Home Beauty Girls, Ini Perbedaan AA Cream Hingga EE Cream yang Harus Kamu Tahu

Girls, Ini Perbedaan AA Cream Hingga EE Cream yang Harus Kamu Tahu

jenis macam perbedaan fungsi kegunaan cara pemakaian manfaat aa bb cc dd ee cream wajah kecantikan produk makeup kosmetik brand merek
Jenis-jenis krim wajah | Foto: independent.co.uk
ISEEFEST 2019

Highlight.ID – Ladies, bagi kalian wanita pasti tentunya tidak jauh-jauh dengan yang namanya kosmetik bukan? Tentu saja, kosmetik menjadi salah satu alat untuk meningkatkan penampilan para wanita. Oleh karena itu, tidak heran, perusahaan kosmetik berlomba-lomba untuk membuat terobosan terbaru setiap saat demi meningkatkan daya jual dan daya saing mereka. Seperti contohnya adalah terobosan terbaru keluar dari base makeup yang sering dipakai oleh para wanita.

Kalian tentu pernah mendengar istilah BB cream dan CC cream bukan? Istilah BB cream dan CC cream terkenal karena menjamurnya kosmetik Korea yang saat ini sedang trend sejak beberapa tahun yang lalu. Padahal, BB cream sendiri pertama kali dibuat oleh sebuah perusahaan kosmetik asal Jerman lho, dan malah terkenal karena trend makeup Korea.



Namun sekarang tidak hanya ada BB cream dan CC cream lagi lho ternyata. Saat ini, sudah ada AA cream, DD cream dan EE cream yang merupakan terobosan terbaru dari lini base makeup. Dari pembaca sekalian, apa kalian sudah pernah dengar istilah AA cream, DD cream dan EE cream juga?

Nah, bagi kalian penggemar makeup nih, ngga ada salahnya mencari tahu terlebih dahulu, apa sih bedanya AA cream, BB cream, CC cream, DD cream, dan EE cream? Lalu apa manfaat yang bisa didapat dari base cream tersebut. Setelah tahu, kalian bisa beli dengan mudah untuk menentukan base cream makeup yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan.

Baca juga:

Secara fisik, tanpa melihat lebih dalam, AA cream, BB cream, CC cream, DD cream, dan EE cream memang tidak terlihat perbedaannya. Tapi jika kita melihat dan mempelari lebih dalam, maka kita kan tahu apa perbedaan dari kelima cream tersebut. Yuk, langsung aja cari tahu perbedaan dari 5 jenis cream yang sedang naik daun ini!

Macam-macam Krim Wajah dan Perbedaannya

AA Cream

jenis macam perbedaan fungsi kegunaan cara pemakaian manfaat aa bb cc dd ee cream wajah kecantikan produk makeup kosmetik brand merek
Jenis-jenis krim wajah | Foto: allaboutbeauty101.com

Kita mulai dari AA Cream. AA cream merupakan generasi awal terciptanya lini seri base cream huruf kembar ini. Namun beberapa orang mengatakan tidak mengetahui atau bahkan tidak pernah mendengar AA cream sebelumnya. Memang dibanding BB cream atau CC cream, AA cream tidak seterkenal lini cream selanjutnya.

AA Cream berasal dari kepanjangan Anti Aging Cream. Seperti namanya, AA cream berfungsi untuk mengurangi tanda-tanda penuaan dini pada wajah, seperti garis-garis halus, kerutan, ataupun bintik wajah yang biasanya telah muncul pada saat kita menginjak usia 25 tahun ke atas. Tentu saja, kandungan utama cream ini adalah antioksidan yang memang sangat baik untuk memerangi tanda-tanda penuaan diri pada wajah.

Selain itu, AA cream juga mengandung bahan seperti peptides, retinoids, dan AHA. Masing-masing ketiga bahan tersebut disebut bahan yang sangat sebagai antioksidan dan melawan tanda-tanda penuaan dini. Oleh karena itu, AA cream banyak digunakan oleh wanita yang berusia 25 tahun ke atas.

BB Cream

jenis macam perbedaan fungsi kegunaan cara pemakaian manfaat aa bb cc dd ee cream wajah kecantikan produk makeup kosmetik brand merek
Jenis-jenis krim wajah | Foto: tinkerlust.com

Salah satu produk lini seri huruf kembar yang paling terkenal dan masih diminati sampai saat ini adalah BB cream. BB cream sendiri merupakan generasi kedua setelah AA cream diluncurkan. BB cream terkenal sejak trend makeup Korea yang muncul beberapa tahun lalu. Sejak saat itulah, BB cream mulai dikenal dan diminati oleh banyak orang hingga saat ini.


BB cream memiliki banyak kepanjangan, yakni, Blemish Balm cream, Blemish Base cream, Beblesh Balm cream, bahkan Beauty Balm cream. BB cream sendiri bukan berasal dari Korea. Justru aslinya bermula dari seorang dermotologis asal Jerman, pada tahun 1960, bernama Dr. Christine Schrammek, yang awalnya membuat sebuah krim wajah untuk pasiennya setelah menjalani perawatan pengelupasan kulit wajah. Ternyata, produk tersebut, tidak hanya memperhalus dan melindungi, tapi juga dapat menutup kemerahan pada wajah. Yang kemudian akhirnya dijual di pasaran dengan nama BB cream.

