Home Business Junior Chamber International (JCI), Aksi Pemuda untuk Masyarakat

Junior Chamber International (JCI), Aksi Pemuda untuk Masyarakat

organisasi kepemudaan junior chamber international jci chapter sleman yogyakarta inauguration pelantikan anggota member pemimpin kegiatan aktivitas kantor sekretariat
Inauguration Junior Chamber International (JCI) Chapter Sleman (20/1/2019) | Foto: Dok. Highlight.ID

Highlight.ID – Berdiri sejak tahun 1915, Junior Chamber International (JCI) telah berkembang di ratusan negara di dunia, termasuk Indonesia. Organisasi kepemudaan non politik dan non sektarian yang berpusat di Amerika Serikat ini bahkan telah berafiliasi dengan Persatuan Bangsa-bangsa (PBB). Di Indonesia sendiri, JCI yang beranggotakan pemuda berusia 18 hingga 40 tahun telah ada sejak tahun 1970-an.

“JCI ini adalah organisasi kepemudaan di tingkat internasional. Kita sudah berafiliasi dengan PBB,” ujar Freeda Musthikasari, Founder JCI Chapter Sleman, pada Inagurasi JCI Sleman 2019 pada Minggu (20/1/2019). Acara yang dilangsungkan di Orchid Ballroom, The Rich Hotel, Sleman, Yogyakarta tersebut diisi dengan Pelantikan Local Board of Director JCI Sleman 2019.

Baca juga:

Freeda menjelaskan bahwa bahwa JCI tidak terbatas pada bisnis atau kewirausahaan saja.”Di sini (JCI) kita belajar yang namanya Community, Individual, International, dan Business,” jelas Freeda.

Berbeda dengan organisasi lainnya, masa kepengurusan JCI hanya berlangsung selama 1 tahun. Setiap tahun pula, terjadi pergantian kepemimpinan dan kepengurusan. “Organisasi ini memang unique, 1 tahun pembelajaran, kemudian tahun berikutnya dirubah lagi bentuk kepengurusannya,” jelas Freeda.

Ia pun berharap JCI mampu melakukan kegiatan-kegiatan positif yang melibatkan para pemuda di wilayah Sleman dan Yogyakarta khususnya.

organisasi kepemudaan junior chamber international jci chapter sleman yogyakarta inauguration pelantikan anggota member pemimpin kegiatan aktivitas kantor sekretariat
Yessika Nandya, Project Director, memberi sambutan pada Inauguration Junior Chamber International (JCI) Chapter Sleman (20/1/2019) | Foto: Ist.

Dalam kesempatan yang sama, Sri Muslimatun, Wakil Bupati Sleman, atas nama pribadi dan Pemerintah Kabupaten Sleman menyambut baik kehadiran JCI Sleman untuk membangun Sleman dan Indonesia agar dapat lebih maju. “Sungguh saya berharap dari hati saya yang paling dalam, pengurus baru JCI Chapter Sleman akan mengoptimalkan JCI Chapter Sleman sebagai wadah bagi para entrepreneur muda untuk dapat lebih mengembangkan potensi-potensi kewirausahaan.”

“Selain itu, saya juga berharap, organisasi ini bisa menjadi wadah silaturrahim antar pengusaha muda dan juga sebagai tempat berbagi ilmu, baik itu ilmu pengetahuan maupun keterampilan terutama di bidang kewirausahaan,” ujar Sri Muslimatun. Ia juga berharap agar pengurus JCI Sleman dapat menyelenggarakan program-program yang inovatif dan sesuai dengan perkembangan zaman.

Sri Muslimatun menjelaskan bahwa antara pemerintah daerah dengan dunia usaha harus ada hubungan yang harmonis untuk mencapai cita-cita bersama yaitu meningkatkan kesejahteraan masyarakat. “Tujuan ini perlu diusung bersama dengan melibatkan lintas sektoral. Tidak hanya dari pemerintah tapi juga dari para pelaku usaha,” lanjutnya.

Menurut Sri Muslimatun, Kabupaten Sleman menyimpan berbagai macam potensi yang bisa terus dikembangkan. Ia berujar, “Tentu saja, pengusaha lah yang harus bersikap proaktif dan kreatif dalam melihat berbagai peluang usaha sehingga mampu mengembangkan usaha yang menguntungkan.”

Sedangkan Michael Sundjaja selaku Deputy National President JCI Indonesia mengatakan, “Tujuan utama kami adalah menjadi pemuda yang aktif dan memberikan dampak jangka panjang. Menurutnya, JCI memiliki beberapa acara tahunan seperti Asia Pacific Conference dan World Congress. Michael mengungkapkan bahwa tahun 2019 ini merupakan tahun yang bersejarah karena untuk pertama kalinya Presiden JCI seluruh dunia berasal dari Indonesia.

Sementara itu, Yessika Nandya, Project Director Inauguration JCI Sleman 2019 mengatakan, “Dengan adanya Inagurasi atau pelantikan (JCI Sleman) ini, kami sebagai kaum muda kabupaten Sleman berkomitmen untuk memulai dan terus menumbuhkan semangat dalam menjalankan kegiatan yang berdampak bagi masyarakat.”

Selanjutnya, ia berharap elemen-elemen organisasi JCI dapat menjalin sinergi dengan berbagai pihak (stakeholders) termasuk pemerintah daerah untuk pemberdayaan pemuda di wilayah Kabupaten Sleman.