Home Beauty 8 Perawatan Rambut untuk Cewek Berhijab yang Gampang Dipraktikkan

8 Perawatan Rambut untuk Cewek Berhijab yang Gampang Dipraktikkan

Tips cara merawat rambut hijaber cewek muslimah treatment biar indah dan sehat
Ilustrasi | Foto: Unsplash.com/Muhammad Faiz Zulkeflee

Highlight.ID – Menggunakan hijab bukan berarti lantas kamu tak perlu merawat rambut. Sebab kamu mengira hijab sebagai pelindung rambut, padahal justru kamu harus ekstra perhatian dengan kesehatan rambut kamu loh hijabers!

Hijab yang kamu kenakan memang akan melindungi rambut dari paparan sinar matahari, hujan, atau asap polusi. Tetapi justru rambut yang tertutup sepanjang hari rentan berkeringat.

Kalau rambut kamu berkeringat dalam jangka waktu lama, maka itu akan meningkatkan produksi sebum (minyak) yang berlebih. Hal ini bisa membuat bakteri dan kuman menumpuk. Meskipun begitu, kamu tetap bisa kok merawat rambut hijaber. Berikut kami sajikan tips-tipsnya untuk kamu.




Tips Perawatan Rambut Hijaber Agar Tetap Sehat dan Indah

Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa kamu lakukan sebagai hijaber supaya kamu tetap memiliki rambut yang sehat dan indah, meskipun seharian mengenakan hijab. Cara merawat rambut hijaber memang lebih kompleks dibanding mereka yang tidak berhijab, tapi kamu harus tetap konsisten ya untuk merawat mahkotamu itu.

1. Beri waktu rambut untuk bernafas

Rambut yang terus tertutupi hijab dan biasanya diikat juga butuh bernafas. Jika kamu sudah selesai beraktivitas dan pulang ke rumah, lepas hijab dan biarkan rambutmu terurai. Biarkan rambutmu beristirahat, hal ini juga membantu pertumbuhan rambut dengan sempurna.

Selain itu, dengan membiarkan rambut terurai begitu saja juga akan membantu menghilangkan stren dan kepalamu akan lebih rileks. Sssttt… pastikan tidak ada pria yang melihatmu saat kamu melepas hijab ya, ladies!

Baca Juga:
5 Salon Kecantikan Muslimah di Indonesia yang Memanjakan Hijabers




2. Tidak terlalu kencang mengikat rambut

Supaya hijab yang dikenakan tidak mudah berantakan, biasanya para hijabers lebih dulu mengikat rambutnya nih. Tapi ingat ya, jangan terlalu kencang mengikat rambutnya.

Kebiasaan mengikat rambut ini bisa membuat rambut rontok parah dan rapuh. Kamu tentu tidak menginginkannya, bukan? Langkah ini adalah salah satu perawatan rambut khusus mereka yang berhijab, jadi harus kamu perhatikan ya.

3. Sisir rambut sebelum keramas

Tips yang ketiga ini mungkin sering terlewatkan oleh kalian yang berhijab. Padahal meskipun terdengar sepele, justru kebiasaan ini bisa sebagai cara mencegah rambut rontok loh.

Ikatan rambut saat mengenakan hijab bisa menekan rambut. Sisir rambut sebelum keramas bisa meluruskan kembali rambut yang kusut, dan merangsang sirkulasi darah ke kulit kepala. Hasilnya, pertumbuhan rambut bisa maksimal.

4. Menggunakan sampo sesuai jenis dan kondisi rambut

Saat ini ada banyak sekali jenis sampo yang diformulasikan untuk kondisi dan jenis rambut yang berbeda-beda. Supaya rambut kamu bernutrisi, dan mendapat perawatan dengan tepat, pilihlah sampo sesuai kondisi dan jenis rambut kamu.