BB cream dikenal sebagai krim multifungsi. Selain digunakan untuk melembapkan dan melembutkan kulit wajah, BB cream juga memiliki kandungan SPF yang baik untuk melindungi kulit wajah dari sinar matahari dan antioksidan untuk mencegah wajah dari penuaan dini. Memiliki fungsi untuk meratakan kulit dan menyamarkan noda hitam dan kemerahan pada wajah, BB cream juga dapat digunakan sebagai base makeup sehari-hari. Teksturnya yang lebih ringan dibanding foundation, menjadikan BB cream sebagai cream multifungsi yang paling diminati sampai saat ini.

CC Cream

jenis macam perbedaan fungsi kegunaan cara pemakaian manfaat aa bb cc dd ee cream wajah kecantikan produk makeup kosmetik brand merek
Jenis-jenis krim wajah | Foto: lookfantastic.com

Setelah sukses dengan BB cream, industri makeup tentu saja tidak berhenti menciptakan inovasi lainnya. Color Correcting Cream atau Complexion Corrector Cream atau yang lebih seringnya disebut dengan CC cream merupakan cream setelah BB cream, yang dibuat untuk menyamarkan bekas jerawat, noda hitam, kemerahan, dan warna kulit yang tidak merata. Fungsinya hampir sama dengan BB cream. Hanya saja, CC cream memiliki formula lebih ringan dan halus dibandingkan BB cream.


Perbedaan lainnya, CC cream dengan BB cream, kandungannya dibuat lebih lengkap dengan menambahkan nutrisi yang mungkin hanya didapatkan di produk skincare, dan kandungan SPF dari CC cream lebih tinggi dibandingkan BB cream. Sehingga banyak banyak orang berpendapat bahwa CC cream bukan hanya merupakan base makeup tapi juga merupakan produk untuk perawatan kulit wajah sekaligus.

DD Cream

jenis macam perbedaan fungsi kegunaan cara pemakaian manfaat aa bb cc dd ee cream wajah kecantikan produk makeup kosmetik brand merek
Jenis-jenis krim wajah | Foto: parastore.pti-cosmetics.com

DD cream adalah cream hasil penyempurnaan dan penggabungan antara AA cream, BB cream dan CC cream. DD cream sendiri memiliki kepanjangan Dynamic Do-all Cream atau Double Defense Cream atau Daily Defense Cream atau bahkan terkadang disebut Dermatologically Defining Cream.

Sesuai dengan namanya, DD cream diciptakan dengan formulasi secara khusus dan kompleks agar bisa digunakan sehari. Formulasi yang terdapat dalam DD cream dirancang secara efektif, sehingga tidak hanya dapat digunakan pada wajah dan leher saja, tapi juga dapat digunakan untuk seluruh tubuh. Karena itulah, kenapa DD cream juga memiliki kandungan SPF lebih tinggi dibandingkan BB cream atau CC cream.

Baca juga:

Seperti yang telah dijelaskan di atas, DD cream merupakan hasil penggabungan tiga cream pendahulunya. Konsep yang digunakan dalam pembuatan AA cream juga digabungkan dalam DD cream, sehingga DD cream memiliki kandungan antioksidan sangat baik digunakan untuk mencegah penuaan dini. Tidak hanya untuk kulit wajah, tapi juga untuk seluruh kulit. Hanya saja, diiimbau untuk tidak menggunakan DD cream terlalu banyak, terutama pada bagian wajah karena dapat menyumbat pori-pori.

EE Cream

jenis macam perbedaan fungsi kegunaan cara pemakaian manfaat aa bb cc dd ee cream wajah kecantikan produk makeup kosmetik brand merek
Jenis-jenis krim wajah | Foto: omgbart.com

Belum selesai dengan DD cream, produk terbaru dari lini seri huruf kembar, kembali memberikan inovasi terbaru. Kali ini mereka meluncurkan EE cream. EE cream yang memiliki kepanjangan Extra Exfoliating cream ini bisa dikatakan merupakan hasil penyempuranaan dari AA cream, BB cream, CC cream, dan DD cream. Selain itu, EE cream merupakan cream yang paling berbeda dengan cream pendahulunya.

Seperti kepanjangannya, EE cream berfungsi untuk pembersih dan mengangkat sel-sel kulit mati yang ada pada wajah. Penggunaan EE cream disarankan tidak menggunakan base makeup lainnya karena dapat menimbulkan jerawat. Kandungan SPF yang tinggi dibandingkan krim sebelumnya, EE cream bisa menjadi pilihan untuk digunakan dalam kehidupan sehari-hari.

Selain itu, EE cream ternyata juga memiliki kepanjangan lainnya, yaitu Even Effect Cream atau Enlighten Even Effect Cream. Agak berbeda dengan produk EE cream sebelumnya, EE cream kali ini berfungsi sebagai penyempurna kompleksi dan perawatan warna kulit wajah yang lebih menyeluruh. Formulasi yang terkandung pada EE cream, berguna untuk menyamarkan bintik hitam dan pigmentasi yang berlebihan dengan warna kulit dalam waktu sekejap.

Nah, sekarang kalian sudah tahu kan perbedaan dari kelima lini seri huruf kembar cream. Ada baiknya kalian tidak mencoba semua produk yang ditawarkan. Lebih baik kalian menggunakan cream yang sesuai dengan kebutuhan bukan? Be a smart buyer ya, ladies! Selamat berbelanja dan selamat mencoba!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here