Highlight.ID – Berdasarkan laporan Creative Economy Outlook 2019 produk fashion dan aksesoris merupakan kategori yang paling banyak dibeli sebesar 48,2 persen di platform e-commerce. Potensi yang cukup besar itu mendorong platform e-commerce Lazada untuk memperkenalkan in-app channel terbaru bernama Style Space.
Berkolaborasi dengan Jakarta Fashion Week dan Brightspot Market, Lazada ingin berperan aktif dalam mempercepat kemajuan industri fashion Tanah Air. Peran aktif tersebut diwujudkan dengan cara memberdayakan desainer lokal unttuk memperluas pasar lewat sistem offline-to-online.
Chun Li, Co-President Lazada Group dan CEO Lazada Indonesia, memaparkan, “Sebagai destinasi e-commerce terkemuka di Indonesia, Lazada adalah platform bagi para seller dan brand fesyen, juga bagi para konsumen produk fesyen.” Kolaborasi ini diharapkan dapat mengangkat nama desainer lokal. Dengan memanfaatkan jangkauan platform dan infrastruktur Lazada secara online, desainer dapat mengembangkan bisnisnya.
Sementara, Chaerul Saleh, Direktur Peningkatan Daya Saing Ekonomi Kawasan, Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Republik Indonesia menuturkan, “Kami mengapresiasi inisiatif Lazada yang sejalan dengan misi pemerintah untuk mendorong pengembangan sektor ekonomi kreatif yang berbasis ide, kreativitas, dan inovasi khususnya sub-sektor fesyen.” Ia berharap kolaborasi pengembangan fashion ini dapat memeprkuat ekonomi kreatif di Indonesia dan memberikan kontribusi lebih terhadap produk domestik bruto (PDB) di masa depan.
Baca juga:
- Bersama Desainer, Lazada Gelar Fashion Show “See Now Buy Now”
- Upcycling Fashion Tinkerlust.com Bertajuk “A Story of Second Chances”
- Kintakun Collections dan Lazada Beri Kesempatan Ilustator untuk Berkarya
Yuana Rochma Astuti selaku Direktur Pengembangan Pasar Dalam Negeri, Badan Ekonomi Kreatif Indonesia (Bekraf) mengatakan, “Dengan Style Space, kami melihat Lazada akan memenuhi kebutuhan fesyen konsumen di seluruh Indonesia serta dapat mengembangkan potensi para desainer berbakat dari dua ajang lokal terkemuka: Jakarta Fashion Week (JFW) dan Brightspot.”
Sebagai mitra Lazada, Jakarta Fashion dan Brightspot akan terus mengadakan agenda menarik beberapa bulan ke depan. Svida Alisjahbana, Chairwoman Jakarta Fashion Week menjelaskan, “Jakarta Fashion Week sudah 12 tahun hadir di tengah pecinta fesyen. Kami sangat senang dapat bekerjasama dengan Lazada melalui Style Space karena memiliki visi dan misi yang sama dengan kami.”
Anton Wirjono, Founder Brightspot menuturkan, “Brightspot mengkurasi dan mendukung desainer lokal dengan turut membina perkembangan mereka melalui offline channel kami. Dengan Style Space, kami percaya bahwa Lazada mempunyai keberadaan online yang kuat dan mampu menggapai masyarakat yang lebih luas.”
Style Space menyediakan berbagai macam fashion terpilih yang berasal dari 11 desainer Jakarta Fashion Week, lebih dari 100 penjual Brightspot, dan puluhan desainer lainnya. Lazada juga akan bekerja sama dengan desainer terpilih untuk meningkatkan pengetahuan e-commerce mereka dan mengoptimalkan bisnis secara online.