Home Beauty 15 Jenis Perawatan Facial yang Ditawarkan di Salon/Klinik Kecantikan

15 Jenis Perawatan Facial yang Ditawarkan di Salon/Klinik Kecantikan

jenis macam facial treatment layanan servis wajah kulit dokter klinik salon kecantikan estetika fungsi kegunaan manfaat bahaya aman kelebihan kelemahan tahapan prosedur mengatasi masalah
Jenis-jenis facial treatment | Foto: beautyperformance1.com

Highlight.ID – Memanjakan tubuh lewat perawatan pasti masuk dalam list kegiatan favorit bagi kaum hawa. Salah satunya dengan melakukan perawatan kulit. Ada begitu banyak jenis perawatan kulit yang berbeda-beda, dan kali ini yang akan kita bahas adalah facial. Mengapa facial seringkali menjadi salah satu perawatan favorit? Tentu karena manfaatnya yang bisa membersihkan, menghidrasi, juga meremajakan kulit wajah.

Dengan melakukan facial secara rutin, artinya impian memiliki kulit cerah dan sehat akan semakin mudah diwujudkan. Bagi kamu yang hobi facial, coba kenali 15 tipe dan manfaatnya di bawah ini. Penting untuk kamu ketahui, berbeda jenis kulit dan keluhan, berbeda pula jenis facial yang dipilih.




Macam-macam Perawatan Facial Beserta Kegunaannya

1. Normal Facial

Yang pertama adalah normal facial. Pada tahap ini, kulit wajah dibersihkan serta diberi pijatan lembut. Tentu banyak orang yang memilih tahap pemijatan wajah sebagai step paling favorit karena memang sangat nyaman! Sebagai bonus, pijatan yang dilakukan secara intensif dan diaplikasikan pada titik-titik wajah yang tepat akan memberimu kulit yang sehat dan bersinar. Welcome glowing skin!

2. Acne Facial

Khusus bagi kalian yang punya keluhan jerawat dan komedo, acne facial adalah jawabannya. Sel kulit mati akan diangkat dengan metode glycolic acid exfoliation, diikuti dengan pembersihan pori-pori secara manual. Berbeda dengan normal facial yang banyak melibatkan pijatan pada wajah, acne facial menghindari pijatan karena area yang ditangani cukup berjerawat. Untuk hasil maksimal, lakukan acne facial secara rutin, 2 kali dalam sebulan.

Baca juga:

3. Enzyme Facial

Facial yang bertujuan untuk mengatasi jerawat seringkali meninggalkan bekas kemerahan atau breakout pasca-perawatan. Dalam enzyme facial, penggunaan enzim khusus akan menekan risiko kulit kemerahan. Contohnya adalah enzim buah-buahan yang dipadukan dengan antioksidan bisa menekan kemungkinan merah dan bekas luka.

4. Microdermabrasion Facial

Di antara banyaknya perawatan facial, Microdemabrasion facial bisa memberi hasil “instant facelift” tanpa harus menjalani operasi apapun. Perawatan facial ini menggunakan alat bertekstur kasar untuk meratakan permukaan kulit. Dengan demikian, produksi kolagen untuk peremajaan kulit akan meningkat. Hasilnya? Kulit yang sangat lembut tanpa efek samping lebam yang bisa saja terjadi di metode lainnya.

5. Collagen Facial

Ada beberapa teknik yang digunakan dalam collagen facial, mulai dari pengasapan area kulit wajah, pembersihan pori-pori, pemijatan lymphatic drainage, dan pemberian masker mineral dalam lembaran kolagen untuk memberi efek hidrasi. Collagen facial adalah perawatan efektif untuk mencegah kerutan dan dark circles. Kandungan nutrisi yang ada pada krim sangat cocok untuk semua jenis kulit.

6. Anti-Aging Facial


Bagi perempuan yang berusia di atas 30 tahun, anti-aging facial bisa jadi pilihan. Tahapan perawatannya tidak jauh berbeda dibandingkan dengan facial standar, hanya saja digunakan bahan seperti kolagen dan serum antioksidan untuk meremajakan kulit. Sel kulit mati akan terangkat dan pori-pori dibersihkan dalam perawatan anti-aging facial.

7. Antioxidant Facial

Setelah anti-aging, yang tidak kalah penting adalah antioxidant facial untuk meremajakan kulit yang sehari-hari terpapar polusi udara. Krim dan masker yang digunakan dalam metode ini adalah vitamin A, vitamin E, dan betakaroten yang mengandung antioksidan pelawan radikal bebas.

