Home Beauty Ingin Merawat Rambut? Kenali Perbedaan Creambath, Hair Mask, dan Hair Spa

Ingin Merawat Rambut? Kenali Perbedaan Creambath, Hair Mask, dan Hair Spa

jenis macam perawatan treatment rambut salon kecantikan therapist hairdresser hairstylist mengatasi menjaga kesehatan manfaat kegunaan khasiat fungsi khusus cewek wanita pria
Perbedaan creambath, hair spa, dan hair mask | Foto: hindustantimes.com
ISEEFEST 2019

Highlight.ID – Rambut adalah mahkota setiap wanita. Mungkin kamu sering mendengar pepatah akan hal itu. Nyatanya, bukan hanya wanita, tapi bagi pria juga rambut adalah mahkota mereka juga. Bedanya, pria lebih mudah untuk merawat rambut dibandingkan wanita.

Misalnya saja, ketika rambut pria rusak, mereka akan dengan mudahnya untuk memangkas habis rambut mereka. Berbeda dengan wanita, mereka tidak mungkin dengan asal-asalan memangkas rambut mereka sampai habis. Wanita lebih sering melakukan perawatan mulai dari kulit kepala sampai ujung rambut mereka akan terlihat lebih sehat dan indah. Karena bagaimanapun juga rambut yang sehat dan berkilau layaknya model dalam sebuah iklan shampoo adalah dambaan setiap wanita.



“Saya suka sekali menggonta ganti warna rambut saya. Bisa jadi setiap 3 bulan sekali saya bisa mengganti warna rambut saja. Apalagi kalau waktu saya memilih warna terang untuk menjadi warna rambut saya, ada rambut tumbuh hitam dikit saja, saya sudah mencat kembali dengan warna yang sama atau bahkan mengganti dengan warna yang berbeda.” Kata Chacha seorang makeup artist ternama di Surabaya.

Lalu apa efek samping yang didapat dengan seringnya bergonta-ganti warna? “Yang pasti rambut jadi lebih kering, pecah-pecah, bercabang, kusam, jelek banget deh pokok nya.” jawab Chacha.

Baca juga:

“Bagaimanapun juga, rambut itu kan mahkota, khususnya untuk kita para wanita. Ya mau nggak mau kita harus sering-sering jaga dan merawat rambut. Khususnya untuk kulit kepala. Kalau kulit kepalanya saja tidak sehat bagaimana dengan rambutnya?”

Sebagaimana yang kita tahu, banyak sekali perawatan rambut yang sering ditawarkan oleh salon-salon kecantikan di sekitar kita. Tiga perawatan rambut yang sering kita jumpai dan yang sering ditawarkan oleh salon kecantikan adalah perawatan rambut seperti creambath, hair mask, dan hair spa.

Tapi apakah kamu tahu perbedaan dan manfaat dari ketiga perawatan tersebut? Agar tidak salah melakukan perawatan, ada baiknya kamu mengetahui perbedaan antara ketiga perawatan rambut tersebut, creambath, hair spa, dan hair mask.

Creambath, Hair Spa, dan Hair Mask, Mana yang Terbaik untuk Rambutmu?

Creambath

jenis macam perawatan treatment rambut salon kecantikan therapist hairdresser hairstylist mengatasi menjaga kesehatan manfaat kegunaan khasiat fungsi khusus cewek wanita pria
Perbedaan creambath, hair spa, dan hair mask | Foto: listsdiary.com

Kamu memiliki rambut yang telah diwarnai? Atau mungkin memiliki rambut yang bermasalah seperti rontok atau bercabang? Jika jawabannya adalah iya, maka creambath merupakan pilihan perawatan rambut yang tepat. Fungsi dari creambath itu sendiri adalah menjaga kesuburan dan menguatkan akar rambut.


Dibandingkan dengan hair spa dan hair mask, creambath merupakan perawatan rambut yang paling mendasar dan sudah ada sejak lama. Bahan yang digunakan untuk creambath juga merupakan bahan yang lebih mendasar atau tradisional, seperti buah-buahan, sayur-sayuran atau bahkan rempah-rempah yang berfungsi sesuai dengan jenis rambutmu.

Proses perawatan pada creambath dengan cara memijat kulit kepala. Hal ini berfungsi untuk melancarkan peredaran darah di kepala dan membuat lebih rileks dan tenang. Setelah itu, rambutmu akan ditutupi oleh mesin uap yang sering dijumpai di salon kesayanganmu. Atau, mungkin hanya dibungkus oleh handuk hangat yang berfungsi untuk membuka pori-pori kulit kepala, agar manfaat yang diberikan oleh krim bisa terserap dengan sempurna.

