Home Technology Automotive Keunggulan Mobil SUV & Cara Tepat untuk Membelinya

Keunggulan Mobil SUV & Cara Tepat untuk Membelinya

tipe mobil suv brand populer
Ilustrasi | Foto: Unsplash.com

Highlight.ID – Apakah kamu punya rencana membeli mobil? Dari berbagai jenis mobil yang ada di pasar, kamu bisa mempertimbangkan SUV. Jenis mobil mempunyai banyak fitur dan teknologi canggih yang membuat perjalananmu semakin nyaman. SUV bisa menjadi pilihan bukan cuma karena bentuk body-nya yang gahar tapi juga nilai fungsionalnya.

Terdapat beberapa model SUV yang banyak diminati pelanggan termasuk Toyota Fortuner, Hyundai Creta, Honda HRV-, Mitsubishi Pajero Sport, dan lainnya. Setiap model SUV menawarkan fitur dan keunggulannya masing-masing.

Kelebihan Mobil SUV

SUV (Sport Utility Vehicle) adalah jenis mobil yang dirancang untuk menawarkan kombinasi antara kapasitas penumpang dan kargo yang luas. Jenis mobil ini mempunyai kemampuan off-road, memberikan kenyamanan dengan performa di jalan raya yang sangat baik.

Karakteristik Mobil SUV

Berikut adalah beberapa karakteristik utama dari mobil SUV:

1. Desain & ukuran

Biasanya, mobil SUV memiliki bodi yang lebih besar dan tinggi dibandingkan dengan mobil sedan atau hatchback. Sementara desain eksteriornya terlihat kokoh dan gagah.

2. Ground clearance tinggi

Mobil SUV Memiliki ground clearance yang lebih tinggi, memungkinkan mobil untuk melewati medan yang lebih sulit seperti jalan berbatu atau berlumpur.

3. Kapasitas penumpang & kargo

Jenis mobil ini mampu menampung lebih banyak penumpang, biasanya 5 hingga 7 orang, tergantung pada modelnya. Sedangkan ruang kargonya luas, dengan kursi belakang yang dapat dilipat untuk menambah ruang penyimpanan.

Baca Juga:
Mau Bisnis Rental Mobil? Ketahui Keuntungan & Cara Memulainya

4. Penggerak roda

Banyak SUV dilengkapi dengan sistem penggerak empat roda (4WD) atau semua roda (AWD), memberikan traksi yang lebih baik di berbagai kondisi jalan.

5. Kemampuan off-road

SUV Didesain untuk mampu melewati medan yang kasar, seperti off-road, dengan suspensi yang kuat dan kemampuan traksi yang baik.

6. Posisi duduk yang tinggi

Ini memberikan pandangan yang lebih baik bagi pengemudi, meningkatkan visibilitas di jalan raya.

7. Kenyamanan & fitur

SUV menawarkan kenyamanan yang mirip dengan mobil penumpang, dengan interior yang luas dan fitur-fitur canggih seperti sistem infotainment, kontrol iklim, dan berbagai fitur keselamatan.

tipe mobil suv brand populer
Ilustrasi | Foto: Unsplash.com

Jenis-Jenis SUV

1. Compact SUV

SUV dengan ukuran lebih kecil, biasanya lebih hemat bahan bakar dan lebih mudah untuk dikendarai di perkotaan. Contoh: Honda CR-V, Toyota RAV4.

2. Mid-size SUV

SUV dengan ukuran menengah, menawarkan keseimbangan antara ruang kabin, kapasitas kargo, dan efisiensi bahan bakar. Contoh: Toyota Highlander, Ford Edge.

3. Full-size SUV

SUV dengan ukuran terbesar, memberikan ruang penumpang dan kargo yang sangat luas. Contoh: Chevrolet Tahoe, Ford Expedition.

4. Luxury SUV

SUV dengan fitur-fitur mewah dan teknologi canggih, seringkali dilengkapi dengan interior premium dan performa tinggi. Contoh: BMW X5, Mercedes-Benz GLE.

SUV menjadi pilihan populer karena kemampuannya yang serbaguna, menggabungkan kenyamanan berkendara dengan kemampuan menjelajah berbagai medan. Mereka cocok untuk penggunaan harian di perkotaan maupun untuk petualangan di luar jalan raya.

Merek Mobil SUV Terlaris di Indonesia

Berikut adalah beberapa merek mobil SUV terlaris di Indonesia yang terkenal dengan popularitasnya:

Toyota

  • Toyota Fortuner: Sangat populer di Indonesia karena desain yang tangguh, kemampuan off-road, dan nilai jual kembali yang baik.
  • Toyota Rush: SUV kompak yang populer karena harga yang terjangkau dan keandalan.

