Home Business 9 Aktivitas yang Biasa Dilakuin Ketika Asyik Internetan

9 Aktivitas yang Biasa Dilakuin Ketika Asyik Internetan

orang internetan
Kegiatan yang sering dilakukan saat internetan | Foto: Unsplash/Paul Hanaoka
ISEEFEST 2019

Highlight.ID – Internet, siapa yang nggak butuh di era teknologi seperti saat ini? Rasanya orang-orang nggak bisa lepas dari yang namanya internet. Mulai dari bangun tidur sampai mau tidur lagi orang sukanya internetan melulu. Nggak heran, jika koneksi internet baik lewat laptop, PC atau smartphone menjadi salah satu kebutuhan utama. Beragam cara pun dilakukan supaya bisa tetap online, mulai dari beli paket kuota internet atau cari tumpangan wi-fi.

By the way, apa saja yang sering dilakuin orang ketika sedang internetan. Lanjut membaca sampai habis ya, supaya nggak gagal paham!



Kegiatan Orang Saat Sedang Online

1. Browsing

Ketika internet mulai populer, orang biasa memanfaatkaannya untuk mencari sesuatu lewat mesin pencari (search engine). Yang paling populer tentu saja Google. Apa saja dapat kita temukan lewat Google hanya dengan mengetikkan kata kunci. Saking pintarnya mesin pencari ini, orang menyebutnya dengan sebutan “mBah Google”.

Bahkan dalam bahasa Inggris, mencari sesuatu di internet lewat Google membentuk sebuah kata tersendiri, yakni “googling”. Buat anak sekolah dan anak kuliah, Google seolah menjadi ‘juru selamat’ yang sangat bisa diandalkan. Mereka umumnya suka mencari makalah, jurnal, atau dokumen lainnya sebagai bahan untuk mengerjakan tugas maupun skripsi.

Baca juga:

2. Nonton video

Gak bisa dipungkiri, platform berbagi video yang populer saat ini yakni YouTube. Meskipun ada alternatif streaming video lainnya seperti Vidio, Vimeo, atau Dailymotion namun belum ada yang dapat mengalahkan YouTube dalam hal popularitas. Di YouTube, kamu dapat menonton video dengan berbagai macam tema.

Berbeda dengan televisi, kamu dapat memilih video sesuai selera. Di beranda YouTube, kamu juga dapat melihat video-video yang sedang trending saat ini. Namun jeleknya, video-video yang sedang viral itu seringkali dipertanyakan faedahnya dan tidak sesuai dengan apa yang ingin kita tonton.

3. Download/Upload

Apapun bisa kita dapatkan di internet mulai dari lagu, video, dokumen PDF, e-book, template grafis, dan lainnya. Berkat fitur download di internet, kamu dapat dengan mudah mendapatkan berkas-berkas yang kamu inginkan. Apalagi, kamu tidak perlu mengeluarkan biaya apapun kecuali paket kuota internet!

Beberapa file bisa saja ukurannya besar hingga puluhan bahkan ratusan megabyte (MB). Ada pula yang mencapai hitungan gigabtye (GB). Jika demikian, maka kamu perlu menyiapkan paket kuota internet yang besar. Sebagai alternatif untuk menghemat biaya, kamu bisa menumpang wi-fi gratisan meskipun koneksinya dijamin lemot karena harus berbagi dengan pengguna wi-fi lainnya. Kebalikannya dari download, yaitu upload di mana orang mengunggah berbagai macam file untuk disebarluaskan lewat internet.


4. Buka/kirim email

Internet memudahkan orang untuk berkomunikasi dengan orang lain lewat surat elektronik (surel) atau istilah lainnya e-mail. Surel ini sering dimanfaatkan untuk berbagai keperluan mulai dari bisnis hingga mencari pekerjaan. Dengan e-mail pula, kamu bisa menghemat waktu dan biaya. Nggak perlu repot-repot pergi ke kantor pos atau jasa ekspedisi untuk kirim surat. Kamu juga nggak perlu nge-print lamaran pekerjaan yang berlembar-lembar itu.

Untuk mengetahui e-mail yang masuk, kamu tinggal klik inbox dan membalasnya kapan saja. Selain itu, kamu juga dapat melampirkan berkas/dokumen berupa teks atau gambar. Namun sayangnya, e-mail menjadi sasaran empuk bagi spam alias pesan-pesan tidak bermanfaat yang kadang mengandung malware atau virus. So, pastikan kamu selektif dalam membuka e-mail dan mengaktifkan fitur filter spam di akun e-mail.

