Home Beauty Aneka Jenis Hair Dryer dan Fungsinya untuk Kegiatan Sehari-hari

Aneka Jenis Hair Dryer dan Fungsinya untuk Kegiatan Sehari-hari

jenis macam tipe hair dryer peralatan perlengkapan salon kecantikan untuk fungsi manfaat kegunaan sehari-hari mengeringkan rambut
Muslim LifeFest 2019

Highlight.ID – Salah satu peralatan kecantikan yang saat ini sering digunakan dan sangat umum adalah hair dryer. Selain sebagai alat untuk dapat mengeringkan rambut dengan cepat, hair dryer dapat mampu untuk membantu membuat rambut lebih bervolume. Selain itu, ternyata hair dryer dapat digunakan untuk hal lainnya yang mungkin kalian tidak ketahui. Berikut adalah manfaat hair dryer untuk dikehidupan sehari-hari.

Manfaat Hair Dryer dalam Kehidupan Sehari-hari

1. Merapikan baju yang kusut

Pada saat berpergian, seringkali kita menemui beberapa baju yang kusut akibat banyaknya barang atau sekedar salah menaruh baju pada tas koper, bukan? Jika kalian membawa hair dryer, kalian bisa menggunakannya untuk mengembalikan baju yang kusut menjadi rapi kembali tanpa harus membawa alat setrika listrik atau mesin uap.

Caranya cukup sederhana, semprotkan spray air pada bagian yang kusut dan arahkan hair dryer pada bagian tersebut, maka baju kalian tentu akan kembali seperti semula! Cukup mudah bukan? Kalian tentu tidak perlu lagi repot membawa setrika portable lagi untuk mengembalikan baju yang kusut.

2. Mengeringkan kuteks

Kalian para wanita tentu sering menggunakan kuteks agar kuku terlihat lebih cantik dan indah bukan? Tentu saja, menggunakan kuteks dan mendiamkan secara manual yang sering dilakukan, tentu akan membuat kuteks kering dalam jangka waktu yang cukup lama. Dengan menggunakan hair dryer, dipercaya kuteks akan kering dengan waktu yang lebih singkat. Caranya, gunakan hair dryer dengan jarak sekitar 20 cm, maka kuteks kalian terbukti akan lebih cepat kering daripada biasanya.

Baca juga:

3. Mengeringkan sepatu

Saat musim hujan tiba, sering kali kita mendapati alas kaki yang basah akibat air hujan. Tentu saja ini sangat mengganggu kegiatan kita sehari-hari. Terutama bagi para karyawan atau anak sekolah yang mungkin hanya memiliki sepatu yang terbatas. Belum lagi, saat musim hujan kalian akan susah untuk menjemur dan mengeringkan sepatu. Hal itu akan memakan waktu yang lama bukan? Kalian bisa menggunakan hair dryer untuk mengeringkan sepatu tanpa harus menunggu matahari terbit lagi. Dan tentu saja kalian bisa menggunakan sepatu kalian esok paginya.

4. Mengatasi sepatu yang sempit

Selain dapat mengeringkan sepatu dengan cepat, hair dryer juga dipercaya mampu mengatasi sepatu yang sempit akibat kesalahan dalam memilih ukuran atau karena akitivitas yang dilakukan secara berjam-jam. Caranya, kalian bisa mengarahkan hair dryer pada sisi dalam sepatu sampai terasa hangat, sepatu akan memuai dan melebar. Tanpa harus mengeluarkan uang untuk membeli sepatu baru, kalian bisa memakai sepatu lama kembali!

5. Melentikkan bulu mata

Untuk menyempurnakan tampilan wajah yang sempurna, kalian tidak akan melewatkan mascara agar mata tampak lebih besar dan hidup, kan, ladies? Bulu mata yang lentik akan menjadi salah satu kunci agar tampilan mata bisa menjadi lebih cantik dan hidup. Kalian bisa menggunakan hair dryer lho untuk mendapatkan tampilan bulu mata agar lebih lentik dan tahan lama.

Caranya? Tentu saja sangat mudah! Kalian bisa memanaskan penjepit mata dengan menggunakan hair dryer selama kurang lebih 5 detik sampai terasa hangat (jangan sampai panas) dan voila! Kalian akan mendapatkan tampilan bulu mata yang lentik dan tahan lama.

6. Membersihkan noda krayon pada tembok

Kalian yang memiliki anak pasti tahu bahwa anak kecil seringkali dengan senang hati mencorat-coret tembok rumah. Itu tentu saja sangat mengganggu tampilan rumah kalian bukan? Untuk menghilangkan noda coretan krayon, kalian bisa menggunakan hair dryer lho. Panas yang dihasilkan oleh hair dryer dapat melelehkan kandungan lilin pada krayon yang menempel di dinding. Setelah itu, kalian bisa membersihkan dinding dengan menggosoknya dengan campuran air dan sabun, maka noda coretan pun akan hilang.

7. Membersihkan debu pada sudut ruangan

Banyaknya debu yang menempel di sudut ruangan seringkali tidak mudah dibersihkan hanya dengan menggunakan kemoceng ataupun lap. Untuk memudahkan kalian membersihkan debu, kalian bisa mencoba dengan menggunakan hair dryer dengan kekuatan rendah, maka perlahan debu yang menempel akan terangkat.

8. Membantu melepaskan plester

Saat mengalami luka, seringkali kalian menggunakan plester untuk sekedar menutupi luka dari debu ataupun air. Biasanya, plester yang dilepaskan di daerah yang luka, akan membuat luka terasa perih. Untuk meminimalisir rasa sakit dan perih, kalian bisa menggunakan hair dryer untuk melepaskan plester dengan lebih mudah.