Honda

  • Honda HR-V: Populer di kalangan konsumen Indonesia karena desain yang stylish dan fitur yang lengkap.
  • Honda CR-V: Dikenal dengan kenyamanan dan fitur teknologi canggih.

Mitsubishi

  • Mitsubishi Pajero Sport: Terkenal dengan performa off-road yang kuat dan desain yang gagah.
  • Mitsubishi Xpander Cross: SUV dengan basis MPV yang populer karena kenyamanan dan ruang kabin yang luas.

Daihatsu

  • Daihatsu Terios: Saudara kembar Toyota Rush, populer karena harga yang kompetitif dan keandalan.

Hyundai

  • Hyundai Creta: Semakin populer di Indonesia karena desain modern, fitur lengkap, dan efisiensi bahan bakar.

Nissan

  • Nissan X-Trail: Populer di kalangan keluarga karena ruang kabin yang luas dan fitur keselamatan yang baik.

Beberapa model SUV ini menjadi pilihan utama banyak konsumen karena berbagai faktor seperti kenyamanan, fitur keselamatan, keandalan, dan kemampuan menjelajah berbagai medan.

Baca Juga:
9 Tipe Mobil Terbaik yang Paling Banyak Dipakai di Dunia

Tips Membeli Mobil SUV

Membeli SUV adalah keputusan besar yang memerlukan pertimbangan matang. Berikut adalah beberapa tips yang dapat membantumu memilih SUV yang tepat:

1. Tentukan kebutuhan & anggaran

Tentukan apakah kamu memerlukan SUV untuk penggunaan sehari-hari di perkotaan, perjalanan jarak jauh, atau untuk off-road. Tetapkan anggaran yang mencakup harga mobil, pajak, asuransi, dan biaya perawatan.

2. Pilih jenis SUV yang tepat

  • Compact SUV: Cocok untuk penggunaan di perkotaan, lebih hemat bahan bakar.
  • Mid-size SUV: Keseimbangan antara ruang kabin dan efisiensi bahan bakar.
  • Full-size SUV: Kapasitas penumpang dan kargo yang sangat luas, cocok untuk keluarga besar.
  • Luxury SUV: Menawarkan fitur-fitur mewah dan performa tinggi.

3. Perhatikan konsumsi bahan bakar

Periksa efisiensi bahan bakar dari model SUV yang kamu pertimbangkan, terutama jika  kamu sering melakukan perjalanan jarak jauh.

4. Cek fitur keselamatan

Pastikan SUV dilengkapi dengan fitur keselamatan modern seperti airbag, ABS, kontrol traksi, dan sistem bantuan pengemudi (ADAS).

5. Pertimbangkan fitur & teknologi

Periksa fitur kenyamanan seperti sistem infotainment, kontrol iklim, kamera mundur, dan sistem navigasi. Teknologi canggih seperti konektivitas smartphone dan fitur keselamatan tambahan juga penting.

6. Periksa kapasitas penumpang & kargo

Pastikan SUV memiliki kapasitas penumpang yang sesuai dengan kebutuhanmu. Periksa ruang kargo dan kemampuan untuk melipat kursi belakang jika kamu memerlukan ruang tambahan.

7. Uji coba kendaraan

Lakukan test drive untuk merasakan kenyamanan berkendara, respons mesin, handling, dan visibilitas. Cobalah di berbagai kondisi jalan untuk memastikan performanya.

Baca Juga:
Mau Bisnis Rental Mobil? Ketahui Keuntungan & Cara Memulainya

8. Tinjau ulasan & rating

Baca ulasan dari pemilik SUV yang kamu pertimbangkan untuk mendapatkan wawasan tentang kelebihan dan kekurangannya. Periksa rating dari sumber-sumber terpercaya seperti JD Power, Consumer Reports, atau situs otomotif.

9. Bandingkan harga & penawaran

Bandingkan harga dari beberapa dealer untuk mendapatkan penawaran terbaik. Periksa penawaran spesial, diskon, atau promosi yang mungkin tersedia.

10. Pertimbangkan biaya perawatan & asuransi

Periksa biaya perawatan rutin dan suku cadang dari model SUV yang kamu pilih. Periksa premi asuransi untuk memastikan sesuai dengan anggaranmu.

11. Periksa riwayat & kondisi (jika membeli bekas)

Jika membeli SUV bekas, periksa riwayat servis dan pastikan tidak ada masalah besar. Cek kondisi fisik dan mekanis mobil secara menyeluruh.

12. Tanyakan garansi & layanan purna jual

Pastikan mobil yang kamu beli memiliki garansi yang memadai. Periksa layanan purna jual dan jaringan bengkel resmi yang tersedia.

Dengan mempertimbangkan tips-tips di atas, kamu dapat memilih SUV yang sesuai dengan kebutuhan dan anggaranmu. Tak cuma itu, kamu juga mendapatkan kendaraan yang nyaman, aman untuk digunakan sehari-hari.