Home Arts JFW 2024 Usung Tema “Fashion Continuum: Bridging Generations”

JFW 2024 Usung Tema “Fashion Continuum: Bridging Generations”

Highlight.ID – Jakarta Fashion Week (JFW) 2024, telah resmi dibuka pada 23 Oktober 2023, menggabungkan tren, kecantikan, inovasi, dan kolaborasi dalam perayaan fashion yang spektakuler. Bertempat di City Hall, Pondok Indah Mal III, Jakarta Selatan, pekan mode terbesar di Indonesia ini menggabungkan berbagai industrikreatif dan para pelaku mode lintas generasi dalam sebuah panggung penuh gaya dan inspirasi dengan sebuah tema, “Fashion Continuum: Bridging Generations”.

Membuka gelaran JFW 2024, Svida Alisjahbana, Chairwoman Jakarta Fashion Week & CEO GCM Groupm enyebutkan bahwa JFW adalah katalisator perkembangan fashion Tanah Air.

“Fashion Continuum: Bridging Generations adalah spirit kuat yang menggambarkan JFW sebagai wadahkreatif untuk merayakan industri mode Indonesia yang dibanggakan dan juga menjadi jembatan bagi fashion Indonesia di kancah global. Kami senantiasa ingin mendampingi, mewadahi, dan membantu mengembangkan karya desainer di setiap generasi,” jelas Svida.

Jakarta Fashion Week 2024 diawali dengan show Perayaan 44 Tahun Lomba Perancang Mode (LPM) yangmenampilkan parade para alumni LPM, LPA (Lomba Perancang Aksesori), dan LPMM (Lomba PerancangModeMenswear) dari awal kompetisi pada tahun 1979 hingga 2022. Mereka adalah Chossy Latu, ItangYunasz, Carmanita, Denny Wirawan, Ferry Sunarto, Sally Koeswanto, Priyo Oktaviano, Andreas Odang, Billy Tjong, Albert Garry Yanuar, Natalia Kiantoro, Juliana Ng, Yelly Lumentu (Day and Night), Ansy Savitri, Frederika Cynthia Dewi, Adrie Basuki, Widi Asari, Temma Prasetyo, Kimberly Lintungan (Soeithe), Henri Winata, Sally Koeswanto, Yonatan Digo, Matias Abednego, Amelia Kartikasari, Hian Tjen, dan tak ketinggalan Ardina Gona Gan.

Melalui opening show ini, dapat terlihat bahwa kehadiran awal LPM selama lebih dari empat dekade telah melahirkan para perancang mode yang tidak hanya sukses, tapi juga berpengaruh di Indonesia.

Berbagai Persembahan yang Patut Ditunggu

Selama tujuh hari, JFW 2024 menghadirkan serangkaian program dan penghargaan yangpenuhinovasidan kreativitas sebagai bentuk kurasi berlapis oleh JFW. Lebih dari 100 perancang modenasional dan internasional akan menampilkan karya-karya terbaiknya di runway Ada nama-nama sepertiOscar Lawalata Culture, Ivan Gunawan, Didiet Maulana, Danjyo Hiyoji, Ernesto Abram, BINhouse, MORAL, Sean Sheila, Stellarissa, Sejauh Mata Memandang, Starry, Tanah Le Sae, hingga Buttonscarves, IKYK, danRiaMiranda.

Dewi Fashion Knights yang selalu dinantikan pencinta mode akan kembali hadir dalam dua sesi, #DFK2023 “TheVisionary” mempersembahkan JanSober, RamaDauhan, Byo untuk kategori ready-to-wear dan #DFK2023 “TheArtistry” mempersembahkan Hian Tjen, Mahija sebagai perancang mode adibusana. Sedangkan bagi perancang-perancang muda atau jenama-jenama lokal yang tergolong baru berdiri, JFW menganugerahkan Fashion Force Award2023.

JFW 2024 juga akan menjadi tempat kelahiran perancang muda berbakat baru yang berkompetisi pada Lomba Perancang Mode 2023. Dari sekitar lebih 300 karya yang masuk, telah terpilih 10 finalis yang sukses menerjemahkan tema “Authenticity”. Hasil karya para finalis akan diperagakan pada runway JFW 2024. Para pemenang akan memperoleh beasiswa kursus di Istituto Marangoni juga uang tunai dengan total hadiah senilai puluhan juta rupiah.Selain itu, akan dipilih pemenang APR Awards yang akan mendapat pasokan kain berkualitas tinggi dari Asia Pacific Rayon.

Tidak hanya menampilkan peragaan busana di runway, ada pameran dan pop-up-store yang dapat dikunjungi publik. Fashionlink yang berada di atrium PIM III lantai 3 menyediakan produk-produk mode dan kecantikandari JFW. Sedangkan, koleksi mode dan kecantikan premium dari para desainer dan jenama JFW terkemuka ada di Dewi’s Luxe Market.