9. Mengembalikan tubuh kendaraan yang penyok

JIka kendaraan kalian dalam keadaan penyok tidak terlalu parah, jangan buru-buru untuk pergi ke bengkel. Kalian bisa menggunakan hair dryer untuk mengembalikan tubuh kendaraan kalian yang penyok seperti semula. Uap panas yang dihasilkan oleh hair dryer mempunyai efek menyedot sehingga penyok ke dalam dapat mengembang keluar secara perlahan

10. Mengurangi rasa pegal dan nyeri kepala

Panas yang dihasilkan oleh hair dryer dapat meregangkan area yang pegal di sekitar tubuh. Selain mengurangi rasa pegal pada bagian tubuh, uap panas hair dryer juga mampu untuk membantu meringankan sakit kepala tanpa harus minum obat. Caranya cukup mudah, yakni arahkan hair dryer ke belakang telinga sekitar 2 menit dengan jarak kurang lebih 5 cm. Dan jangan lupa, pastikan uang yang dihasilkan tidak terlalu panas dengan tekanan yang minimum.

Macam-macam Hair Dryer dan Kegunaannya

Hair dryer memiliki banyak sekali manfaat untuk kehidupan sehari-hari, bukan? Sebelum membeli hair dryer yang cocok, ada baiknya kalian mengetahui terlebih dahulu jenis-jenis hair dryer agar tidak salah dalam membelinya. Berikut adalah beberapa macam hair dryer beserta fungsinya yang perlu kalian ketahui.

1. Wattage Hair Dryer

jenis macam tipe hair dryer peralatan perlengkapan salon kecantikan untuk fungsi manfaat kegunaan sehari-hari mengeringkan rambut
Ilustrasi hair dryer | standard.co.uk

Wattage hair dryer lebih sering dikenal sebagai hair dryer tradisional. Seperti namanya, wattage hair dryer adalah jenis hair dryer yang pertama kali muncul di pasaran. Kalian akan dengan mudah menemukan jenis hair dryer ini di salon ataupun toko kecantikan. Kegunaannya juga cukup sederhana, yaitu hanya untuk mengeringkan rambut dan mem-blow rambut. Hair dryer jenis ini pun hanya fokus pada panas dan kekuatan anginnya.

2. Ionic Hair Dryer

jenis macam tipe hair dryer peralatan perlengkapan salon kecantikan untuk fungsi manfaat kegunaan sehari-hari mengeringkan rambut
Ilustrasi hair dryer | viyado.com

Ionic hair dryer memiliki teknologi yang mampu melepaskan ion negatif saat kalian memakainya. Ion negative yang terkandung dalam hair dryer mampu mempertahankan kesehatan rambut tanpa kalian harus takut rambut kalian akan rusak akibat terlalu sering menggunakan hair dryer. Selain itu, hair dryer tipe ini juga mampu untuk membuat rambutmu terlihat lebih mengembang dan bervolume. Hair dryer jenis ini sangat baik untuk rambut yang kering, tetapi tidak baik digunakan untuk model rambut yang pendek dan tipis.

3. Ceramic Hair Dryer

jenis macam tipe hair dryer peralatan perlengkapan salon kecantikan untuk fungsi manfaat kegunaan sehari-hari mengeringkan rambut
Ilustrasi hair dryer | blaupunkt.com

Hair dryer jenis ini berbeda dengan ionic hair dryer. Seperti namanya, ceramic hair dryer terbuat dari bahan keramik sehingga dapat menghantarkan panas yang lebih merata. Hair dryer tipe ini berfungsi untuk mengatur bentuk dan gaya serta tata letak rambut yang diinginkan dan membuat rambut lebih terlihat bersinar dan halus. Hair dryer jenis ini sangat cocok bagi kalian yang memiliki rambut yang kering, mudah patah dan bercabang.

Baca juga:

4. Tourmaline Hair Dryer

jenis macam tipe hair dryer peralatan perlengkapan salon kecantikan untuk fungsi manfaat kegunaan sehari-hari mengeringkan rambut
Ilustrasi hair dryer | amazon.com

Apakah kalian memiliki tipe rambut yang sangat kering atau rambut yang berminyak? Atau, rambut mudah lepek karena keringat yang berlebih? Kalian bisa menggunakan hair dryer tipe ini untuk meghasilkan rambut yang lebih indah dan bervolume.

Tourmaline hair dryer juga dipercaya dapat mengeringkan rambut lebih cepat dan efisien dibandingkan dengan jenis hair dryer lainnya. Hair dryer ini sangat membantu untuk menarik partikel air yang sangat cocok untuk kalian dengan rambut yang tebal, ikal ataupun keriting.

5. Titanium Hair Dryer

jenis macam tipe hair dryer peralatan perlengkapan salon kecantikan untuk fungsi manfaat kegunaan sehari-hari mengeringkan rambut
Ilustrasi hair dryer | ebay.com

Jenis hair dryer lainnya adalah titanium hair dryer dengan lapisan pemanas yang terbuat dari bahan titanium. Tipe hair dryer ini memiliki kemampuan mengeringkan rambut lebih cepat dibandingkan dengan tipe hair dryer lainnya. Sehingga sangat memudahkan kalian yang memiliki rambut yang tebal. Dan sangat aman digunakan untuk sehari-hari. Tidak disarankan pada kalian yang memiliki tipe rambut tipis.

Semoga informasi yang kami bagikan sangat bermanfaat bagi kalian.

Artikel Menarik:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here