Hair Spa

jenis macam perawatan treatment rambut salon kecantikan therapist hairdresser hairstylist mengatasi menjaga kesehatan manfaat kegunaan khasiat fungsi khusus cewek wanita pria
Perbedaan creambath, hair spa, dan hair mask | Foto: waycraze.com

Hair spa merupakan perawatan rambut untuk rambut yang rusak seperti, kusam, kering, berminyak, atau bahkan sampai mengalami kekakuan pada rambutmu. Hair spa ditujukan untuk memberikan nutrisi mulai dari akar rambut sampai ujung rambut, merevalitasikan kulit kepala, serta menguatkan folikel rambut agar rambutmu lebih sehat dan terawat. Hair spa sendiri memberikan perawatan yang lebih dalam dibandingkan dengan creambath.


Krim pada hair spa memiliki kandungan yang lebih kaya akan vitamin dan nutrisi untuk rambut dibandingkan dengan krim untuk creambath. Tidak hanya itu saja, krim untuk hair spa biasanya juga mengandung parfume atau minyak esensial sehingga lebih harum dibandingkan dengan krim creambath.

Proses yang dilakukan pada hair spa, hampir sama dengan creambath untuk pemijatan kulit kepala dan menggunakan steam untuk membantu membuka pori-pori pada kulit kepala. Keduanya sama-sama berfungsi untuk menenangkan kulit kepala, melancarkan sirkulasi peredaran darah, dan membantu mengoptimalkan penyerapan nutrisi pada kulit kepala.

Selain itu, hair spa juga berfungsi untuk memungkinkan folikel mendapatkan lebih banyak oksigen untuk membantu merangsang pertumbuhan rambut yang lebih sehat. Bedanya, pemijatan rambut untuk perawatan hair spa lebih sedikit dibandingkan dengan creambath.

Di balik manfaat yang diberikan melalui perawatan ini, hair spa memiliki beberapa kekurangan. Di antaranya adalah, biaya yang relatif lebih mahal dibandingkan dengan creambath. Semakin panjang rambut, akan semakin mahal pula biaya yang dikeluarkan untuk perawatan ini. Selain itu, melakukan perawatan hair spa, dapat menyebabkan warna rambut menjadi memudar.

Baca juga:

Hair Mask

jenis macam perawatan treatment rambut salon kecantikan therapist hairdresser hairstylist mengatasi menjaga kesehatan manfaat kegunaan khasiat fungsi khusus cewek wanita pria
Perbedaan creambath, hair spa, dan hair mask | Foto: dalejamessalonperth.com.au

Hair mask merupakan salah satu perawatan rambut yang digunakan untuk rambut yang memiliki permasalahan yang sangat berat. Biasanya digunakan untuk rambut yang mudah rusak atau sudah rusak sangat parah, bahkan tidak bisa dilakukan hanya dengan sekedar perawatan menggunakan hair spa. Jika kamu termasuk seseorang yang sering kali mengganti warna rambut, hair styling, pelurusan atau pengeritingan, yang dapat memicu rusaknya rambut, hair spa merupakan pilihan yang tepat untuk mengembalikan vitalitas rambutmu.

Melakukan perawatan rambut hair mask secara rutin dapat mengembalikan rambutmu yang telah rusak sangat parah. Tidak hanya itu juga, melakukan rutin hair mask bisa membuat rambutmu menjadi terasa lebih tebal dan kuat. Namun dari beberapa kasus hair mask tidak bisa menyembuhkan rambutmu yang telah rusak, tapi setidaknya dengan hair mask bisa menyamarkan rambut rusak dan mencegah kerusakan rambut yang lebih parah.

Proses yang dilakukan untuk perawatan hair mask memang sangat berbeda dibanding creambath dan hair spa. Pada hair mask, terapis salon tidak melakukan pemijatan pada kepala. Hal ini dikarenakan agar rambut tidak semakin rontok. Sebagai gantinya, biasanya terapis tetap memberikan pelayanan memijat pada leher, bahu, serta punggungmu.

Jadi, apakah kamu sekarang telah mengerti perbedaan dari 3 perawatan rambut tersebut? Semoga bisa membantumu untuk memilih perawatan rambut yang tepat sesuai dengan kebutuhan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here