Eksistensi JFW sebagai pekan mode berpengaruh di Indonesia juga terwujud berkat kerja sama yang eratdenganinstitusi-institusi nasional dan internasional selama bertahun-tahun. Dukungan untuk JFW 2024 diberikan juga oleh Pemerintah DKI Jakarta, Pemerintah Kota Medan, dan Provinsi Nusa Tenggara Timur melalui Dekranasda NTT.

Pemerintah Korea Selatan melalui Korea Creative Agency (KOCCA) Indonesia dan Kedutaan Besar Australia di Jakarta beserta Negara Bagian Victoria turut memberikan dukungan kepada JFW dengan menampilkan perancang-perancang mode pilihan mereka. Sebut saja Vegan Tiger dan LIE by Lee Chung Chung dari Korea Selatan yang mewakili Korea Creative Agency (KOCCA) Indonesia. Sementara desainer Wa-ring, dan Yanggurdi akan mewakili Kedutaan Besar Australia di Jakarta beserta Negara Bagian Victoria

Agar JFW dapat lebih luas dinikmati oleh pemerhati fashion, JFW 2024 tak hanya bisa disaksikan secaralangsung di City Hall, PIM III namun juga melalui JFW.TV, YouTube, Vidio, DensTV, dan Fashion TV. Tidaklupa, berbagai info terbaru dan paling update pada kanal-kanal media sosial resmi JFW, seperti Instagram, Facebook, X, dan TikTok. Hal ini berkaca dari kesuksesan JFW yang diadakan secara luring maupun daring pada tahun 2022 lalu.

Menurut Andandika Surasetja, Creative Director Jakarta Fashion Week, tema Jakarta Fashion Week 2024 mencerminkan semangat inklusi dan kolaborasi dalam kenghadapi perubahan zaman.

“JFW menjadi tempat di mana para perancang, label, media, dan penggemar mode dapat berinteraksi danmerayakan kreativitas bersama, dengan tujuan memajukan industri mode Indonesia dengan rasa bangga,” ujarnya.

Sinergi Mode dan Kecantikan

Mode dan kecantikan merupakan dua ranah yang sangat terkait dan akan senantiasa saling melengkapi.Dukungan penuh dari Pond’s Age Miracle Indonesia dan Buttonscarves Beauty memastikan penggemarmode memperoleh pengalaman menakjubkan dari kreasi dan kolaborasi para perancang serta pelaku mode yang terlibat di JFW 2024.

Perawatan kecantikan akan memberi hasil optimal jika dimulai sejak dini dan dilakukan secara konsisten. Sejalan dengan itu, Pond’s Age Miracle terus menguatkan komitmen dalam menginspirasi dan memberidukungan, khususnya kepada para perempuan muda di dunia mode. Melalui kolaborasi Pond’s Age Miracle dan JFW 2024, Pond’s Age Miracle mengapresiasi 35 Female Fashion Frontiers, perempuan-perempuan terpilih yang tekun dan inovatif dalam menghasilkan karya mode. Pond’s Age Miracle bangga menjadi bagian perjalanan mereka dalam mewujudkan mimpi sebagai sosok berpengaruh di dunia mode, karena Pond’s percaya bahwa #MiraclesStartNow!

Kebutuhan para produk kecantikan untuk para fashion enthusiast juga didukung penuh oleh ButtonscarvesBeauty.Linikecantikandengantagline“LimitlessBeauty”yangadasecaraeksklusif di pekan mode ini diharapkan dapat menginspirasi setiap individu di JFW2024.

Pada tahun ini, Jakarta Fashion Week 2024 juga didukung oleh Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif ProvinsiDKI Jakarta, Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Timur, Medan, Lux Body Wash, Infinix, Philips HandheldSteamer,Epson,AsiaPasificRayon,Daliatex Kusuma, Modinity Group, InterContinental Jakarta Pondok Indah, Vastuhome, L’Oreal Professionnel, Artisan Pro, Four Seasons Jakarta, Mr. Ishii Konnyaku and Shirataki, Yellow Fit Kitchen, Jumpstart, Golden Sparkling, Bank Mandiri, KJRI New York, Kedubes Australia, Government of Victoria, KOCCA Indonesia, AMFOC, HDII Jakarta, Biroe, TACO, CELLUX, VMID, Rica Ishak,Dintera, TMS Creative, Eschol Green, Aqua, Gouw, Fore Coffee, Teazzi, Sunpride, Sunpride Lyfe, Hometown Dairy, Panasonic Television, iSeller, Viro, Idefab, Jumah Cenik, Hilios Power Quantum, Accoustic Pro, Chroma, CBN, East Indies Gin, Nusantara Cold Brew, Bacardi, SKYY Vodka.