5. Chatting

Dulu, sebelum berkembangnya aplikasi pesan instan seperti WhatsApp atau Line, orang harus mengirimkan pesan lewat SMS (short message service). Kini, pengguna SMS semakin menurun dan mulai beralih ke aplikasi medsos yang lebih efisien. Nggak hanya itu, aplikasi Instagram pun juga sudah dilengkapi fitur chatting untuk memudahkan komunikasi.

Menariknya, aplikasi chatting juga dilengkapi berbagai macam emoticon yang lucu-lucu. Emoticon memungkinkan pengguna untuk mengungkapkan perasaannya saat itu baik sedih, gembira, bingung, dan lainnya. Selain itu, pengguna juga dapat membuat atau masuk ke dalam grup percakapan untuk berinteraksi dengan sesama anggota. Kamu juga bisa mengirimkan berkas-berkas lewat aplikasi medsos seperti halnya e-mail.


6 Update status/postingan

Gimana rasanya jika sehari, seminggu, sebulan, setahun nggak update status? Duh, rasanya seperti nggak eksis kalo sehari aja nggak update status atau Instastory! Hal ini cuman berlaku buat kamu yang udah kecanduan medsos. Tanda-tandanya bisa dilihat secara kasat mata, lho! Salah satu cirinya, kamu gak bisa lepas dari yang namanya ponsel.

Ke mananpun kamu pergi, hape selalu nempel di genggaman tangan. Setiap kegiatan yang kamu lakuin pengin rasanya diberitakan kepada dunia. Padahal sebenarnya, mungkin nggak penting juga untuk diberitahukan ke orang-orang. Untuk itu, kamu harus tahu kapan yang tepat untuk meng-update status agar hidup kamu nggak bergantung sepenuhnya sama medsos.

7. Baca berita

Nah ini dia yang patut kita tiru. Internet menyediakan hal yang sangat berfaedah, contohnya berita. Saat ini, sudah banyak portal maupun website yang menyajikan berita paling update dari berbagai belahan di dunia. Tema beritanya pun beragam, ada politik, hukum, hiburan hingga olah raga. Dengan rajin membaca berita, dijamin deh, kamu gak bakalan kudet (kurang update)!

Apalagi, membaca berita terkini semakin mudah dengan hadirnya berbagai macam aplikasi agregator situs berita seperti Line Today, Babenews, UC News, Kurio, Kumparan, dan sebagainya. Lewat aplikasi-aplikasi yang bisa diunduh secara gratis via AppStore maupun PlayStore tersebut, kamu bisa dapetin berita-berita yang sudah terkurasi. Dengan demikian, maka kamu bisa terhindar dari yang namanya berita hoax.

Baca juga:

8. Bikin konten

Bagi sebagian orang, internet menjadi wadah untuk berkarya dengan membuat konten baik itu berupa tulisan artikel, video atau lainnya. Hmm, boleh dibilang, mereka ini termasuk orang-orang kreatif dan produktif, guys. Yang termasuk kategori ini di antaranya yakni blogger, youtuber, content creator, content writer, web programmer hingga admin media sosial.

Dengan kreativitasnya, mereka internetan nggak cuman buat ngisi waktu luang aja tapi juga membuat sesuatu yang berguna bagi orang lain, lho. Gak cuman itu aja, mereka ini bisa menghasilkan duit dari pekerjaan yang dilakuin secara online. Wah, menarik, bukan? Kalo kamu tertarik jadi seperti mereka, buruan bikin konten yang bermanfaat, yah!

9. Kepoin akun orang

Maraknya medsos membuat kita dapat dengan mudah menjalin pertemanan. Caranya pun sangat gampang, kamu tinggal follow atau subscribe orang yang kamu inginkan. Orang itu bisa saja teman sendiri, saudara, keluarga, mantan kekasih, artis idola atau orang yang kamu sama sekali gak kenal.

Nggak jarang, orang memanfaatkan medsos hanya untuk kepoin hidup orang. Kamu jadi serba pengen tahu kegiatan apa aja yang sedang dilakukan orang, baju baru apa yang mereka miliki, mereka barusan jalan-jalan ke mana, atau siapakah gebetan barunya. Wah, ada-ada aja netijen jaman sekarang!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here