Home Arts 8 Program Studi di Pendidikan Teknik Boga & Busana (PTBB) UNY

8 Program Studi di Pendidikan Teknik Boga & Busana (PTBB) UNY

tempat lembaga pendidikan akademi kursus workshop training pelatihan fashion designer pakaian tata busana universitas politeknik smk lulusan prospek kerja terbaik edukasi kurikulum materi mahasiswa pengajar staff dosen praktik teori
goldfalconinc.org

Highlight.ID – Pada tahun 1999, Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) resmi berdiri – sebelumnya bernama Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) Yogyakarta. Perubahan ini membawa dampak bagi fakultas, jurusan atau program studi (prodi) yang ada. Tak terkecuali Fakultas Pendidikan Teknologi dan Kejuruan (FPTK) yang berubah menjadi Fakultas Teknik (FT).

Salah satu jurusan yang ada di FPTK waktu kampusnya masih bernama IKIP.Yogyakarta yaitu Pendidikan Kesejahteraan Keluarga (PKK). Jurusam PKK mempunyai 4 program studi yaitu S1 Pendidikan Tata Busana, S1 Pendidikan Tata Boga, D3 Tata Busana, dan D3 Tata Boga.

Profil Singkat PTBB UNY

Sebagai bagian dari pengembangan UNY menjadi World Class University, seluruh sivitas akademika UNY mempersiaplkan diri dan meningkatkan kualitas sumber daya, sarana dan prasarana serta hal-hal yang dapat mendukung terwujudnya cita-cita tersebut. PTBB UNY mendapatkan beberapa hibah yang dimanfaatkan untuk mengembangkan kegiatan perkuliahan.




Selain itu, PTBB UNY mendapatkan sertfiikasi ISO 900 yang terus diperbarui dan menjalin kerja sama internasional dengan sejumlah pihak. Kerja sama tersebut meliputi pertukaran mahasiswa dan dosen, penyediaan tenaga ahli, penelitian, transfer kredit, seminar, dan jurnal internasional. PTBB UNY juga menjalin kerja sama dengan beberapa pihak di dalam negeri.

Fasilitas PTBB UNY

Kampus negeri yang berlokasi di Karangmalamg, Yogyakarta ini menyediakan berbagai fasilitas sarana dan prasarana untuk menunjang perkuliahan. Ruang kuliah dilengkapi dengan sejumlah fasilitas seperti AC, multimedia, proyektor digital, serta meja dan kursi yang nyaman. Lingkungan kampus juga tersedia jaringan WiFi gratis untuk mahasiwa yang ingin terkoneksi ke internet.

Baca Juga:
4 Kampus Negeri yang Buka Program Studi Tata Rias dan Kecantikan

Untuk penunjang praktik mahasiswa, PTBB UNY menyediakan belasan laboratorium. Beberapa laboratorium yang ada termasuk:

  • Laboratorium Usaha Boga
  • Laboratorium Peoduksi Boga
  • Laboratorium Patiseri
  • Laboratorium Restoran
  • Laboratorium Pembuatan Busana
  • Laboratorium Industri Busana
  • Laboratorium Industri Busana II
  • Laboratorium Bordir
  • Laboratorium Desain dan Draping
  • Laboratorium Batik
  • Laboratorium Tata Kecantikan Rambut
  • Laboratorium Tata Kecantikan Kulit
  • Laboratorium Kimia
  • Laboratorium fotografi
  • Laboratorium Komputer dan CAD
  • Sanggar Busana

Program Studi di PTBB Universitas Negeri Yogyakarta (UNY)

1. S1 Pendidikan Teknik Boga

Prodi S1 Pendidikan Teknik Boga menyelenggarakan pengambangan pendidikan dan penelitian serta pembelajaran tata boga yang dibutuhkan masyarakat dan industri. Selain itu, Prodi Pendidikan Teknik Boga juga memfasilitasi berbagai kegiatan mahasiswa yang mengarah pada peningkatan kreativitas, kompetensi, dan profesionalisme.

Lulusan Prodi Pendidikan Teknik Boga diharapkan mampu bekerja dengan menerapkan prinsip-prinsip keilmuan dan teknologi sesuai profesi. Kompetensi mahasiswa dan lulusan di antaranya mampu menguasai kemampuan teknis dan manajerial bidang boga.

2. S1 Pendidikan Teknik Busana

Prodi Pendidikan Teknik Busana berupaya memberdayakan masyarakat dengan berbagai keterampilan bidang fesyen demi peningkatan kesejahteraan. Selain itu, Prodi Pendidikan Teknik Busana juga berperan aktif dalam mendukung perkembangan industri fashion Indonesia yang kompetitif di tingkat global.

3. D3 Teknik Boga




Prodi Teknik Boga bertujuan untuk menyelenggarakan pendidikan vokasi di bidang boga untuk mengjasilkan lulusan unggul. Selain itu, Prodi ini juga menghasilkam penelitian terapan dibutuhkan masyarakat dan industri. Penyelenggaran pendidikan vokasi mendukung lahirnya tenaga kerja berkualitas maupun wirausahawan baru.

4. D3 Teknik Busana

Visi Program Studi Teknik Busana ialah menghasilkan Ahli Madya bidang tata busana yang unggul, kreatif, dan inovatif berdasarkan ketaqwaan, kemandirian, dan kecendikiaan. Lewat Prodi ini, mahasiswa mendapatkan beragam mata kuliah yang berguna untuk mendukung kariernya di masa depan. Mereka yang lulus dapat bekerja menjadi fashion designer, fashion stylist, fashion illustrator maupun berbisnis fesyen.

5. D3 Tata Rias dan Kecantikan

Motivasi mahasiswa untuk kuliah salah satunya yakni ingin cepat bekerja. Di Program D3 Tata Rias dan Kecantikan, mahasiwa memeroleh materi-materi kuliah yang umumnya sudah disesuaikan dengan kebutuhan industri. Di kampus berbasis vokasi, mahasiswa mendapatkan lebih banyak materi praktik dibandingkan teori. Keterampilan yang mahasiswa dapatkan bisa diterapkan untuk bekerja sebagai hairstylist, aeathetician, beauty therapist maupun profesional di bidang tata rias.

Baca Juga:
5 Kursus Kecantikan di Indonesia dengan Pengajar Profesional

6. D4 Tata Rias dan Kecantikan

Salah satu prodi di PTBB UNY yang membuka pendaftaran mahasiswa baru setiap tahun yakni D4 Tata Rias dan Kecantikan. Mahasiwa berpeluang menempati posisi sebagai praktisi kecantikan yang berkompeten dan profesional. Banyak pekerjaan yang bisa ditekuni mulai dari makeup artist (MUA) hingga pebisnis salon kecantikan.

7. D4 Tata Boga

D4 Tata Boga PTBB UNY bertujuan menyelenggarakan pendidikan di bidang tata boga yang kurikuluknya disesuaikan dengan perkembangan industri dan kebutuhan masyarakat. Saat ini, banyak profesi yang bisa ditekuni lulusan Tata Boga mulai dari juru masak hingga pengusaha restoran.

8. D4 Tata Busana

Dunia fesyen selalu berkembang dinamis dan trennya berganti-ganti setiap musim. Hal ini menjadi alasan bagi sebagian mahasiswa untuk mendalami ilmu fesyen. Selain itu, industri mode sangat terbuka bagi talenta-talenta muda yang kreatif dan penuh inovasi dalam hal fashion.