Home Beauty Keuntungan Menjadi Selebgram, Mulai dari Endorse Produk Hingga Berbisnis

Keuntungan Menjadi Selebgram, Mulai dari Endorse Produk Hingga Berbisnis

keuntungan kelebihan menjadi selebgram cara bagaimana tips endorse produk artis selebriti ngehits
Gambar: unsplash.com
ISEEFEST 2019

Highlight.ID – Dulu, artis/selebriti itu identik dengan orang-orang yang memiliki bakat tertentu seperti penyanyi, musisi atau bintang film misalnya. Tapi kini, siapapun bisa menjadi artis. Tak memandang apa bakat yang dimiliki, asal memiliki akun Instagram dan followers yang banyak.

Ya, followers yang berjibun merupakan salah satu syarat utama untuk menjadi selebgram ngehits. Semakin banyak followers yang dimiliki, maka semakin besar pula peluang meroketnya karier seorang selebgram. Namun, selebgram yang sukses wajib mengimbanginya dengan konten yang berkualitas, feeds yang bagus dan rapi, dan pesona dari selebgram itu sendiri.




Instagram menjadi idola anak muda zaman now karena fitur-fiturnya selalu update. Apalagi, kecenderungan orang yang suka melihat tampilan visual seperti gambar atau video. Dengan banyaknya orang yang menggunakan IG maka peluang menjadi selebgram di masa depan masih akan tetap terbuka.

Mengenal Selebgram

Kamu tentu mengenal istilah selebgram yang selama bertahun-tahun ini menjadi trending, yaitu selebriti Instagram. Jika kepoin akun para selebgram, kamu mungkin akan terheran-heran. Apa yang membuat mereka memiliki banyak followers? Sebagian selebgram memang patut diacungi jempol karena mereka memiliki talenta, keterampilan, dan ketekunan serta membagikan hal-hal positif kepada orang lain.

Baca juga:

Cerita dan kesuksesan selebgram pun sering kita dengar. Banyak nama-nama yang tidak pernah kita kenal sebelumnya, namun berhasil menggalang massa di dunia maya. Kamu pun tentu mengenal siapa sajakah mereka. Meskipun banyak pula di antara mereka yang menimbulkan polemik dan kontroversi. Namun justru kontroversi itulah sepertinya sengaja dimanfaatkan untuk meningkatkan popularitasnya.

Profesi dan latar belakang selebgram pun berbeda-beda. Misalnya seorang blogger, vlogger, musisi atau penyanyi yang mampu menunjukkan keterampilannya di bidang-masing sehingga layak untuk diapresiasi. Lewat keterampilan yang dimiliki itu pula, ia dikenal oleh banyak orang. Mereka pun memanfaatkan reputasi yang telah dimiliki dan mengombinasikannya dengan channel lain seperti YouTube atau media seperti Blogger/Wordpress misalnya.

Kenapa banyak orang tertarik bahkan mungkin terobsesi menjadi selebgram? Apa sih untungnya? Kelebihan yang dimiliki yaitu bisa mendapatkan penghasilan online, memiliki banyak teman, relasi, menerima tawaran job endorse produk hingga kesempatan untuk menjadi entrepreneur. Lebih jelasnya, simak saja yuk, poin-poin di bawah ini.

Kelebihan Seorang Selebgram

1. Mendapatkan job endorse

Jangan heran, jika seorang selebgram menjadi incaran online shop. Olshop tersebut memanfaatkan popularitas selebgram dengan tujuan untuk mendongkrak penjualan. Dengan banyaknya followers yang dimiliki, selebgram menjadi salah satu media untuk memasarkan produk.


Coba perhatikan deh, salah satu akun IG selebgram. Jika di situ kamu melihat ada postingan yang memperlihatkan ia sedang memegang atau menggunakan produk tertentu berarti ia adalah selebgram yang menerima paid promote atau endorse produk.

Berapa harga endorse produk lewat selebgram? Selebgram mematok harga yang bervariasi, mulai dari puluhan hingga ratusan ribu rupiah. Jika follower-nya sampai jutaan, bisa jadi harga tiap postingan akan meningkat. Meski demikian, itu tergantung pada masing-masing selebgram dan reputasi yang dimilikinya.

2. Memperoleh penghasilan

Jika selebgram mendapatkan job endorse, tentu ia memperoleh penghasilan. Nah, penghasilan dari aktivitas di medsos inilah yang diincar oleh selebgram. Meskipun untuk mendapatkan job endorse itu tidak mudah karena ada banyak saingan selebgram lain di luar sana.

