Home Beauty Kenali Jenis-jenis Rambut dan Cara Paling Tepat Untuk Merawatnya

Kenali Jenis-jenis Rambut dan Cara Paling Tepat Untuk Merawatnya

jenis macam tipe sifat karakteristik rambut bagaimana cara merawat kesehatan kecantikan fungsi manfaat kegunaan shampo conditioner salon cewek
Jenis-jenis rambut dan cara merawatnya | Foto: Unsplash.com
ISEEFEST 2019

HIghlight.ID – Setiap manusia memiliki tipe dan jenis rambut yang bervariasi. Tentu saja, cara merawat pada setiap jenis rambut juga berbeda-beda. Namun, masih banyak orang yang belum memahami cara merawat rambut yang sesuai dengan jenis rambut mereka. Masih banyak dari mereka yang merawat jenis rambut ikal tapi menggunakan perawatan jenis rambut lurus. Hal itu tentu saja tidak tepat, karena kita harus memahami jenis rambut yang kita miliki dan menguasai cara perawatan rambut kita sendiri.

Rambut yang kita miliki juga mempunyai beragam tipe seperti rambut berminyak, rambut kering, rambut kombinasi, dan rambut normal. Banyak yang beranggapan bahwa teknik perawatan semua rambut adalah sama saja. Tidak jarang pula seseorang mengeluhkan kerusakan rambut yang mereka alami, itu diakibatkan dari kelalaian perawatan rambut. Oleh karena itu, kita harus mengenali dahulu rambut yang kita miliki.

Setelah mengetahui jenis rambut, mulailah melakukan perawatan yang sesuai dengan karakter rambut. Jangan asal melakukan perawatan rambut. Alih-alih mendapatkan rambut yang sempurna justru akan membuat penampilan rambut menjadi rusak tak terawat. Mari kenali beberapa jenis rambut berikut perawatan yang tepat. Karena rambut dengan perawatan yang benar, senantiasa akan terlihat lebih berkilau dan indah.

Tipe-tipe Rambut yang Harus Kamu Ketahui

1. Rambut Lurus

Jenis rambut seperti ini cenderung memiliki sifat lemas, indah dan agak berminyak. Namun, rambut lurus juga memiliki beberapa kategori seperti:

Baca juga:

• Rambut Lurus A

Karena memiliki sifat yang halus, lembut, berminyak, dan lemas membuat tipe rambut seperti ini agak sulit untuk diubah-ubah.

• Rambut Lurus B

Rambut jenis ini biasanya lebih tipis. Untuk menambahkan kesan tebal, biasanya pemilik rambut hanya perlu menambahkan volume.

• Rambut Lurus C

Jenis rambut ini terlihat sedikit berantakan dan agak susah diatur. Hanya membutuhkan serum supaya rambut tampil lebih halus dan lembut. Untuk merawat jenis rambut lurus ini, diperlukan serum rambut guna mempertahankan kutikula rambut.

Jangan lupa selalu menggunakan kondisioner setelah keramas secara merata. Jika dirasa perlu, maka gunakanlah bahan alami yang mudah didapatkan seperti minyak kelapa. Bahan alami ini dapat langsung diaplikasikan ke rambut usai berkeramas dan menggunakan kondisioner.

2. Rambut Keriting

Rambut jenis ini biasanya bertekstur agak keras. Namun tidak perlu khawatir karena dengan perawatan yang benar, rambut keriting masih tetap bisa menarik perhatian. Jenis rambut ini juga memiliki beberapa kategori seperti:

• Rambut Keriting A

Terlihat agak sedikit bergelombang dan keriting. Kamu hanya perlu merawatnya dengan produk pelembab rambut.

• Rambut Keriting B

Biasanya jenis rambut ini hanya terlihat keriting di ujung rambut saja, tidak dari akarnya. Maka kamu hanya butuh minyak atau krim rambut agar mudah ditata.

• Rambut Keriting C

Jenis rambut ini adalah jenis yang sangat keriting. Perawatan yang sesuai hanya butuh menggunakan kondisioner secara teratur agar mudah menatanya dan terlihat berkilau. Merawat rambut keriting dibutuhkan sampo berbahan ringan yang dapat menjaga kelembaban rambut.

