
Highlight.ID – Metode pemasaran yang paling sering diterapkan adalah sales promotion yang bertujuan untuk mendapatkan pelanggan, meningkatkan keuntungan, dan memperkuat brand awareness. Umumnya, perusahaan menjalankan promosi penjualan pada waktu-waktu tertentu. Promosi penjualan juga berguna untuk mendukung kegiatan pemasaran lainnya seperti peluncuran produk dan jasa misalnya.
Ada berbagai alasan mengapa penting bagimu untuk memasukkan promosi penjualan dalam strategi pemasaranmu. Konsumen semakin skeptis terhadap berbagai penawaran produk. Konsumen membutuhkan semacam stimulan agar mereka lebih termotivasi untuk segera mengambil tindakan, pembelian produk adalah salah satunya
Promosi penjualan jangka pendek diadakan untuk waktu yang terbatas untuk memberikan rasa urgensi kepada konsumen. Dengan demikian, mereka memiliki alasan yang kuat untuk segera membeli produk tersebut. Karena jika tidak, mereka berisiko kehilangan kesempatan untuk mendapatkan produk dengan harga lebih murah.
1. Giveaways
Pada dasarnya semua orang menyukai barang gratisan berupa barang gratisan atau barang dagangan bermerek. Kamu memberikan hadiah sebagai imbalan bagi mereka yang berpartisipasi dalam program ini. Program promosi seperti giveaway sering dijumpai di media sosial.
Hadiah adalah cara bagi bisnis untuk berbagi kebahagiaan dan menciptakan gebrakan yang berdampak. Perlu kamu ingat, meskipun kamu memberikan barang secara gratis, kamu tetap mendapatkan keuntungan dari program ini.
2. Kupon
Bentuk promosi populer lainnya adalah kupon untuk mendorong konsumen membeli produkmu secara instan. Kamu dapat memberi mereka kupon cetak atau digital. Selanjutnya, masyarakat akan menukarkan kupon untuk barang tertentu atau mendapatkan harga khusus ketika memasukkan kode kupon pada formulir pembelian.
Baca Juga:
Pengertian dan Tujuan Promosi yang Pebisnis Wajib Ketahui
Kupon biasanya diberikan kepada konsumen dalam waktu yang terbatas. Untuk mengajak orang membeli produkmu, jangan lupa untuk selalu mencantumkan tanggal kedaluwarsa pada kupon. Kupon memberi pelanggan baru kesempatan untuk mencoba produkmu dengan harga lebih murah. Sedangkan dari sisi perusahaan, kupon berguna untuk menjaga loyalitas mereka.
3. Penjualan kilat
Biasanya berlangsung sehari pada jam-jam tertentu, flash sale mampu membangkitkan rasa urgensi penonton. Cara ini terbukti ampuh mendorong konsumen untuk segera membeli produkmu. Karena kecepatannya dalam mendongkrak penjualan, flash sale banyak digunakan oleh banyak pelaku bisnis online.
Dengan waktu yang sangat terbatas, manusia tidak memiliki banyak waktu untuk berpikir panjang. Flash sale memberikan kesempatan kepada konsumen untuk membeli barang dengan harga di bawah harga normal. Untuk menjalankan flash sale, pelaku bisnis sering menggunakan media sosial atau aplikasi e-commerce yang menyediakan fitur live streaming.
4. Pengiriman atau pengembalian gratis
Salah satu pertimbangan utama ketika konsumen membeli secara online adalah biaya pengiriman. Mereka mungkin relatif mahal tergantung pada berat barang dan jarak pengiriman. Kamu bisa mengatasinya dengan menawarkan gratis ongkos kirim jangka pendek untuk produk atau pesanan tertentu dengan minimum pembelian. Biasanya konsumen akan lebih tergiur untuk membeli barang tanpa harus memikirkan biaya pengiriman.
Selain itu, kamu dapat menawarkan pengembalian gratis untuk produk yang rusak atau tidak sesuai harapan. Pengiriman dan pengembalian gratis bukan hanya program promosi sementara. Dari sudut pandang pelanggan, hal ini akan memberi mereka rasa aman bahwa pesanan terjamin kualitasnya dan tiba dalam kondisi baik.
5. Diskon produk
Satu hal yang paling dinantikan konsumen adalah diskon produk. Ini adalah kesempatan di mana konsumen dapat membeli barang dengan harga lebih murah dari biasanya. Kamu bisa menawarkan produk dengan diskon 15%, 20% atau 30% misalnya.
Diskon produk adalah cara paling efektif untuk membuat orang membeli sesegera mungkin. Pastikan kamu menawarkan diskon waktu terbatas agar bisnismu tetap menguntungkan. Namun perlu kamu ingat untuk tidak terlalu sering memberikan diskon karena justru akan menurunkan brand image.
6. Program loyalitas
Kesuksesan bisnis bisa ditentukan oleh banyak faktor, salah satunya pelanggan setia. Untuk menghargai mereka, kamu dapat menawarkan program loyalitas. Hal ini menunjukkan bahwa perusahaan memiliki kepedulian yang lebih, terutama terhadap pelanggan setianya.
Selain itu, program loyalitas adalah cara yang baik untuk mempertahankan loyalitas mereka. Kamiu perlu meminta pelanggan untuk mendaftar ke kartu program loyalitas yang memberikan beberapa keuntungan khusus seperti poin dan diskon. Poin loyalitas memberi insentif kepada pelanggan untuk terus membeli darimu berulang-ulang.