Home Arts 7 Jurusan Kuliah Paling Pas Buat Kamu yang Suka Fashion

7 Jurusan Kuliah Paling Pas Buat Kamu yang Suka Fashion

3. Fotografi

Hobi foto-foto? Nah, buat kamu yang gemar memotret, Jurusan Fotografi dapat menjadi pilihan. Jurusan Fotografi mengajarkan mahasiswa untuk bisa mengabadikan momen atau peristiwa ke dalam karya seni fotografi yang menonjolkan nilai estetika. Mahasiswa fotografi dapat belajar dan mempraktikan fotografi ekspresi, fotografi komersial, dan fotografi jurnalistik. Tak hanya belajar di kampus, mahasiswa juga berkesempatan menimba pengalaman di lapangan lewat mata kuliah Kerja Profesi.

Baca Juga:
Mau Belajar Fashion? Ini 7 Universitas Negeri yang Buka Prodi Tata Busana

Beberapa kampus yang membuka Jurusan Fotografi di antaranya yakni Institut Seni Indonesia (ISI) Yogyakarta, Institut Kesenian Jakarta (IKJ), Universitas Trisakti, dan ISI Surakarta. Beberapa mata kuliah yang dipelajari di Jurusan Fotografi yakni Analog Fotografi, Digital Imaging, Fotografi Periklanan, dan sebagainya. Nah, selanjutnya fotografer juga bisa fokus pada bidang tertentu seperti fashion misalnya. Bahkan fotografer memiliki prospek yang cemerlang seiring makin banyaknya merek fesyen lokal yang bermunculan. Fotografer bisa menangani secara langsung sesi pemotretan produk-produk fashion untuk keperluan komersial.

4. Ilmu Komunikasi



Jurusan Ilmu Komunikasi kian diminati memberikan peluang kerja yang sangat luas. Setelah lulus kuliah kamu bisa mencoba melamar di perusahaan fashion sebagai staff public relations (PR) atau marketing communication (marcomm) dengan bekal pendidikan Ilmu Komunikasi. Apabila bekerja di media massa, kamu yang hobi menulis bisa menjadi reporter fashion dan gaya hidup yang sesuai dengan minatmu.

Kamu akan belajar banyak hal di jurusan Ilmu Komunikasi mulai dari PR, jurnalistik, penyiaran, komunikasi massa, pemasaran, periklanan hingga fotografi. Dengan berbagai macam keterampilan tersebut, kamu memiliki peluang besar untuk bekerja di industri fashion yang menuntut kreativitas.  Apabila ingin terjun di dunia bisnis, maka kamu akan bisa menekuninya dengan skill yang dimiliki.

Baca Juga:
Lulusan Tata Busana? Ini 9 Profesi yang Paling Cocok Buat Kamu

Jurusan program studi prodi pendidikan kuliah sekolah fashion design prospek peluang kerja karier profesi
Ilustrasi | Foto: careergirls.org

5. Kosmetologi

Buat kamu yang hobi makeup juga bisa terjun di dunia fesyen juga, lho. Bahkan, ahli tata rias kecantikan atau makeup artist (MUA) dan hairdresser sangat dibutuhkan untuk merias wajah model pada acara peragaan busana atau photoshoot. Antara dunia industri fesyen dan kecantikan memang tak dipisahkan. Untuk mendapatkan keterampilan tata rias kamu bisa mempelajari kosmetologi, yakni ilmu yang mempelajari tentang perawatan kecantikan.

Beberapa universitas negeri yang membuka jurusan Tata Kecantikan di antaranya yakni Universitas Negeri Semarang (UNNES), Universitas negeri Yogyakarta (UNY), dan Universitas Negeri Jakarta (UNJ). Materi-materi yang diajarkan misalnya Perawatan Kulit dan Tata Rias Wajah, Dasar-dasar manajemen Tata Rias, Ilmu Kesehatan Kulit dan Rambut, Pengelolaan Usaha Rias, dan lainnya.