Home Beauty Punya Beragam Manfaat, Kenali Perbedaan Sunblock dan Sunscreen

Punya Beragam Manfaat, Kenali Perbedaan Sunblock dan Sunscreen

fungsi manfaat khasiat kegunaan cara pemakaian penggunaan perbedaan sunblock sunscreen sinar matahari melindungi kulit wajah krim
Perbedaan sunblock dan sunscreen | Foto: hellosehat.com

Highlight.ID – Sinar matahari pagi memang sangat baik untuk kesehatan kulit dan tulang. Seperti yang diketahui, sinar matahari pagi dapat memproduksi vitamin D yang baik untuk kulit. Salah satu manfaat vitamin D untuk kulit kita adalah untuk menghindari eksim. Ada baiknya juga, kita berjemur saat pagi hari sekitar 15 – 30 menit untuk mendapatkan manfaat bagi tubuh kita.

Meskipun sangat bermanfaat untuk tubuh kita, sinar matahari mengandung sinar UV juga dapat menyebabkan dampak yang berbahaya untuk kulit. Terutama jika kulit kita sering terpapar sinar matahari secara langsung tanpa perlindungan apapun. Akibatnya kulit akan menjadi kusam, kehilangan elastis kulit, kulit tampak lebih tua, sampai yang paling mengerikan adalah dapat menyebabkan kanker kulit.




Untuk itu, disarankan kita menggunakan sunblock/sunscreen setiap hari saat siang demi melindungi kulit kita. Sangat disarankan untuk menggunakan sublock/sunscreen baik di luar maupun di dalam ruangan. Sunblock dan sunscreen sendiri memiliki fungsi yang sama, yaitu sama-sama untuk melindungi kulit dari dampah bahaya yang didapat dari UVA dan UVB.

Penggunaan kata sunblock, saat ini telah dilarang oleh badan pengawasan obat dan makanan Amerika (FDA), karena dianggap penggunaan kata sunblock sangat berlebihan. Saat ini, sunblock dan sunscreen lebih dikenal dengan nama physical/mineral/inorganic sunscreen untuk sunblock. Sementara sunscreen sendiri lebih dikenal dengan nama chemical/organic sunscreen.

Baca Juga: Tetap Cantik Saat Traveling dengan Peralatan Makeup Ini





Sunscreen dan sunblock memang memiliki fungsi yang sama, yakni, sama-sama berfungsi untuk melindungi kulit dari dampak negatif yang diberikan sinar UV. Tapi tak banyak yang tahu, jika sunscreen dan sunblock adalah dua hal yang berbeda. Berikut adalah perbedaan sunblock dan sunscreen yang perlu kalian ketahui.

Sunblock dan Sunscreen, Apa Bedanya?

Bahan Kandungan

Sunblock atau physical sunscreen memiliki kandungan Zinc Oksida dan Titanium Dioksida yang berguna untuk menangkal sinar UV masuk kedalam kulit kita. Sunblock juga baik digunakan untuk seseorang yang memiliki tipe kulit yang cenderung sensitif dan tipe kulit yang mudah bereaksi pada sinar UV. Kandungan bahan yang dimilikinya cenderung lebih sedikit dibanding yang terdapat dalam produk sunscreen/chemical sunscreen.

Sementara sunscreen atau chemical sunscreen memiliki kandungan bahan lebih banyak dibanding physical sunscreen, yaitu, Octylcrylene, Avobenzone, Octinoxate, Octisalate, Oxybenzone, Homosalate, Helioplex, 4-MBC, Mexoryl SX dan XL, Tinosorb S dan M, Uvinul T 150, dan Uvinul A Plus. Oleh karena itu, seseorang yang memiliki tipe kulit sensitif kebanyakan tidak dapat memakai chemical sunscreen karena dapat menyebabkan alergi.

Baca Juga: Hijab Traveler Tampil Stylish Saat Liburan, Ini Dia Rahasianya

Jadi, sebelum membeli produk sunscreen atau sunblock, ada baiknya untuk mencek terlebih dahulu, bahan apa saja yang terkandung sehingga tahu mana produk yang lebih cocok untuk tipe kulit kita. Paling gampang untuk membedakan dua produk tersebut dari bahan titanium dan zinc. Jika tidak ada kandungan titanium ataupun zinc maka bisa dikatakan produk tersebut adalah sunscreen/chemical sunscreen. Begitupun sebaliknya.

Cara Kerja

Cara lain untuk membedakan mana sunblock dan sunscreen adalah dari cara kerjanya. Cara kerja sunblock adalah menangkal sinar UV masuk dalam kulit dengan melakukan perlindungan di permukaan kulit. Berbeda dengan cara kerja sunscreen, yang lebih memfilter dan menyerap sinar UV lalu mengubahnya menjadi energi panas yang dikeluarkan melalui kulit.

Tekstur

Sebelum memutuskan untuk membeli mana yang lebih cocok untuk kebutuhan dan tipe kulit kita, ada baiknya juga, kita harus tahu tekstur yang terdapat pada produk yang akan kita gunakan. Sunscreen dan sunblock sendiri memiliki tekstur yang berbeda. Sunscreen, memiliki tekstur yang lebih ringan dibanding sunblock yang memiliki tekstur yang lebih tebal. Sehingga, sunblock akan meninggalkan warna putih sesaat setelah dioleskan. Sementara sunscreen yang lebih ringan tidak meninggalkan warna putih alias transparan sesaat setelah pengolesan.

