Home Beauty Menata Rambut Agar Lebih Indah dan Rapi dengan Alat Catok

Menata Rambut Agar Lebih Indah dan Rapi dengan Alat Catok

jenis macam tipe perlengkapan peralatan salon kecantikan catok rambut beauty kapster cewek meluruskan merapikan straightening rebonding indah styling gaya fashionable
schwarzkopf.com
ISEEFEST 2019

Highlight.ID – Rambut adalah mahkota setiap wanita. Memiliki rambut yang keren dan indah, tentu saja menjadi idaman setiap para wanita. Terutama pada saat ini, wanita dituntut untuk selalu tampil mempesona di setiap kesempatan. Memiliki rambut yang indah juga membuat tingkat kepercayaan diri seorang wanita menjadi bertambah. Selain itu, rambut indah menjadi nilai plus di mata orang lain. Oleh karena itu, tatanan rambut tak kalah penting dengan tatanan make up setiap para wanita.

Setiap orang memiliki tipe rambut yang berbeda. Ada yang bergelombang, lurus, ataupun keriting, ada juga yang mudah diatur ataupun tidak mudah diatur, rambut tipis ataupun tebal. Pada zaman sekarang, seperti yang kita ketahui, banyak sekali wanita yang selalu ingin tampil modis di setiap kesempatan yang ada. Dengan mengikuti mode tatanan rambut saat ini yang sesuai dengan bentuk wajah, tentu saja akan menjadikan wanita tampil lebih percaya diri.



Menata rambut sama halnya dengan make up pada wajah kita. Untuk mendapatkan tatanan rambut yang sesuai dengan keinginan dan hasil yang maksimal, kita tentu saja memerlukan peralatan tata rambut dengan kualitas yang baik. Peralatan rambut yang sering kita ketahui tentu saja adalah catokan. Catokan rambut merupakan senjata utama bagi para wanita untuk mendapatan tatanan rambut yang berbeda setiap harinya tanpa harus perlu repot-repot ke salon. Berikut ini adalah manfaat menggunakan catokan rambut yang perlu kalian ketahui.

Fungsi/Manfaat Catok Rambut yang Perlu Kamu Ketahui

1. Rambut menjadi lebih rapi dan tidak mudah kusut

Banyak orang, khususnya para wanita sering kali mengeluh dengan rambut mereka yang susah diatur. Terutama saat setelah keramas. Hair dryer atau mesin pengering rambut lainnya, dinilai tidak dapat membantu banyak untuk mendapatkan rambut yang lebih rapi dan tidak mudah kusut. Oleh karena itu, dengan menggunakan catok rambut yang berkualitas, kamu akan dengan mudah mendapatkan rambut yang lebih rapi.

Baca juga:

Rambut yang kusut dan susah diatur ternyata disebabkan oleh kandungan ion positif yang cukup banyak. Namun saat ini, kamu tidak perlu khawatir lagi bahwa beberapa alat catok saat ini, telah dilengkapi oleh kandungan ion negatif yang berfungsi agar rambut menjadi tidak mudah kusut dan lebih mudah diatur. Ion negatif juga bermanfaat agar tatanan rambut menjadi lebih rapi dan tahan lama.

2. Dapat mengganti tatanan rambut sesuai dengan keinginan kita

Di zaman media sosial seperti saat ini, kamu akan dengan sangat mudah untuk mendapatkan informasi mengenai mode trend terbaru. Begitu juga mode trend terbaru untuk tatanan rambut yang sangat banyak dan lebih bervariasi. Hal itu tentu membuat para wanita ingin tampil lebih bervariasi di setiap kesempatan yang ada. Tidak dipungkiri, alat catokan dapat digunakan dengan mudah agar mendapatkan tatanan rambut yang bervariasi dan efisien.

3. Membuat tatanan rambut seperti layaknya habis perawatan di salon

Catokan dinilai sangat mudah untuk membuat tatanan rambut layaknya setelah perawatan di salon. Selain dinilai dapat membuat rambut lurus atau bergelombang ataupun jenis variasi rambut yang diinginkan dengan mudah dan lebih efisien, catokan rambut juga dapat membuat rambut terlihat lebih bervolume di mana saja dan kapan saja.