Berapa penghasilan selebgram saat ini? Penghasilan selebgram pastinya bervariasi. Berdasarkan pantauan kami, selebgram bisa mengantongi mulai dari Rp. 50.000 per postingan. Jika dalam seminggu setiap hari memperoleh job endorse, maka tinggal dikalikan saja. Wah, menarik bukan?

keuntungan kelebihan menjadi selebgram cara bagaimana tips endorse produk artis selebriti ngehits
Gambar: unsplash.com

Tapi tunggu dulu, jangan terpaku pada angka-angka yang ditampilkan karena pada kenyatannya bisa sangat berbeda. Tak jarang, selebgram bergabung ke dalam manajemen endorse dengan tujuan agar lebih mudah memperoleh job. Meski dengan konsekuensi harus berbagi keuntungan dengan pihak manajemen tersebut.

3. Memperluas lingkaran sosial

Dengan popularitasnya, selebgram dapat mengembangkan dan memperluas pergaulan. Akan semakin banyak orang yang mengenal dan bisa saja ada pihak lain yang tertarik untuk mengajak bekerja sama atau melakukan suatu kolaborasi. Apalagi jika si selebgram memiliki skill tertentu.

Followers yang ada di akun medsos bisa menjadi teman bahkan memberikan hiburan tersendiri bagi selebgram. Apalagi jika komentar yang dilontarkan lucu-lucu, bisa membuat selebgram senyum-senyum sendiri. Selain followers yang bisa sekaligus menjadi teman, selebgram juga berkesempatan berkenalan dengan relasi bisnis yang ingin bekerja sama, fotografer yang tertarik untuk memotret, jurnalis yang ingin melakukan wawancara, staff perusahaan yang ingin mengundangnya ke sebuah acara, dan lainnya.


4. Diundang ke event eksklusif

Jangan heran, jika pada event-event tertentu seperti talkshow misalnya, kamu akan menemui selebgram. Mereka diundang pada acara sebagai tamu spesial atau bahkan menjadi narasumber. Ketika menjadi narasumber, mereka akan membagikan tips-tips bagaimana menjadi selebgram yang sukses.

Tapi untuk bisa diundang ke sebuah event, selebgram kudu memiliki keterampilan khusus dan mampu menunjukkan keunikannya. Dengan demikian, selebgram tersebut dipandang oleh pihak brand dan diundang untuk mengikuti sebuah event. Misalnya hijab fashion blogger yang hadir di sebuah event dan menjelaskan bagaimana tampil trendy dan fashionable namun tanpa meninggalkan syar’i.

5. Memperkuat personal branding

Dalam membangun reputasi yang bagus di media sosial, personal branding adalah satu hal yang tak bisa dilewatkan. Personal branding berkaitan dengan bagaimana orang lain ingin memandang kita. Misalnya, selebgram yang sering memposting foto-foto bagus hasil jepretannya sendiri maka ia akan dianggap sebagai seorang fotografer handal.

Beda lagi, dengan selebgram yang memposting hasil karya makeup. Maka orang akan menganggap ia adalah beauty blogger atau makeup artis yang pandai merias wajah. Sedangkan selebgram yang suka mengunggah tempat-tempat wisata akan dipandang sebagai travel blogger yang mengerti betul spot-spot instagramable paling ngehits di Indonesia maupun dunia.

Baca juga:

6. Mendapatkan apresiasi

Selebgram memiliki kemungkinan mendapatkan komentar dari para followers-nya setelah ia mem-posting sesuatu. Entah itu gambar, video atau Instastory. Bagi penggemarnya, tentu akan memberikan reaksi positif dan pujian seperti: “cantik”, “bagus”, “keren”, dan lainnya. Meski postingan yang diunggahnya sebenarnya merupakan hal yang teramat sangat biasa-biasa saja.

Bagi orang lain, apresiasi yang didapatkan oleh selebgram ini bisa menimbulkan kecemburuan. Bagaimana tidak, selebgram memposting foto yang biasa dan tidak ada nilai estetikanya bahkan cenderung jelek namun mendapatkan banyak komentar dan like.

7. Memulai bisnis sendiri

Jika orang sudah terkenal seperti selebgram, maka mungkin saja ia berpikir untuk mulai membangun bisnisnya sendiri. Tak seperti ketika menerima job endorse yang harus mempromosilan produk/jasa orang lain. Secara logika, popularitas selebgram bisa membantu dalam upaya memasarkan bisnis yang dijalani.

Meski begitu, ada banyak faktor yang mempengaruhi kesuksesan dalam berbisnis. Selain modal dan perencanaan dibutuhkan ketekunan dan kerja keras yang belum tentu dimiliki setiap selebgram. Karena mengandalkan popularitas saja dalam berbisnis tidaklah cukup. Ada banyak cerita selebgram yang sukses dengan bisnisnya, tapi lebih banyak lagi yang gagal.

Wah, ternyata selebgram memiliki banyak keuntungan ya? Dapat penghasilan, banyak orang yang kenal. Gimana, tertarik menjadi selebgram?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here