Home Tips Career Nggak Lulus PTN, Masih Ada Kegiatan Positif yang Bisa Kamu Lakuin

Nggak Lulus PTN, Masih Ada Kegiatan Positif yang Bisa Kamu Lakuin

kegiatan hal positif menarik tidak lulus ptn perguruan tinggi negeri ptn swasta pts kursus workshop keterampilan mahasiswa kuliah lulusan sekolah smu
unsplash.com
Muslim LifeFest 2019

Highlight.id – Kuliah di Perguruan Tinggi Negeri (PTN) adalah dambaan bagi sebagian besar lulusan SMU. Beragam jalur masuk dan seleksi PTN pun ditempuh dengan harapan dan cita-cita menjadi mahasiswa PTN dapat tercapai.

Jalur masuk PTN yang bisa diikuti oleh lulusan SMU yaitu: SNMPTN (Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri), PMDK-PN (Penelusuran Minat dan Kemampuan-Politeknik Negeri), SBMPTN (Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri), UMPN (Ujian Masuk Politeknik Negeri), dan SMPTN (Seleksi Mandiri Perguruan Tinggi Negeri). Hasil SBMPTN telah diumumkan pada tanggal 3 Juli lalu.




Jauh-jauh hari, anak-anak SMU telah mempersiapkan diri dengan mengikuti les atau bimbingan belajar (bimbel) hingga belajar sendiri di rumah. Beragam soal-soal tes PTN tahun-tahun sebelumnya dipelajari dengan tujuan agar bisa mengerjakan soal-soal tes PTN yang sesungguhnya.

Namun, apa daya antara jumlah lulusan SMU dengan kuota (daya tampung) kursi mahasiswa di PTN tidaklah sebanding. Akibatnya, banyak peserta ujian masuk PTN yang terpaksa harus gigit jari dan menerima kenyataan ini: Nggak lulus PTN.

Baca juga:

Tapi tenang, nggak lulus PTN bukanlah akhir segalanya, bumi masih berputar pada porosnya, dan matahari pun masih terbit dari timur dan tenggelam di barat. Artinya, ini bukan kiamat, sob! Kamu masih bisa kok, melakukan hal-hal positif seperti yang kita bahas kali ini. Lagian, keep in mind, PTN itu bukanlah segala-galanya bagi kamu.

Kegiatan-kegiatan Positif Buat Kamu yang Tidak Lulus PTN

Kuliah di PTS

Bagi sebagian lulusan SMU mungkin saja menganggap bahwa kuliah di PTN itu.. WOW, keren banget! Tapi tunggu dulu, sob. Kamu sebenarnya kuliah itu untuk belajar, cari pengetahuan, dan nambah ilmu ato.. cuman sekadar cari gengsi. Jika kamu anggap kuliah itu cari gengsi mending kamu nggak usah kuliah sekalian.


Perlu kamu tahu, ada banyak Perguruan Tinggi Swasta (PTS) yang bagus-bagus dan kualitasnya mampu bersaing dengan PTN loh. Jangan salah, PTS itu juga memiliki fasilitas yang lengkap dan staff pengajar atau dosennya pun oke punya.

Tapi sebelum mendaftar di PTS, alangkah baiknya jika kamu menentukan jurusan yang paling cocok. Jangan sampe ya, kamu memilih jurusan yang salah hanya karena ikut-ikutan teman atau orang lain, padahal tidak sesuai dengan minat. Perhatiin pula akreditasi dari jurusan yang kamu ambil. Saran kami, pilihlah jurusan di PTS yang akreditasinya A atau B.

Ikut kursus keterampilan

Pilihan lain, jika kamu tidak kuliah atau bisa juga melakukannya sambil kuliah, yaitu dengan mengikuti kursus, program pendidikan, worskhop, dan semacamnya dengan masa studi yang terbilang singkat. Misalnya, untuk kamu yang suka dengan dunia seni, bisa mengambil kursus Desain Grafis di lembaga pendidikan yang menawarkan program tersebut. Masa studi yang kamu tempuh relatif singkat, misalnya 3 atau 6 bulan.

kegiatan hal positif menarik tidak lulus ptn perguruan tinggi negeri ptn swasta pts kursus workshop keterampilan mahasiswa kuliah lulusan sekolah smu
unsplash.com

Meski tidak mendapatkan gelar, dengan mengikuti kursus, kamu mendapatkan sertifikat dan tentu saja keterampilan yang sangat berharga. Keterampilan yang dimiliki setelah mengikuti kursus, bisa digunakan untuk mencari pekerjaan di sebuah perusahaan. Asal kamu tahu, kursus yang pernah kamu ikuti juga bisa menjadi pertimbangan perusahaan untuk merekrut kamu, lho.

Kerja di perusahaan

Kuliah bukanlah segalanya, sob. Untuk kamu yang merasa sudah pede, meski hanya berbekal ijazah SMU, bisa melamar pekerjaan ke perusahaan/instansi. Tapi dengan catatan, kamu memiliki skill lebih yang belum tentu dimiliki oleh orang lain. Apalagi bagi lulusan SMK yang memang sudah dipersiapkan untuk bisa langsung memasuki dunia kerja.


Lulusan SMK umumnya memiliki keterampilan yang tidak dimiliki oleh lulusan SMU. Keterampilan tersebut bisa menjadi bekal untuk melamar pekerjaan. Misalnya, kamu yang lulusan SMK jurusan Tata Boga bisa mencari pekerjaan di restoran atau perusahaan makanan.

Belajar berbisnis

Mungkin banyak yang menganggap, lulusan SMU belumlah saatnya untuk berbisnis. Lulusan SMU harusnya kuliah dulu dan menyelesaikan studinya di perguruan tinggi. Tapi anggapan itu tidaklah benar. Justru saat yang paling tepat untuk mulai belajar berbisnis yaitu ketika mereka masih duduk di sekolah atau bangku kuliah, meski itu masih dalam taraf belajar.

Baca juga:

Kamu bisa menekuni bisnis yang sesuai dengan hobi, minat atau keterampilan. Apalagi sekarang zamannya internet dengan adanya media sosial yang sangat memungkinkan bagi kamu untuk berbisnis online. Berjualan kaos, aksesoris hape, atau menjual jasa, kenapa tidak? Lakukanlah, jika hal itu sudah menjadi passion-mu.

Menekuni hobi

Tidak ada hal lain paling menyenangkan selain melakukan hobi. Apalagi jika hobi tersebut bisa menghasilkan pendapatan dan memperluas jaringan pertemanan. Hobi yang bisa kamu lakuin sangat banyak dan itu tergantung apa yang menjadi kesenanganmu.

Contohnya nih, video. Kamu tentu suka nonton video atau film entah itu lewat televisi atau platform streaming macam YouTube. Nah, daripada hanya sekadar nonton, kenapa kamu tidak membuat video sendiri? Video hasil rekaman sendiri bisa kamu upload di YouTube dan kamu bisa mendapatkan penghasilan dari situ loh. Contoh lain, kamu yang hobi fotografi bisa mengunggah hasil foto-foto ciamik kamu ke Instagram. Siapa tahu, ada yang tertarik dan berminta menggunakan jasa kamu.

Gimana sob, banyak kan, kegiatan-kegiatan positif yang bisa kamu lakukan dalam kehidupan ini, meski tidak lulus PTN. So, be creative!



Artikel Menarik:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here