai lulusan Sastra punya kesempatan untuk masuk ke dunia translasi baik dalam bentuk tulisan (penerjemah) ataupun lisan (interpreter).

Lalu apa bedanya antara translator dengan interpreter? Sebagai penerjemah, kamu bisa mengerjakan pekerjaan di rumah. Sedangkan interpreter kamu bakal sering pindah tempat. Maksudnya, karena orang yang menggunakan jasa interpreter biasanya adalah orang-orang yang melakukan kunjungan ke luar kota atau bahkan luar negeri seperti pebisnis atau pejabat atau malah wisatawan asing.

3. Ahli Bahasa

Profesi sebagai ahli bahasa mungkin belum terlalu populer ya di Indonesia. Nah, hal ini bisa dijadiin kesempatan emas buat para lulusan Sastra especially yang pas kuliah milih konsentrasi Linguistik, karena saingannya belum banyak. Emang sih penelitian bahasa biasanya masih terkait sama dunia akademisi, tapi dijamin masih seru kok!


Tugas seorang ahli bahasa di antaranya ngerunut logika pembentukan kata dalam sebuah bahasa pake ilmu morfologi, meneliti interaksi unsur-unsur bahasa, sampe meneliti hubungan satu bahasa dan bahasa lain. So for all linguist, jangan sia-siakan ilmu morfologi, fonologi, sintaksis, semantik, dan pragmatik yang udah didapet pas kuliah!

4. Tenaga Pengajar

Kalau kamu punya hasrat untuk terus berbagi ilmu, ada baiknya kamu memilih profesi sebagai tenaga pengajar. Kamu bisa menjadi tenaga pengajar baik di bimbingan belajar, lembaga kursus atau sekolah-sekolah. Sedangkan untuk lulusan magister atau doktor, kamu tentu memiliki peluang menjadi pengajar di jenjang yang lebih tinggi alias menjadi dosen di universitas atau perguruan tinggi.

Bukan hanya untuk lulusan sastra asing saja lho yang berpeluang menjadi tenaga pengajar. Buat kamu para lulusan Sastra Indonesia tapi memiliki minat untuk mengajar, kamu bisa menjadi pengajar atau tutor bahasa Indonesia untuk para penutur asing yang sedang belajar bahasa Indonesia lho. Yang pasti, bergaul sebanyak mungkin dengan orang-orang lintas bahasa dan budaya karena akan menjadi sebuah modal berharga untuk masa depanmu.

prospek peluang kesempatan kerja lulusan jurusan alumni fakultas sastra mahasiswa part full time perusahaan berapa gaji jenjang karier freelancer deskripsi lowongan
unsplash.com

5. Diplomat

Kata siapa profesi diplomat cuman untuk lulusan Hubungan Internasional? Profesi yang masih sangat bergengsi ini tentu membutuhkan orang-orang yang jago dan lihai dalam berbahasa asing. Selain kemampuan bahasa asing, biasanya lulusan Sastra juga memiliki pemahaman yang sangat baik terhadap budaya, seni, sejarah, sosial, hingga politik luar negeri. Semua hal tersebut adalah modal penting untuk bekerja sebagai diplomat.

6. Staf Kedutaan

Selain menjadi diplomat, para lulusan Sastra juga punya kesempatan bekerja di kantor kedutaan lho! Terutama kalau kamu lulusan sastra atau bahasa asing. Dengan menguasai dua atau tiga bahasa asing secara fasih dalam berkomunikasi, PLUS pengetahuan politik dalam dan luar negeri yang mumpuni, menjadi modal yang cukup supaya bisa kerja di kedutaan. Tapi, kunci utamanya adalah harus percaya sama kemampuan diri sendiri!

7. Staf Lembaga Budaya

Lulusan Sastra tapi tak tertarik bekerja di bidang tulis-menulis alias kerjaan yang ‘sastra banget’? Bekerja di sebuah lembaga budaya bisa menjadi salah satu pilihan kamu lho. Dengan kemampuan bahasamu yang ciamik ditambah dengan pengetahuan soal budaya—baik budaya asing maupun nusantara bisa jadi nilai plus. Bekerja di lembaga budaya memberikan kesempatan untuk ikut andil dalam melestarikan budaya baik budaya Indonesia maupun budaya asing. Gimana? Tertarik bergabung bersama lembaga budaya?


 

8. Editor

Dunia penerbitan dan media saat ini berbeda jauh dengan dulu. Sekarang, siapapun bisa jadi penulis dan mengajukan karyanya ke penerbit atau media untuk diterbitkan. Untuk itu, baik penerbitan maupun media, keduanya pasti membutuhkan keberadaan editor bahasa. Profesi ini memiliki syarat khusus yaitu lulusan Sastra. Nah inilah ladang pencaharian buat para lulusan Sastra untuk unjuk gigi. Selain lihai dalam hal merangkai kata, patikan juga kamu jeli dan teliti dalam melakukan editing naskah ya.

9. Leksikografer

Kamu pernah dengar istilah leksikografer? Leksikografer adalah orang yang bertugas menulis, mengkompilasi dan mengedit kamus baik dalam bentuk cetak maupun yang dipublikasikan secara online. Adapun jenis-jenis kamus yang biasa dikerjakan oleh seorang leksikografer adalah kamus bahasa Inggris untuk penutur asli, kamus bahasa Inggris untuk pelajar, kamus bahasa Inggris teknis (misalnya untuk istilah-istilah hukum) serta kamus bilingual. Selain itu, ia juga bertugas untuk mencari arti dan penggunaan kata-kata serta menyusun definisinya dengan cara yang terstruktur.

10. Copywriter

Kamu jago dan terbiasa membuat kalimat yang indah dan menarik? Profesi sebagai copywriter di perusahaan advertising adalah opsi yang tepat. Tugas seorang copywriter adalah menulis naskah iklan suatu perusahaan yang nantinya akan disiarkan di media-media, baik media cetak, televisi, radio maupun online. Yang pasti, profesi ini seru banget. Kalau kamu suka bikin caption postingan Instagram yang unik, boleh nih melirik profesi copywriter!

Jadi gimana, sudah tahu akan memutuskan untuk memilih salah satu profesi di atas? Atau kamu jadi tertarik masuk program studi Sastra setelah tahu pilihan profesi lulusannya? Apa pun itu, pastikan kamu memilih profesi sesuai dengan minat dan panggilan hati kamu. Plus jalani profesi pilihan kamu dengan tekun, fokus dan sepenuh hati. Sukses bisa menjadi jaminan di masa depan. Semangat!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here