Kondisioner berprotein juga dibutuhkan agar rambut mudah dirapikan dan ditata. Perlu dihindari produk rambut yang mengandung alkohol, karena akan membuat rambut semakin sulit diatur. Dan biasakan menyisir menggunakan sisir bergigi jarang.

3. Rambut Bergelombang

Jenis rambut ini sebenarnya dapat membuat sang pemilik terlihat lebih cantik, hanya saja jika dapat merawatnya dengan benar. Rambut bergelombang akan terkesan berantakan maupun tak sedap dipandang jika tidak rajin dalam merawat dan merapikan rambut. Berikut kategori rambut bergelombang:

• Rambut Bergelombang A

Gelombang yang dimiliki rambut jenis ini agak berlebihan. Untuk merapikan, biasanya diperlukan alat pencatok rambut.

• Rambut Bergelombang B

Kalau jenis rambut ini memiliki gelombang yang sedang. Hanya menggunakan jari tangan kamu untuk merapikannya dengan sedikit minyak rambut.

• Rambut Bergelombang C

Masih bergelombang, namun tidak terlihat berlebihan. Untuk menjaga kelembutan, kamu hanya butuh kondisioner dengan pelembab agar kelembutannya terjaga. Gunakan kondisioner secara teratur maksimal 3 kali dalam seminggu agar rambut tidak terlihat lepek maupun berminyak.

Creambath juga dibutuhkan untuk merawat rambut bergelombang, lakukan sekali dalam sebulan dan jangan lupa diaplikasikan vitamin rambut juga. Jika perlu, lakukan pengguntingan ujung rambut setidaknya satu hingga dua bulan sekali untuk mengatasi rambut bercabang.

4. Rambut Kasar

Tekstur rambut seperti ini biasanya akan terlihat kering dan kusut, apalagi setelah berkeramas atau mencuci rambut. Rambut kasar terjadi karena terlalu seringnya terpapar panas dan pemilihan produk perawatan yang salah. Oleh karena itu, dibutuhkan jenis sampo dan kondisioner yang kaya pelembab. Gunakan juga serum setiap ingin melakukan aktivitas terutama di luar ruangan.

Baca juga:

Selain itu, gunakan minyak zaitun sebelum keramas. Hal ini dilakukan agar rambut kering menjadi lebih halus dan lembut. Menyisir rambut yang salah juga dapat menyebabkan masalah pada rambut kering. Gunakanlah sisir yang lembut dan lakukan penyisiran secara perlahan.

5. Rambut Terpapar Proses Kimiawi

Maraknya proses perawatan rambut dengan bahan kimia seperti pewarnaan dan pelurusan permanen, biasanya akan menyebabkan rambut yang kering, kusam, dan rapuh. Selain itu, hobi berenang juga termasuk salah satu paparan kimiawi. Walaupun begitu, rambut yang telah terkena proses kimia tetap dapat memiliki tampilan rambut yang indah jika dirawat dengan perawatan yang tepat. Salah satunya dengan penggunaan sampo dan kondisioner yang memiliki formula rehydrating.

Lakukan perawatan masker rambut setidaknya seminggu sekali secara rutin untuk mengembalikan protein yang hilang. Bagi rambut dengan proses pewarnaan, pilihlah sampo dan kondisioner yang diformulasikan khusus rambut yang diwarnai supaya dapat menjaga kelembaban dan juga agar warna rambut tetap terjaga. Hindari alat penataan yang dapat menghasilkan suhu panas tinggi karena akan membuat rambut menjadi semakin kering dan rusak.

Itulah tadi beberapa jenis rambut dan cara perawatannya masing-masing. Agar rambutmu terlihat indah, maka kamu harus mengenali apa jenis rambutmu. Jika sudah tahu apa jenis rambutmu, kamu pun dapat melakukan perawatan sesuai dengan jenisnya. Jangan salah melakukan perawatan, karena bisa-bisa rambutmu terlihat rusak dan tidak sehat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here