4. Membuat tampilan lebih sempurna dan meningkatkan kepercayaan dirimu

Tidak dapat dipungkiri, tatanan rambut dapat memberi nilai tambah penampilan seseorang. Tentu saja kamu tidak akan mau mengalami bad hair day. Rambut yang lepek dan susah diatur tidak hanya akan menimbulkan rasa yang tidak nyaman di sepanjang hari, tapi juga akan mengurangi rasa percaya diri setiap wanita. Tentu saja catokan yang berkualitas tentu akan membuat tampilan rambut jadi lebih rapi dan mudah diatur. Dengan begitu, rasa percaya dirimu akan jauh lebih meningkat.


5. Dapat dilakukan di mana saja, sehingga dapat menghemat waktu dan biaya

Ukuran catok rambut yang kecil mudah dibawa kemana saja dan kapan saja, tentu membuat kamu tidak perlu lagi repot untuk ke salon demi mendapatkan tatanan rambut yang diinginkan. Selain menghemat waktu, tentu saja itu membuat kamu lebih menghemat biaya. Tanpa harus merogoh kocek yang dalam, kamu dapat dengan mudah menata rambut sesuai dengan tatanan rambut yang diharapkan.

Selain itu, kamu tidak perlu menggunakan bahan kimia seperti rebonding atau smoothing ataupun ion untuk mendapatkan tatanan rambut lurus. Begitu juga jika kamu menginginkan rambut yang bergelombang, kamu tidak perlu menggunakan obat khusus unutuk mendapatkan rambut yang bergelombang. Selain menghemat waktu dan uang, kamu bisa menggunakan catokan untuk mendapatkan tampilan yang berbeda setiap harinya. Lebih efisien, bukan?

6. Membuat tatanan rambut lebih up to date

Di zaman sekarang, kamu akan dapat dengan mudah bisa mendapatkan informasi mengenai tatanan rambut yang ter-up to date. Dengan banyaknya informasi yang lebih up to date, kamu mungkin ingin mencoba untuk membuat tatanan rambut yang berbeda setiap harinya. Dan kamu bisa mendapatkan penampilan yang up to date setiap harinya dengan sangat mudah.

Macam-macam Alat Catok Rambut dan Kegunaannya

Selain memiliki banyak manfaat, catok rambut memiliki berbagai macam jenis yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan rambutmu. Untuk itu, sebelum kamu membeli catokan, ada baiknya kamu mengetahui tentang jenis-jenis alat catok rambut berdasarkan plat yang digunakan. Berikut adalah beberapa jenis catok rambut yang perlu kamu ketahui.

1. Flat Irons

jenis macam tipe perlengkapan peralatan salon kecantikan catok rambut beauty kapster cewek meluruskan merapikan straightening rebonding indah styling gaya fashionable
hellohairstyling.com

Catokan yang menggunakan besi sebagai platnya yang bisa ditemukan dengan kisaran harga di bawah lima puluh ribu. Alat catok rambut ini menggunakan plat besi tanpa lapisan apapun. Catokan jenis ini memang tidak disarankan untuk digunakan pada rambutmu.

Selain panas yang dihasilkan tidak merata, catokan yang berplat besi tidak bisa mendapatkan tatanan rambut yang diinginkan. Selain itu, hasil yang didapatkan tidak bisa bertahan lama. Lebih parah lagi, plat besi tanpa lapisan apapun dapat membuat rambutmu menjadi lebih cepat kering dan rusak.

2. Ceramic Flat Irons

jenis macam tipe perlengkapan peralatan salon kecantikan catok rambut beauty kapster cewek meluruskan merapikan straightening rebonding indah styling gaya fashionable
matrix.com

Keramik adalah lapisan pada plat catokan yang paling sering ditemui di pasaran. Berbeda dengan catokan dengan plat besi, plat yang dilapisi keramik dapat menghasilkan panas yang lebih merata dan memiliki kualitas yang lebih baik. Biaya produksi juga bisa dikatakan lebih terjangkau dibanding dengan menggunakan bahan lainnya. Hanya saja, catokan berbahan keramik relatif berat, sehingga mengganggu mobilitas kamu tentunya. Selain itu juga, plat keramik juga dinilai lebih rentan retak jika kamu tidak berhati-hati dalam penggunaannya.

