Home Beauty Berjualan Produk Kosmetik dengan Label Sendiri, Begini Caranya

Berjualan Produk Kosmetik dengan Label Sendiri, Begini Caranya

Cara membuat produk kosmetik dengan label sendiri
Booth PT Urban Indo Manufaktur di Cosmobeaute Indonesia 2019 | Foto: Highlight.ID

Highlight.ID – Maraknya bisnis kosmetik di Indonesia terlihat dari makin banyaknya brand-brand baru yang bermunculan. Selain memberikan pilihan bagi konsumen, merek-merek kecantikan lokal diharapkan mampu menumbuhkan perekonomian nasional. Apalagi produk kecantikan merupakan salah satu kategori yang paling banyak diminati oleh konsumen.

Sebagian besar orang akan berpikir bahwa menjual produk-produk kosmetik dengan label sendiri sangat sulit dan memerlukan modal yang besar. Hal itu tidak sepenuhnya benar karena kini ada perusahaan yang menawarkan pembuatan brand kosmetik baru. Istilah lainnya yakni maklon, proses produksi yang dikerjakan oleh pihak lain.




Kendala utama yang dihadapi mereka yang ingin mempunyai brand kosmetik yakni proses produksi karena tidak memiliki pabrik sendiri. Oleh karena itu, PT Urban Indo Manufaktur menawarkan jasa proses produksi produk-produk kosmetik hingga layak untuk dipasarkan. Setelah produknya jadi, maka produk tersebut dapat diberi label sesuai keinginan klien. Tak hanya soal produksi, perusahaan ini juga dapat membantu klien mengurusi masalah legalitas hingga pemasaran.

Maharani Kemala, CEO PT Urban Indo Manufaktur kepada Highlight.ID di event Cosmobeauté Indonesia 2019 mengatakan, “Kita selain memproduksi brand kita sendiri juga bisa memproduksi brand-brand lain. Kita mempunyai brand yang namanya MS Glow yang terlah berdiri tahun 2013. Kita berjualan secara online dan mempunyai reseller dan agent di seluruh Indonesia. Karena perkembangan zaman, kita memutuskan membuat pabrik sendiri.”

Baca juga:

Menurut Maharani jasa layanan PT Urban Indo Manufaktur diperuntukkan bagi pebisnis di bidang kecantikan yang tidak memiliki pabrik sendiri. PT Urban Indo Manufaktur juga mengurusi perizinan termasuk hak paten, hak cipta, sertifikasi halal, sertifikasi Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM), dan lainnya.

Beragam jenis produk kosmetik yang bisa diproduksi di PT Urban Indo Manufaktur yakni Basic Cosmetic Products, Make-up Products, dan Hair Products. Basic Cosmetic Products meliputi cleansing, lotion, moisturizer, massage cream, dan hand cream. Make-up Products terdiri dari foundation, pressed powder, blusher, eyebrow pencils, eyeliner, maskara, lipstik, lip balm, dan eye shadow. Sedangkan Hair Products berupa shampo, conditioner, hair lotion, hairspray, styling foam, dan hair tonic.

PT Urban Indo Manufaktur yang pabriknya berada di Kawasan Industri Jatake, Tangerang mensyaratkan pemesanan minmal 10 ribu pcs dengan kisaran harga Rp200 juta. Namun demikian, menurut Maharani, harga tersebut dapat bervariasi tergantung bahan yang digunakan dan jenis produk yang dipesan.

Sementara tahapan proses produksi hingga jadi memakan waktu sekitar 3 bulan. Tahapan maklon meliputi pembuatan sampel produk selama 2 hingga 3 minggu, proses pengemasan (packaging) selama 1 – 2 bulan, dan proses desain packaging selama 10 hari kerja. Selanjutnya, masuk ke tahapan registrasi BPOM selama 1 bulan dan registrasi hak paten merek selama 5 hari. Setelah itu lanjut ke tahapan pemasokan bahan baku dan produksi selama 1 bulan.

Formulasi atau bahan-bahan yang digunakan bisa berasal dari klien atau PT Urban Indo Manufaktur. Klien dapat memberikan masukan-masukan tentang formula yang hendak digunakan kepada bagian riset dan pengembangan. “Jika mereka punya formulasi sendiri tapi nggak punya pabrik bisa produksi di kita. Kita punya R&D (research and development) yang benar-benar ahli di bidangnya,” kata Maharani.