Baca Juga:
Ingin Merawat Diri? Kenali Jenis-jenis Salon Kecantikan Beserta Layanannya

Pada umumnya, rambut hijabers cenderung berminyak dan lembap. Oleh karena itu, pilihlah sampo berbahan ringan, yang biasanya diperuntukkan untuk jenis kulit kepala sensitif.

Pemilihan sampo yang tepat akan mengurangi rambut gatal saat mengenakan hijab. Sehingga kamu akan selalu merasa nyaman meskipun menggunakan hijab sepanjang hari.

Catatan untuk cara merawat rambut hijaber nih, kamu tidak perlu kok keramas setiap hari. Justru kalau setiap hari keramas akan mengakibatkan minyak alami di kulit kepala jadi berkurang, rambut justru akan jadi kering.

5. Keringkan rambut sebelum pakai hijab

Cara merawat rambut hijaber memang gampang-gampah susah, tapi bukan berarti kamu abai ya. Tips lain yang bisa kamu lakukan sebagai perawatan rambut adalah dengan mengeringkan rambut terlebih dahulu sebelum mengenakan hijab.

Biarkan rambut mengering dengan sendirinya, atau dengan bantuan alat pengering rambut. Karena rambut yang masih basah akan lembap dan jadi sarang jamur jika langsung kamu kenakan hijab.



Baca Juga:
Moz5 Salon Muslimah Gunakan Produk Kosmetik Racikan Sendiri

Oya, jangan juga langsung mengikat rambut dalam keadaan basah ya. Karena kebiasaan buruk ini bisa membuat rambut kamu tegang dan muncul ketombe.

6. Gunakan masker rambut

Sama seperti wanita yang tak berhijab, kamu juga perlu loh menggunakan masker rambut sebagai cara merawat rambut hijaber. Menggunakan masker rambut secara rutin akan membuat rambut berkilau, ini juga jadi cara melembutkan rambut dengan sederhana.

Tidak harus ke salon kok, jika kamu mau, melakukannya sendiri di rumah juga bisa kok. Bahan-bahan yang kamu butuhkan seperti minyak zaitun, minyak almond, atau minyak kelapa yang terkenal ampuh dalam perawatan rambut.

Lidah buaya juga bisa kamu gunakan sebagai masker rambut ya, atau menggunakan masker rambut yang banyak dijual di pasaran. Setidaknya gunakan masker rambut 1 sampai 3 kali dalam seminggu.

Baca Juga:
Perawatan Kecantikan yang Halal untuk Wanita di Wardah Beauty House

7. Kenakan hijab yang tepat

Kebanyakan poin ini terabaikan, padahal jika kamu mengenakan hijab yang tidak tepat akan berdampak buruk bagi rambut. Misalnya kamu mengenakan hijab dengan serat yang terlalu rapat, ini akan membuat kamu lebih banyak berkeringat dan membuat rambut jadi lepek.

Usahakan pilih hijab yang tidak membuat kamu gerah, apalagi jika kamu beraktivitas di luar ruangan. Baiknya kenakan hijab dari bahan katun yang membuatmu lebih merasa sejuk daripada bahan dari serat sintetis.

8. Penuhi berbagai nutrisi harian

Kalau kamu ingin memiliki rambut yang sehat dan indah walaupun mengenakan hijab, jangan sepelekan untuk memenuhi nutrisi harianmu. Penuhi asupan air, makan bersih dan sehat, serta minum vitamin bisa cara merawat rambut secara alami.

Perbanyak konsumsi sayuran, ikan, buah-buahan, serta kacang-kacangan setiap harinya. Sementara, hindari terlalu berlebihan konsumsi gula, karbohidrat, makanan cepat saji, serta soda supaya mencegah dari kerusakan rambut.

Itu dia beberapa cara merawat rambut hijaber supaya tetap sehat dan indah. Sekarang tidak khawatir lagi meskipun kamu mengenakan hijab sepanjang hari. Jika perawatan rambut yang kamu lakukan benar, kamu tetap akan memiliki rambut sehat dan indah kok. Selamat mencoba!