Home Beauty Bagus untuk Kesehatan Kulit, Ini Perbedaan Day Cream dan Night Cream

Bagus untuk Kesehatan Kulit, Ini Perbedaan Day Cream dan Night Cream

jenis macam produk kosmetik makeup kecantikan kesehaan kulit wajah day night cream pagi malam kegunaan fungsi manfaat perbedaan kandungan cara pemakaian
Perbedaan krim pagi dan krim malam | Foto: healthylnb.com
ISEEFEST 2019

Highlight.ID – Banyak yang belum tahu, ternyata ada perbedaan antara krim pagi dan krim malam. Banyak yang mengira bahwa, krim pagi dapat digunakan juga untuk malam hari begitu juga sebaliknya. Memang betul, karena beberapa perusahaan kecantikan juga menciptakan beberapa produk milik mereka dengan formulasi khusus agar dapat digunakan untuk pagi dan malam tanpa harus mengeluarkan lebih banyak uang.

Tapi ada baiknya, sebelum memutuskan untuk membeli krim wajah, kita harus tahu perbedaan krim malam dan krim pagi. Yuk, intip apa saja bedanya dari dua krim tersebut, biar kalian semakin rajin untuk menjaga dan merawat wajah.



Perbedaan Krim Pagi dan Krim Malam Beserta Kegunaannya

Tekstur dan Formulasi

Krim pagi memiliki tekstur yang lebih ringan dan cepat meresap di kulit dalam hitungan beberapa menit daripada krim malam. Hal ini dikarenakan banyak orang, khususnya para wanita, sering menggunakan makeup dan krim pagi digunakan sebelum menggunakan makeup. Krim pagi juga diciptakan dengan tekstur yang tidak lengket agar makeup lebih melekat sempurna di wajah, tanpa harus terlihat cakey. Selain itu, tekstur yang lebih ringan, tidak menyumbat pori-pori sehingga kulit dapat lebih bernafas dengan mudah.

Tekstur dari krim malam lebih padat, kompleks dan dan berat untuk dapat bekerja secara maksimal. Berbeda dengan krim pagi yang lebih dapat dengan cepat meresap di kulit, krim malam memiliki waktu yang lebih lama untuk menyerap pada kulit dan meninggalkan kesan agak lengket dibandingkan dengan krim pagi.

Baca juga:

Manfaat Krim untuk Kulit Wajah

Manfaat yang didapat dari dua jenis kirim ini sangat berbeda. Krim pagi digunakan untuk melindungi dan menjaga kesehatan kulit. Sementara krim malam berguna untuk memperbaiki, meregenerasi dan menyembuhkan sel-sel kulit yang telah rusak akibat paparan sinar matahari dan polusi saat beraktivitas di luar ruangan.

Manfaat Krim Pagi

Melindungi wajah dari paparan sinar matahari dan polusi

Beberapa krim pagi dipastikan memiliki kandungan SPF yang fungsinya sama dengan sunblock. Tapi bagi beberapa orang, SPF dalam krim pagi belum dianggap maksimal. Oleh karena itu, beberapa orang juga masih mengaplikasikan sunblock setelah mengaplikasikan krim pagi. Tapi, ingat ya ladies. Pungganaan SPF memiliki dosisnya sendiri. Yaitu maksimal sepanjang dua ruas garis jari tangan (jari telunjuk dan jari tengah). Lebih dari itu, tidak disarankan.

Melembabkan kulit wajah

Ada baiknya kalian menggunakan krim pagi sebelum kalian menggunakan makeup. Karena dengan menggunakan krim pagi, wajah akan terlindungi kelembapannya sepanjang hari. Dan hal itu membuat makeup kalian juga menempel sempurna di kulit kalian. Ingat, kelembapan kulit adalah yang nomer satu ya ladies.

Mencegah penuaan dini

Hal itu kenapa disarankan kita menggunakan krim pagi sebelum beraktivitas. Kandungan antioksidan yang tinggi dapat menangkal radikal bebas yang dapat membuat kulit kita terhindar dari penuaan dini tentunya. Tidak mau terlihat tua? Ya, jangan lupa gunakan krim pagi sebelum beraktivitas terutama jika kalian lebih sering berada di luar ruangan ya ladies.

Manfaat Krim Malam

Memperbaiki kulit

Paparan sinar UV dan polusi dapat menyebabkan berbagai macam penyakit atau peradangan pada kulit. Salah satunya kulit yang kemerahan akibat sunburn. Itulah sebabnya krim malam dirancang secara khusus untuk memperbaiki kulit yang rusak saat kita tidur.

Merevitalisasi kulit

Kandungan yang terdapat pada krim malam, contohnya seperti antioksidan yang sangat baik untuk meregenerasi pembentukan sel baru pada malam hari. Dampak negatif paparan sinar UV, seperti penuaan dini, dapat dicegah dengan menggunakan krim malam yang memiliki kandungan antioksidan lebih tinggi dibandingkan dengan yang ada pada krim pagi.