8.Brightening Facial

Merasa kulit wajah kusam? Brightening facial jawabannya. Hal ini bisa jadi alternatif bagi kamu yang sehari-hari terpapar sinar matahari. Hyperpigmentation diatasi dengan menggunakan antioksidan yang diaplikasikan lewat masker vitamin C. Hasilnya, kulit segar dan bercahaya.

jenis macam facial treatment layanan servis wajah kulit dokter klinik salon kecantikan estetika fungsi kegunaan manfaat bahaya aman kelebihan kelemahan tahapan prosedur mengatasi masalah
Jenis-jenis facial treatment | Foto: tallypress.com

9. Acupuncture Facial

Jangan dikira akupuntur hanya berlaku untuk tubuh saja. Facial dengan metode yang berasal dari pengobatan tradisional Cina pun ada. Caranya adalah dengan menempatkan jarum-jarum ke area kulit yang rentan mengalami kerutan. Cara ini bisa menstimulus produksi kolagen dan elastin, yang membuat kulit semakin kencang dan mengurangi garis kerutan.

10. LED Facial

Juga dikenal dengan color light therapy, LED facial menggunakan sinar khusus untuk menstimulus pertumbuhan sel kulit. Biasanya LED facial dipilih mereka yang punya keluhan kulit berkerut, sunspots, kemerahan, dan lainnya. Tanpa rasa sakit, teknik LED facial bisa mengatasi jerawat sekaligus mencegah penuaan.

11. Gem Facial

Beberapa perawatan pijat menggunakan gem stone sebagai metodenya. Facial yang satu ini juga menggunakan gem jenis tertentu seperti amber atau onyx sebagai sumber perawatan. Dipadukan dengan minyak aromaterapi dan antioksidan, titik-titik sensitif kulit mendapat stimulus untuk peremajaan. Tak hanya itu, gem facial juga bisa menyeimbangkan level energimu. Pikiran juga akan menjadi lebih rileks saat menjalani perawatan gem facial.

12. Fruit Acid Facial


Sudah bukan rahasia lagi bahwa buah-buahan punya banyak manfaat untuk tubuh, termasuk saat digunakan sebagai bahan facial. Fruit acid facial menggunakan potongan buah seperti lemon, apel, dan lainnya. Manfaat yang berbeda-beda dari tiap buah berfungsi sebagai scrub dan pembersih wajah. Kandungan dalam lemon bisa mencerahkan warna kulit, sementara apel dengan malic acid di dalamnya bisa mengangkat sel kulit mati dengan baik. Manfaatnya selain kulit yang lebih bersih, juga wajah terhidrasi dengan tekstur yang lebih baik.

13. Contouring Facial

Berbeda dengan tipe facial yang lembut memijat kulit wajahmu, contouring facial yaitu memijat wajah dengan porsi yang sedikit lebih intensif. Alat microcurrent digunakan untuk mengencangkan otot dan menegaskan lekukan di area wajah, seperti tonjolan tulang pipi.

14. Gold Facial

Sudah pernah mencoba facial prestisius yang satu ini? Gold facial pertama kali ditemukan pada tahun 2006 di Jepang. Perawatannya memadukan bahan Gamma PGA yang mengandung emas 24 karat sebagai senjata utama melawan radikal bebas. Kandungan emas akan masuk ke dalam kulit dan membantu menghilangkan racun. Perawatan gold facial mampu membuat kulit mejadi lebih bersinar dan tampak muda.

15. Vampire Facial

Jenis facial yang disebut juga dengan Platelet Rich Plasma (PRP) ini adalah favorit dari mega bintang Kim Kardashian. Tanpa melibatkan prosedur operasi sama sekali, vampire facial dilakukan dengan cara memasukkan substansi yang bertekstur seperti gel. Mengapa disebut vampire? Jangan terkejut, karena substansi yang digunakan terbuat dari darah pasien itu sendiri. Manfaatnya adalah meremajakan kulit dan menghilangkan kerutan. Belum lagi kandungan hyaluronic acid yang bisa memperbaiki warna kulit.

Dari 15 jenis facial tadi, yang mana kira-kira paling sesuai dengan kebutuhanmu? Sesuaikan dengan keluhan di area wajah, kondisi kulit, termasuk budget! Kuncinya adalah di konsistensi merawat wajah. Facial jenis apapun akan memberi hasil terbaik jika diiringi dengan perawatan kulit yang tepat.



Artikel Menarik:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here