Home Business Macam-macam SPG & SPB Berdasarkan Produk yang Dijual

Macam-macam SPG & SPB Berdasarkan Produk yang Dijual

jenis sales promotion girl SPG tugas

Highlight.ID – Sebagai garda terdepan perusahaan, Sales Promotion Girl/Boy (SPG/B) berperan dalam menarik perhatian pelanggan dan mendorong mereka untuk membeli produk melalui promosi langsung dan penjelasan produk. Perusahaan yang membutuhkan tenaga SPG/B berasal dari berbagai kategori produk mulai dari F&B, kosmetik hingga otomotif.

Tak sebatas mempromosikan dan menjual produk, SPG/B yang baik memastikan bahwa produk ditampilkan dengan cara yang positif dan profesional, yang dapat memperkuat citra merek. Perusahaan biasanya menempatkan Sales Promotion Girl (SPG) di lokasi-lokasi strategis untuk memaksimalkan dampak promosi mereka.

SPG/B bisa bekerja di dalam toko atau gerai ritel, terutama di area dengan lalu lintas pelanggan yang tinggi, untuk memberikan informasi langsung dan mendemonstrasikan produk. Mereka juga bisa ditempatkan di pameran industri, acara peluncuran produk, atau acara promosi khusus untuk menarik perhatian pengunjung dan memberikan informasi tentang produk.

Di area promosi di supermarket atau mall, di mana mereka dapat menjangkau banyak konsumen dalam waktu singkat selalu ada SPG/B. Untuk produk kesehatan dan farmasi, SPG dan SPB ditempatkan di klinik atau apotek untuk memberikan informasi dan edukasi langsung kepada pelanggan atau tenaga medis.

Baca Juga:
Sales Promogion Girl (SPG): Prospek Kerja & Jenis-jenisnya

Beberapa lokasi strategis yang ramai seperti stasiun, bandara, pom bensin, dan terminal bus kadang ditemukan SPG/B. Penempatan ini disesuaikan dengan jenis produk yang dipromosikan dan target pasar yang ingin dijangkau.

Macam-macam SPG/B

1. SPG/B Makanan & Minuman

SPG & SPB di perusahaan food & beveraga (F&B) bertanggung jawab untuk mempromosikan berbagai jenis minuman atau minuman dengan cara menjelaskan manfaat dan fitur produk kepada pelanggan. Mereka menawarkan sampel minuman dan makanan untuk memberikan pengalaman langsung kepada konsumen, sehingga mereka dapat merasakan kualitas produk.

Selain itu, mereka juga menjaga tampilan produk di area promosi agar tetap menarik dan teratur. Dalam kegiatan promosi, seperti acara pameran atau roadshow, SPG/B berperan aktif untuk menarik perhatian pengunjung dan mengumpulkan feedback tentang produk.

jenis sales promotion girl SPG tugas
Ilustrasi | Foto: freepik.com

2. SPG/B Kosmetik

Di perusahaan kosmetik, SPG/B berperan penting dalam memperkenalkan dan mempromosikan produk kecantikan kepada konsumen. Tugas utama mereka meliputi memberikan demonstrasi penggunaan produk kosmetik, menjelaskan manfaat serta keunggulan setiap item, dan memberikan sampel untuk dicoba langsung oleh pelanggan.

Mereka juga bertanggung jawab untuk menjaga display produk tetap rapi dan menarik di area toko atau acara promosi. Selain itu, SPG/B Kosmetik atau Beauty Advisor terlibat dalam acara peluncuran produk baru atau promosi khusus, serta mengumpulkan umpan balik dari pelanggan untuk membantu perusahaan memahami preferensi pasar.

3. SPG/B Elektronik

Peran strategis dalam menarik perhatian konsumen dan mempromosikan produk teknologi ada di pundak SPG/B. Tugas utama mereka meliputi mendemonstrasikan fitur dan fungsi produk elektronik, seperti gadget, perangkat audio, atau peralatan rumah tangga, untuk menunjukkan manfaatnya secara langsung kepada pelanggan.

SPG dan SPB Elektronik juga bertanggung jawab untuk menjelaskan keunggulan teknis produk dan menjawab pertanyaan teknis dari calon pembeli. Selain itu, mereka memastikan display produk di toko teratur dan menarik, serta terlibat dalam acara promosi atau pameran untuk meningkatkan visibilitas produk. Kemampuan untuk memberikan penjelasan yang jelas dan menarik sangat penting untuk membujuk pelanggan dan mendorong keputusan pembelian.