Melembabkan dan menutrisi kulit

Di zaman sekarang ini, kita tentunya banyak yang menggunakan AC pada saat tidur bukan? Oleh karena itu, kulit kita perlu dijaga untuk kelembapannya agar tidak hilang. Biasanya, krim malam memiliki kandungan yang dapat menutrisi dan melembabkan secara ekstra. Atau biasanya kita sebut dengan deep nourishing atau ultra hydrating.

Merangsang pembentukan kolagen dan elastin

Salah satu cara untuk mencegah penuaan diri adalah dengan merangsang pembentukan kolagen. Kulit yang memiliki kolagen dan elastin yang tinggi dapat terhindar dari ciri-ciri penuaan dini, seperti keriput, atau penurunan elsatis kulit.

Kandungan yang Terdapat dalam Krim

Beberapa krim pagi sudah mengandung SPF untuk melindungi wajah dari paparan sinar UV. Jadi, kalian tidak perlu repot lagi untuk membawa sunblock atau menambahkan sunblock lagi kan ladies. Selain itu juga, biasanya krim pagi juga mengandung vitamin C atau ascorbic acid yang dianggap mampu membantu SPF bekerja secara sempurna untuk melindungi wajah dampak buruk sinar matahari.

Tingginya aktivitas di luar ruangan saat siang daripada malam hari, beberapa krim juga telah ditambah dengan kandungan vitamin E atau alpha tocopherol dan/atau antioksidan. Yang juga berguna untuk membantu menangkal radikal bebas yang disebabkan oleh polusi. Tenang saja, krim pagi juga mengandung moisturizer yang bertugas menjaga kelembapan kulit wajah. Meskipun tidak sebanyak krim malam, cukup kok untuk melindungi kulit kalian sepanjang hari.

Karena dampak polusi dan sinar matahari yang cenderung lebih kecil daripada siang hari, krim malam tidak memiliki kandungan SPF namun mempunyai moisturizer yang lebih tinggi dibandingkan krim pagi. Hal ini berguna untuk meningkatkan kelembapan kulit yang hilang sekaligus meregenerasi kulit secara maksimal saat kita tertidur. Dengan banyaknya kandungan moisturizer dalam krim malam, kalian sudah tidak perlu takut lagi kehilangan kelembapan saat tidur karena pendingin ruangan atau AC.

Baca juga:

Selain itu, krim malam juga memiliki beberpa kandungan asam lemak essential yang pada umumnya terdapat pada minyak zaitun, alpukat, sari kelapa, dan bunga matahari yang dapat menyamarkan dan menghilangkan keriput pada wajah. Kandungan antioksidan yang dimiliki oleh krim malam juga lebih tinggi dibandingkan dengan krim pagi. Hal itu digunakan untuk memaksimalkan proses regenerasi kolagen dan sel-sel kulit baru.

Untuk mengoptimalkan proses memperbaiki, meregenasi dan menyembuhkan kulit, biasanya krim malam juga mengandung kandungan aktif lain seperti, retinol, hyaluronic acid, dan ceramide. Krim pagi tidak mungkin memiliki kandungan aktif seperti krim malam, karena akan membuat kulit menjadi lebih sensitif terhadap sinar matahari sehingga dapat menyebabkan iritasi pada kulit.

Cara Pemakaian

Untuk cara pemakaian, krim pagi digunakan sebelum menggunakan makeup. Meskipun beberapa krim pagi memiliki SPF, dinilai belum cukup untuk melindungi kulit. Beberapa orang masih menambahkan sunblock untuk mendapatkan perlindungan extra. Sementara beberapa krim pagi yang tidak mengandung SPF bahkan bisa digunakan juga untuk krim malam juga lho.

Krim malam diguanakan dan diaplikasikan pada kulit. Ingat jangan terlalu tebal. Formulasi krim malam yang cukup berat untuk kulit dapat membuat pori-pori wajah tersumbat. Oleh karena itu ada baiknya, kalian tidak mengoleskan krim terlalu banyak di wajah. Ambil secukupnya dan diamkan beberapa menit sebelum kalian tertidur ya ladies. Agar krim malam kalian tidak menempel pada sarung bantal kalian.

Nah, kalian sekarang sudah tahu kan perbedaan antara krim pagi dan krim malam? Dua krim tersebut memang memiliki peran sendiri. Oleh karena itu, jangan lupa mengoleskan krim sebelum kalian mulai beraktivitas atau sebelum makeup serta sebelum tidur. Jika, kalian menggunakan krim secara rajin, kalian pasti akan mendapatkan hasil yang maksimal tentunya. Selamat mencoba!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here