Catokan dengan plat keramik memiliki lapisan yang lebih halus, sehingga kamu akan dengan lebih mudah untuk menata rambut tanpa harus takut rambutmu tertarik. Kamu juga akan mendapatkan tatanan rambut lebih mudah dan lebih tahan lama. Jika kamu ingin menggunakan alat catok yang memiliki kualitas yang baik dengan harga yang terjangkau, tentu saja catokan dengan plat keramik adalah pilihan yang tepat bagimu.

3. Tourmaline Flat Irons

jenis macam tipe perlengkapan peralatan salon kecantikan catok rambut beauty kapster cewek meluruskan merapikan straightening rebonding indah styling gaya fashionable
beautygirlmag.com

Mungkin kamu baru pertama kali mendengar kata ‘tourmaline’. Tourmaline adalah mineral Kristal semi-mulia yang dihancurkan dan digunakan untuk melapisi plat keramik atau titanium pada catokan. Konsep yang dimiliki oleh tourmaline hampir sama dengan catokan plat besi yang dilapisi dengan keramik. Hanya saja, tourmaline memiliki kualitas yang lebih tinggi dibanding keramik.

Baca juga:

Catokan plat keramik memiliki lapisan berbahan tourmaline, dinilai memiliki kualitas yang baik. Semakin halus permukaan plat, semakin kecil risiko rambut yang tertarik saat penataan dan semakin halus pula tatanan rambut yang dihasilkan. Bahan ini juga dapat menghantarkan ion negatif yang berfungsi untuk mendapatkan tatanan rambut yang lebih tahan lama dan tentu saja tidak merusak rambut. Jadi tidak heran, banyak salon sekarang yang memiliki standard alat catok dengan lapisan tourmaline.

Memiliki berbagai macam manfaat, alat catok tourmaline tentu saja memiliki kekurangan yang hampir sama dengan titanium, yaitu harga. Semakin banyak kandungan tourmaline yang terkandung dalam lapisan plat, semakin mahal pula harganya. Selain itu, catokan yang identik dengan plat berwarna merah ini, bisa dikatakan belum terlalu umum di Indonesia.

4. Titanium Flat Irons

jenis macam tipe perlengkapan peralatan salon kecantikan catok rambut beauty kapster cewek meluruskan merapikan straightening rebonding indah styling gaya fashionable
lorealparisusa.com

Titanium dan besi sama-sama terbuat dari bahan metal. Daya tahannya sama dengan besi, hanya saja titanium dinilai memiliki kualitas yang lebih baik dibanding dengan besi. Titanium dapat menghantarkan panas dengan sangat baik. Cepat panas dan tidak merusak batang rambut. Selain itu, catokan dengan plat titanium memiliki teknologi yang mampu membuat rambut menjadi lurus serta berkilau.

Catokan yang memiliki bahan titanium sebagai platnya, sekarang telah beredar dengan dilengkapi teknologi ion dan sistem pemanas inframerah yang berfungsi untuk membuat rambutmu tidak cepat rusak karena proses pencatokan. Selain itu, keunggulan catokan plat titanium dinilai lebih awet dibandingkan dengan yang lainnya, serta memiliki berat yang ringan sehingga dapat dibawa kemana-mana dengan mudah.

Untuk mendapatkan tatanan rambut yang sempurna, tentu saja kamu tidak bisa memilih alat yang sembarangan. Tatanan yang sempurna berasal dari alat yang memiliki kualitas yang baik pula tentunya. Nah, sekarang kamu telah tahu catokan mana yang baik untuk rambutmu agar penampilan kamu semakin sempurna bukan? Selamat berbelanja!

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here