Home Arts Hapus Tato Gratis, Syaratnya Hafal Surat dalam Al-Qur’an

Hapus Tato Gratis, Syaratnya Hafal Surat dalam Al-Qur’an

Gerakan Berani Hijrah Baik memberikan pelayanan hapus tato gratis dengan persyaratan tertentu
Ilustrasi tato | Foto: Unsplash/Angello Lopez

Highlight.ID – Gerakan Berani Hijrah Baik yang berada di bawah naungan Komunitas Gerak Bareng khusus melayani penghapusan tato gratis. Selain itu, Berani Hijrah Baik yang markasnya berada di daerah Kebayoran Lama, Jakarta Selatan juga mempunyai berbagai macam program yang berkaitan dengan dunia Islam.

Adi Black ketika ditemui Highlight.ID di acara Halal Expo Indonesia (HEI) 2019 di ICE, BSD menjelaskan, “Kita konsen di hapus tato itu sebagai ‘sampul’. Untuk irisan-irisan programnya banyak, ada pendampingan teman-teman yang mualaf, pendampingan teman-teman yang hijrah ingin belajar tafsir Quran, kemudian ada juga pendampingan untuk konseling, konsultasi tentang bagaimana proses untuk berhijrah secara  Islam yang kaffah.”



“Di markas kita itu ada kajian bulanan, sebulan sekali. Kemudian ada kajian tahsin untuk belajar Al-Qur’an, bacaan yang benar itu seminggu sekali,” tambahnya. Program hapus tato menjadi fokus perhatian utama Berani Hijrah Baik dengan tujuan untuk memberikan kemudahan umat Islam yang ingin menghapus tato di tubuhnya.

“Milenial sekarang itu bangga ketika di tubuhnya ada rajah atau tato. Tato ini dalam Islam, kita sudah paham, hukumnya haram. Kadang-kadang budaya kita dianggap sebagai kesenian. Makanya kita coba menjembatani teman-teman yang udah hijrah ketika mau hapus tato kan mahal,” kata Adi.

Baca juga:

Menurut dia, program hapus tato gratis yang telah dijalankan sejak tiga tahun lalu peminatnya sangat banyak. Sebagian besar peserta program hapus tato yakni pria sekitar 70 persen, sisanya adalah perempuan. Bagi mereka yang berminat mengikuti program ini harus memenuhi beberapa persyaratan.

“Prosedurnya yang pertama, daftar. Yang kedua, dia minimal mempunyai 10 sampai 20 hafalan (Surat) Ar Rahman. Kemudian yang ketiga mempunyai medical check up dari laboratorium atau kedokteran. Nggak terjangkit hepatitis, HIV, dan diabetes,” tambahnya.

Lebih lanjut, Adi memaparkan bahwa Surat Ar Rahman dalam Al-Qur’an mempunyai kandungan makna yang sangat dalam. “Karena di dalam (Surat) Ar-Rahman itu banyak sekali mengandung pengertian seseorang itu sudah diberikan kenikmatan banyak oleh Allah tapi manusia itu sendiri kadang-kadang melupakannya,” ujar dia.

Gerakan Berani Hijrah Baik memberikan pelayanan hapus tato gratis dengan persyaratan tertentu
Mesin untuk menghapus tato | Foto: Highlight.ID

Setelah semua persyaratan tersebut dipenuhi, peserta dapat menghapus tatonya lewat program dari Berani Hijrah Baik. “Kita langsung kerjakan untuk penghapusan tatonya. Penghapusan tato ini bertahap, jadi nggak sekaligus hilang. Jangka waktunya sebulan sekali,” kata Adi.

Mesin yang digunakan untuk menghapus tato yakni Pico Laser dan ND Yag. Adi mengatakan bahwa menurut para dokter, mesin-mesin tersebut tergolong aman untuk proses penghapusan tato. Adapun frekuensi penghapusan tato bervariasi, tergantung tingkat kedalaman tinta tato pada tubuh dan lebar area tato. Sedangkan lebar area di tubuh untuk sekali treatment yakni sebesar ukuran kartu tanda penduduk (KTP).

Selain alasan berhijrah,  orang yang menghapus tato sekaligus ingin menghilangkan stigma negatif di mata masyarakat. “Rata-rata mereka kesadaran sendiri, sudah mau berhijrah kemudian ingin hijrahnya itu kaffah, totalitas. Karena di masyarakat kita itu stigma orang bertato selalu buruk. Walaupun dia sudah hijrah kadang stigma negatifnya selalu melekat,” ujar Adi.

Di sisi lain, ada sebagian anggota masyarakat yang menganggap tato sebagai karya seni. Adi mengutarakan pendapatnya, “Seni itu ada batasan-batasan. Kalo memang sekiranya teman-teman di sana tertarik pada lukisan, silakan tuangkan dalam bentuk gambar di buku gambar, bukan di tubuh. Karena di akhirat akan dimintai pertanggungjawaban.”

Untuk menyebarluaskan programnya, Berani Hijrah Baik memanfaatkan media sosial seperti Instagram dan YouTube serta mengikuti event-event. “Alhamdulillah, tiga tahun  ini, kita sudah mengikuti beberapa event, salah satunya HEI ini.”

Hingga kini, Berani Hijrah Baik yang dana operasionalnya berasal dari umat telah beroperasi di 17 kota di seluruh Indonesia. “Bagi teman-teman yang masih bertato dan sudah melalui proses hijrah kemudian ingin menghapus tatonya silakan bisa lihat kegiatan kita di Berani Hijrah Baik official Instagram-nya. Di channel YouTube-nya juga ada. Nah, di situ ada nomor admin, silakan hubungin kita,” tutup Adi.