Home Arts 7 Jurusan Kuliah Paling Pas Buat Kamu yang Suka Fashion

7 Jurusan Kuliah Paling Pas Buat Kamu yang Suka Fashion

6. Fashion Illustration

Suka menggambar di kertas? Nah, kalo kamu gemar menggambar maka Jurusan Fashion Illustration bisa menjadi pilihan yang tepat. Meski hampir mirip, fashion illustration berbeda dengan fashion design. Bedanya, fashion illustration lebih menekankan pada ilustrasi visual tanpa memikirkan proses pembuatan busana hingga jadi. Di sisi lain, membuat ilustrasi fesyen adalah salah satu skill yang perlu dimiliki oleh fashion designer.

Baca Juga:
7 Lembaga Pendidikan Fashion Design Untuk Berkarier di Dunia Mode

Umumnya, fashion illustration masuk dalam kurikulum Fashion Design yang diajarkan di kampus-kampus. Selain itu, kamu juga mengambil kursus fashion illustration yang ditawarkan oleh sekolah-sekolah fashion. Beberapa materi yang kamu pelajari di kelas fashion illustration yakni teknik menggambar figur secara profesional, gambar wajah, gambar pose, teknik mewarnai sesuai bahan pakaian, anatomi tubuh, dan teknik sket secara cepat.

7. Desain Komunikasi Visual

Maraknya online shop dan brand busana lokal menjadikan profesi desainer grafis kian diminati oleh penggemar fashion. Dengan menjadi desainer grafis, kamu bisa menuangkan kreativitasmu dengan mendesain katalog, brosur maupun konten media sosial. Untuk meniti karier sebagai desainer grafis, kamu bisa kuliah di Jurusan Desain Komunikasi Visual (DKV) dengan jenjang mulai dari diploma hingga sarjana. Beberapa mata kuliah yang diajarkan di jurusan DKV di antaranya yakni Gambar Bentuk, Tipografi, Fotografi, Metodologi Desain, Desain Pemasaran, dan lainnya.

Setelah lulus kuliah, kamu bisa mulai bekerja sebagai desainer grafis profesional di perusahaan fashion atau membuka usaha clohting sendiri. Untuk menjadi desainer grafis yang sukses, tentu kamu harus rajin melatih skill desainmu terus-menerus. Gak bisa asal-asalan, dalam mendesain kamu harus  mempertimbangkan beberapa hal seperti komposisi layout, warna, tipografi, dan sebagainya. Selain itu, kamu harus tahu caranya biar desain kamu menarik dan membuat orang mau membeli.