Home Arts 4 Kampus Negeri yang Buka Program Studi Tata Rias dan Kecantikan

4 Kampus Negeri yang Buka Program Studi Tata Rias dan Kecantikan

Universitas kampus perguruan tinggi negeri (PTN) membuka jurusan prodi tata rias kecantikan
Ilustrasi | Gambar: careers.workopolis.com

Highlight.ID – Bidang yang paling diminati khususnya oleh kaum wanita adalah kecantikan sehingga banyak di antara mereka yang ingin serius menekuninya. Ada beragam profesi di bidang kecantikan dengan prospek yang bagus seperti penata rias,  trainer, dosen, guru hingga pengusaha. Untuk bisa bekerja di dunia kecantikan,  seseorang perlu membekali diri dengan keterampilan dan pengetahuan yang memadai dengan cara menempuh pendidikan formal.

Tertarik kuliah di Jurusan Kecantikan?  Kamu bisa menemukan beberapa universitas negeri yang menawarkan Program Studi (Prodi) Tata Rias dan Kecantikan yang ada di kota-kota di wilayah Indonesia. Setiap kampus menerapkan kurikulum dan sistem pengajaran serta fasilitas yang bervariasi. Yang pasti, mereka berupaya membekali mahasiswa dengan berbagai macam pengetahuan dan keterampilan yang diselaraskan dengan dunia industri.




Beberapa perguruan tinggi negeri (PTN) yang membuka Prodi Tata Rias dan Kecantikan yakni Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Universitas Negeri Jakarta (UNJ), Universitas Negeri Semarang (UNNES), dan Universitas Negeri Padang. UNY lebih menekankan pendidikan vokasi dengan jenjang D3 dan D4 sementara UNJ dan UNNES jenjangnya S1.

Kuliah Jurusan Kecantikan di Perguruan Tinggi Negeri (PTN)

1. Universitas Negeri Yogyakarta (UNY)

Telah mengantongi akreditasi A dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT), Prodi Tata Rias dan Kecantikan adalah bagian dari Jurusan Pendidikan Teknik Boga dan Busana Universitas Negeri Yogyakarta (PTBB UNY). Adapun jenjang pendidikan yang ditawarkan di Prodi Tata Rias dan Kecantikan yakni Diploma 3 (D3) dan Diploma 4 (D4).

Baca Juga: 5 Sekolah Kecantikan Indonesia untuk Belajar Makeup dan Hairdressing




Salah satu misinya adalah menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran bidang Tata Rias yang relevan dengan dunia kerja dan perkembangan teknologi. Prodi Tata Rias dan Kecantikan yang kampusnya berada di wilayah Karangmalang, Yogyakarta juga melaksanakan penelitian untuk pengembangan bidang Kecantikan dalam skala lokal, regional, nasional, dan internasional.

2. Universitas Negeri Padang

Program Studi Pendidikan Tata Kecantikan Universitas Negeri Padang mempunyai tujuan untuk menghasilkan tenaga kependidikan dan profesional di bidang tata rias dan kecantikan. Lulusannya diharapkan mampu beradaptasi dan berinovasi secara kreatif demi pengabdian kepada masyarakat.

Untuk meningkatkan kualitasnya, Prodi Tata Kecantikan yang berada di Fakultas Pariwisata dan Perhotelan melakukan kerja sama dengan instansi dan industri terkait. Harapannya, Prodi Tata Kecantikan mampu menghasilkan tenaga kependidikan maupun nonkependidikan yang unggul dan sesuai dengan kebutuhan pasar kerja. Selain itu, Prodi Tata Kecantikan juga berupaya menanamkan jiwa entrepreneur di kalangan mahasiswa.

3. Universitas Negeri Semarang (UNNES)

Berdiri pada tanggal 2 Juni 2010, Program Studi Pendidikan Tata Kecantikan Universitas Negeri Semarang (UNNES) menggelar perkuliahan di kampus yang terletak di daerah Gunungpati, Semarang. Prodi yang merupakan bagian dari Fakultas Teknik ini memberikan gelar pada lulusannya Sarjana Pendidikan (S.Pd). Di kampusnya, tersedia pula fasilitas yang disediakan untuk menunjang perkuliahan seperti laboratorium dan perpustakaan.



Baca Juga: 5 Kursus Kecantikan di Indonesia dengan Pengajar Profesional

Melansir dari situs resminya, Prodi Pendidikan Tata Kecantikan UNNES berpedoman pada wawasan konservasi dan reputasi internasional. Dalam melaksanakan Tridharma Perguruan Tinggi, Prodi Pendidikan Tata Kecantikan memegang prinsip-prinsip konservasi yakni perlindungan, pengawetan, dan pemanfaatan secara lestari sumber daya alam dan seni budaya serta berwawasan ramah lingkungan. Lebih dari itu, Prodi Pendidikan Tata Kecantikan juga bertekad untuk meraih prestasi tak hanya tingkat nasional tapi juga internasional.

Mahasiswa yang kuliah di Pendidkan Tata Kecantikan UNNES mempunyai kesempatan untuk bekerja sebagai Guru, Wirausahawan, Pengajar maupun Tim Make-Up. Mereka harus menyelesaikan sebanyak 145 SKS untuk lulus kuliah. Beberapa mata kuliah yang dipelajari misalnya Perawatan Kulit dan Tata Rias Wajah, Ilmu Kesehatan Kulit dan Rambut, Kosmetika Tradisional, Gelar Cipta Karya Kecantikan, dan lainnya.

4. Universitas Negeri Jakarta (UNJ)

Prodi Pendidikan Tata Rias Universitas Negeri Jakarta (UNJ) dengan jenjang S1 mempunyai visi menjadi Program Studi unggulan nasional di bidang Pendidikan Tata Rias yang berwawasan kewirausahaan. Selain menyiapkan peserta didik agar mampu bersaing di dunia industri, Prodi yang merupakan bagian dari Fakultas Teknik UNJ ini juga mengembangkan berbagai macam bentuk pengabdian kepada masyarakat.

Mahasiswa yang kuliah mempunyai kesempatan untuk memperoleh gelar Sarjana Pendidikan (S.Pd). Setelah lulus, mereka dapat menekuni profesi di bidang Kecantikan seperti pengajar maupun praktisi profesional. Untuk menjadi lulusan yang berkompeten, mereka harus mempelajari materi-materi kuliah dan menguasai berbagai macam perlengkapan makeup beserta fungsinya masing-masing.

Tak hanya sebatas teori, para mahasiswa Kecantikan juga mempraktikkan keterampilan dalam hal merias wajah pada model di laboratorium. Mahasiswa juga bisa meningkatkan kompetensinya dengan mengikuti ujian sertifikasi dan kompetensi di industri kecantikan yang dinilai oleh asesor berpengalaman.