Home Arts 7 Jurusan Kuliah Paling Pas Buat Kamu yang Suka Fashion

7 Jurusan Kuliah Paling Pas Buat Kamu yang Suka Fashion

Jurusan program studi prodi pendidikan kuliah sekolah fashion design prospek peluang kerja karier profesi
Ilustrasi | Foto: vibeconsulting.co

Highlight.ID – Sebagai industri yang sangat dinamis, fesyen menawarkan banyak peluang pekerjaan. Beragam profesi bisa ditekuni di bidang fesyen mulai dari fashion designer hingga fashion illustrator. Selain itu, ada pula profesi yang di luar fashion design tapi mempunyai peran yang sangat signifikan seperti misalnya fotografer hingga staff public relations. Setiap profesi tentu bisa dipilih sesuai minat dan keterampilan yang dimiliki.

Bicara tentang keterampilan, kamu bisa kuliah di jurusan yang dapat mengantarkanmu ke dunia fesyen. Beberapa di antaranya yakni jurusan Fashion Design, Fashion Business, Fashion Illustration, Fotografi, Ilmu Komunikasi, dan Desain Komunikasi Visual (DKV).




Senang Fesyen? Ini Jurusan Kuliah Paling Cocok Untukmu

1. Fashion Design

Sudah banyak kisah sukses desainer lokal yang mampu mengharumkan nama Indonesia hingga ke mancanegara. Namun untuk berkarier sebagai fashion designer membutuhkan keterampilan dan pengetahuan khusus. Oleh karena itu, Jurusan Fashion Design atau Tata Busana menjadi pilihan bagi mereka yang ingin menjadi desainer fesyen. Beberapa universitas negeri di Indonesia membuka Program Studi Tata Busana seperti Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) dan Universitas Negeri Jakarta (UNJ).

Materi-materi yang bisa dipelajari di Jurusan Fashion Design seperti Sketsa Busana, Kriya Tekstil, Keserasian Busana, Teknik Pembuatan busana Pria dan Wanita, Teknik Dasar Menjahit, Tailoring, Draping, dan lainnya. Gak hanya sekadar mendesain busana, seorang desainer juga harus memikirkan cara agar desain tersebut dapat diwujudkan dalam bentuk jadi. Biasanya, desainer fesyen lebih memilih untuk berbisnis dan mengelola label sendiri.

Baca Juga: 7 Pekerjaan di Bidang Fashion yang Menarik untuk Ditekuni

2. Fashion Business




Fashion Business merupakan jurusan yang cocok buat kamu yang ingin mendalami aspek bisnis di industri mode. Kamu akan mempelajari banyak hal mulai dari strategi bisnis hingga tren yang berkembang saat ini hingga masa mendatang. Dengan demikian, kamu akan mengetahui bagaimana kebutuhan konsumen dan kondisi pasar yang sesungguhnya.

Lulusan Fashion Business diharapkan dapat menganalisis tren fashion dilihat dari berbagai aspek mulai dari sosial, budaya, dan ekonomi. Di Indonesia sendiri, jurusan ini masih tergolong jarang. Setelah lulus, kamu dapat bekerja di industri fashion dan menempati posisi strategis seperti bagian pemasaran misalnya.