4. SPG/B Fashion

Tugas SPG maupun SPB mempromosikan koleksi pakaian dan aksesori kepada pelanggan. Informasi detail tentang produk, seperti bahan, ukuran, dan tren mode terkini disampaikan kepada calon pembeli. SPG/B Fashion membantu pelanggan dalam memilih pakaian yang sesuai dengan gaya dan kebutuhan mereka, serta memberikan saran mengenai cara memadupadankan (mix and match) item.

Mereka juga bertanggung jawab untuk menjaga display produk di toko agar selalu rapi dan menarik. Selain itu, SPG dan SPB Fashion terlibat dalam acara promosi, peluncuran koleksi baru, dan kampanye pemasaran untuk meningkatkan brand awareness dan menarik minat pelanggan.

Baca Juga:
Jenjang Karier SPG Beserta Tugas & Tanggung Jawabnya

5. SPG/B Otomotif

Perusahaan otomotif membutuhkan tenaga SPG dan SPB untuk mempromosikan kendaraan seperti sepeda motor dan mobil dan menarik minat pelanggan. Tugas utama mereka meliputi memberikan informasi detail tentang berbagai model mobil atau sepeda motor. Informasi produk termasuk spesifikasi teknis, fitur keselamatan, dan keuntungan dari masing-masing kendaraan.

SPG/B juga melakukan demonstrasi langsung, seperti memberikan tur atau menjelaskan fitur-fitur canggih di dalam mobil kepada calon pembeli. Selain itu, mereka berperan dalam menjaga tampilan area pameran mobil agar tetap menarik dan informatif, serta berpartisipasi dalam acara promosi atau pameran otomotif untuk meningkatkan visibilitas produk.

6. SPG/B Farmasi

Di perusahaan farmasi, Sales Promotion Girl/Boy bertugas mempromosikan produk kesehatan dan obat-obatan kepada konsumen atau tenaga medis. Pekerjaan mereka termasuk memberikan informasi yang akurat tentang manfaat, dosis, dan efek samping produk, serta menjelaskan perbedaan antara berbagai produk farmasi.

SPG/B juga sering terlibat dalam memberikan sampel produk kepada pelanggan atau dokter, serta menjelaskan cara penggunaan yang benar. Selain itu, mereka menjaga tampilan produk di apotek atau klinik agar selalu rapi dan mudah diakses, serta berpartisipasi dalam acara edukasi atau pameran farmasi untuk meningkatkan kesadaran tentang produk.

7. SPG Rokok

Biasanya, SPG Rokok berjenis kelamin perempuan yang terlihat di event-event seperti pameran, konser musik hingga tempat-tempat umum. SPG Rokok mempromosikan berbagai merek dan jenis produk tembakau. Mereka memberikan informasi tentang berbagai jenis rokok, termasuk keunggulan merek, rasa, dan pilihan produk lainnya.

SPG Rokok juga sering memberikan sampel produk kepada konsumen di acara-acara promosi atau di titik penjualan untuk menarik perhatian. Mereka juga menjaga tampilan produk di booth temporer agar tetap rapi dan menarik. Keberadaan SPG sering terlihat dalam acara promosi atau pameran.

Baca Juga:
Apa itu SPG Event & SPG Reguler? Kenali Perbedaannya

8. SPG/B Ponsel

Peran SPG/B di perusahaan handphone termasuk mempromosikan berbagai model ponsel dan aksesori terkait. Pekerjaan utama mereka termasuk memberikan demonstrasi langsung tentang fitur dan spesifikasi ponsel, menjelaskan manfaat dan keunggulan masing-masing model. Mereka juga membantu pelanggan dalam memahami cara penggunaan fitur-fitur canggih.

SPG/B juga bertanggung jawab untuk menjaga area display ponsel agar rapi dan menarik, serta memastikan bahwa perangkat selalu dalam kondisi yang siap untuk didemonstrasikan. Mereka sering terlibat dalam acara peluncuran produk baru, pameran teknologi, atau promosi khusus untuk menarik perhatian calon pembeli.

9. SPG/B Bank

SPG/B Bank memperkenalkan dan mempromosikan berbagai produk dan layanan keuangan kepada nasabah dan calon pelanggan. Informasi yang disampaikan yakni berbagai produk bank seperti rekening tabungan, pinjaman, dan layanan investasi.

Mereka juga bertanggung jawab untuk menjelaskan manfaat dan fitur dari setiap produk dengan jelas dan membantu nasabah dalam proses pendaftaran atau aplikasi. Selain itu, SPG terlibat dalam acara promosi, seminar, dan pameran keuangan untuk menarik perhatian dan meningkatkan kesadaran tentang penawaran bank.