Home Tips Education Kampanye #CareForHer Ajak Masyarakat Pahami Kanker Serviks

Kampanye #CareForHer Ajak Masyarakat Pahami Kanker Serviks

Kampanye #CareForHer edukasi sosial kanker serviks sosialisasi pendidikan kesadaran
Kampanye #CareForHer | Foto: Dok. Campaign.com

Highlight.ID – Kanker serviks merupakan salah satu isu kesehatan yang perlu diwaspadai. Pasalnya, kanker ini ialah jenis kanker terbanyak ketiga yang diidap perempuan di seluruh dunia. Di Indonesia, kanker serviks masih menjadi penyakit kanker dengan jumlah penderita terbesar kedua setelah kanker payudara. Dilansir dalam laporan Kementerian Kesehatan 31 Januari 2019, kasus kanker serviks terjadi pada 23,4 per 100.000 penduduk dengan rata-rata kematian mencapai 13,9 per 100.000 penduduk.

Tingginya kasus kanker serviks di Indonesia membuat WHO menempatkan Indonesia sebagai negara dengan jumlah penderita kanker serviks terbanyak di dunia. Ironisnya,  80% dari pengidap kanker serviks datang dalam stadium lanjut, dan 94% pasien dari kasus tersebut meninggal dalam dua tahun. Inilah yang mendorong PT Danpac Pharma, produsen produk kontrasepsi, untuk ikut andil dalam mengentaskan masalah ini dengan mendukung kampanye sosial #CareForHer dari Asian Medical Students’ Association (AMSA) Indonesia, perkumpulan mahasiswa kedokteran se-Indonesia yang bergerak dalam bidang kesehatan dan kemanusiaan.

Kampanye #CareForHer edukasi sosial kanker serviks sosialisasi pendidikan kesadaran
Kampanye #CareForHer | Foto: Dok. Campaign.com

Yoevan Wiraatmaja selaku Presiden Direktur PT Danpac Pharma mengungkapkan, pihaknya sangat senang bisa terlibat dalam mendukung kampanye #CareForHer. “Kegiatan kolaborasi ini diharapkan dapat membantu masyarakat untuk memahami kanker serviks sehingga lebih waspada terhadap penyakit tersebut, serta siap untuk mengikuti deteksi dini kanker serviks,” ujarnya.

Kampanye #CareForHer terdiri atas beberapa program dengan tujuan yang sama; meningkatkan kesadaran dan pengetahuan masyarakat tentang kanker serviks. Adel, mewakili AMSA-Indonesia menuturkan, “Kampanye #CareForHer diharapkan dapat membawa dampak positif yang besar bagi masyarakat, karenanya kampanye ini dilakukan dengan cara beragam agar jangkauannya lebih luas; ada kampanye berupa Challenge di aplikasi Campaign #ForChange, ada kegiatan turun langsung ke lapangan yaitu cek kesehatan, tes IVA, dan pap smear gratis yang telah diadakan pada 18 Juni 2022 lalu di Puskesmas Kalideres, serta webinar edukatif.”

Baca Juga:
Campaign #ForChange, “Aplikasi Berdampak Positif” Versi Google Play

Challenge di aplikasi Campaign #ForChange berlangsung hingga 17 Agustus 2022 mendatang dan terbuka bagi masyarakat umum yang ingin mendukung. Caranya mudah, cukup unduh aplikasi Campaign #ForChange di App Store atau Playstore, cari kampanye #CareForHer, kemudian selesaikan Challenge-nya yang berupa unggahan tiga foto. Setiap Challenge yang berhasil diselesaikan akan dikonversi menjadi donasi oleh Danpac Pharma sebesar Rp50.000. Nantinya donasi yang terkumpul akan disalurkan untuk kegiatan-kegiatan pengabdian masyarakat oleh AMSA-Indonesia.

Kampanye #CareForHer edukasi sosial kanker serviks sosialisasi pendidikan kesadaran
Kampanye #CareForHer | Foto: Dok. Campaign.com

Sementara itu, webinar edukatif yang juga digelar oleh AMSA-Indonesia bersama Campaign.com dengan didukung Danpac Pharma baru saja terselenggara pada Rabu, 27 Juli 2022. Membawa tema “The Correlation Between Nutrition and Cervical Cancer Prevention”, webinar ini menghadirkan dr. Fatmasari Perdana Menur, Sp.OG. sebagai narasumber. Dalam webinar dipaparkan informasi mendalam mengenai kanker serviks yang sangat bermanfaat bagi masyarakat yang hadir.

Pada webinar ini disampaikan bahwa makanan yang dikonsumsi tubuh menjadi faktor utama yang mempengaruhi kemunculan berbagai penyakit, termasuk kanker serviks. “Makanan (yang dikonsumsi) harus mengandung nutrisi baik untuk tubuh seperti sayuran dan buah-buahan,’ papar dr. Fatmasari Perdana Menur, Sp.OG. Ia pun menjelaskan, selain pola konsumsi, pencegahan dari penyakit harus diiringi dengan menerapkan gaya hidup sehat, serta manajemen stres yang tepat.