Baca Juga: Makin Memikat dengan Rambut Indah dan Sehat Saat Traveling

Cara Pemakaian

Karena sunblock dan sunscreen memiliki tekstur dan cara kerja yang berbeda maka cara pemakaiannya pun berbeda. Sunblock yang memiliki tekstur lebih kental dengan cara kerja menangkal sinar UV terserap oleh kulit, maka kita dapat menggunakan sunblock tanpa harus menunggu. Sementara sunscreen, kita harus menunggu sekitar 20 menit setelah pemakaian agar dapat terserap dan bekerja secara maksimal.

Fungsi Utama

Meskipun memiliki tugas yang sama yaitu memberikan perlindungan ekstra pada kulit agar tidak terkena dampak negatif yang diberikan sinar UV, baik UVA dan UVB, sunblock dan sunscreen memiki tugas utama yang berbeda. Sunblock memiliki tugas utama yakni memberikan perlindungan terhadap sinar UVB (B dari kata ‘Burning’ yang berarti terbakar). Sehingga membuat kulit kita tidak mudah terbakar.

Sementara sunscreen sendiri memiliki tugas utama yakni lebih memberikan perlindungan terhadap sinar UVA (A yang berasal dari kata ‘Aging’ yang berarti penuaan). Jadi, bisa dikatakan, sunblock lebih dapat melindungi kulit secara fisik, sementara sunscreen lebih dapat melindungi dan memperbaiki kulit.



Baca Juga: Mau Belajar Makeup? Kenali 5 Peralatan Kosmetik yang Wajib Dimiliki

Manfaat Sunblock dan Suncreen

Lalu apa saja manfaat yang diberikan jika kita menggunakan sunblock ataupun sunscreen jika dipakai secara rutin?

Kulit terlindungi secara maksimal dari sinar matahari

Sunblock dan sunscreen tentu saja akan membantu kita untuk melindungi kulit dari dampak buruk sinar UV yang dapat menyebabkan kerusakan pada jaringan dan lapisan kulit. Selain itu, kita juga dapat menambahkan perlindungan ekstra dengan cara menggunakan topi, jaket, masker, kacamata, atau syal ketika berada di luar ruangan agar kulit lebih terlindungi secara ekstra dari sinar UV.

Mencegah penuaan dini

Selain usia, sinar matahari juga merupakan salah satu faktor kulit tampak terlihat lebih tua. Menurut sebuah penelitian, seseorang yang rutin menggunakan sunblock atau sunscreen pada siang hari, memiliki risiko penuaan dini 24% lebih sedikit dibanding seseorang yang tidak rutin menggunakan sunblock atau sunscreen. Sunblock ataupun sunscreen juga dipercaya dapat menghilangkan garis-garis halus yang ada di sekitar wajah.

Melindungi kesehatan kulit

Sunblock atau sunscreen dapat melindungi kesehatan kulit secara maksimal. Karena, lapisan kulit yang rusak karena sinar UV membuat kulit lebih susah untuk menyerap nutrisi secara maksimal yang diberikan oleh produk kecantikan ataupun makanan pada kulit kita.

Baca Juga: Selain Memberi Warna pada Bibir, Lipstik Punya Beragam Manfaat Buat Cewek

Mencegah kulit tampak kusam

Sudah bukan rahasia lagi, jika sinar matahari membuat kulit tampak lebih kusam dan tidak bercahaya. Tentu saja, penampilan akan menjadi tidak menarik jika kita memiliki kulit yang kusam dan tidak bercahaya. Ada baiknya menggunakan sunblock untuk menangkal sinar UVA dan UVB.

Mencegah sunburn

Efek negative lainnya adalah sunburn. Sunburn akan memberikan efek kemerahan pada kulit kita. Tidak hanya itu juga, kulit akan terasa gatal dan terbakar, bahkan tak jarang menimbulkan bintik-bintik dan pembengkakan pada kulit jika tidak diberikan perlindungan saat berada di bawah sinar matahari.

Terhindar dari kanker kulit

Efek yang paling berbahaya dari sinar UV adalah kanker kulit. Seperti yang diketahui, kanker kulit sekarang banyak menyerang manusia di usia 20-an. Oleh karena itu, menggunakan sunblock ataupun sunscreen bisa dikatakan menjadi langkah kecil awal agar kulit dapat terhindar dari kanker kulit.

Nah, sekarang kita sudah tahu kan, betapa pentingnya sunblock atapun sunscreen untuk melindungi kulit kita. Kita jadi tahu, ternyata sunblock dan sunscreen itu berbeda. Tinggal kita memilih mana yang lebih cocok dengan tipe kulit dan mana yang cocok dengan aktivitas kita.

Jadi, mulai sekarang gunakan sunblock atau sunscreen setiap hari baik di dalam maupun di luar ruangan. Dan yang lebih pentingnya lagi, kalian jangan sampai salah memilih produk dan sesuaikan kebutuhan ya! Selamat mencoba!